kumparan
12 Januari 2020 9:12

Awas! Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini saat Radang Tenggorokan

Ilustrasi sakit tenggorokan
Ilustrasi sakit tenggorokan Foto: Shutterstock
Ketika musim hujan tiba, berbagai penyakit musiman kerap melanda. Salah satu penyakit yang paling sering muncul adalah gejala flu; yang meliputi radang tenggorokan dan batuk.
ADVERTISEMENT
Meski terdengar sepele, namun rasa sakit di tenggorokan bisa sangat mengganggu. Apalagi, kalau sampai membuat kita sulit mengeluarkan suara dan menelan makanan.
Nah, supaya radang tenggorokan tak berkepanjangan, ada baiknya untuk meningkatkan asupan nutrisi dan vitamin. Hindari juga beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa memperburuk kondisi tersebut.
Berikut telah kumparan rangkum lima makanan dan minuman yang bisa memperparah radang tenggorokan, di antaranya:
1. Makanan berlemak
Kentang Goreng
Kentang Goreng. Foto: Thinkstock
Hindari mengonsumsi makanan yang tinggi lemak; seperti daging merah, produk olahan susu, aneka kue, dan makanan yang digoreng. Makanan berlemak sulit untuk dicerna tubuh, dan bisa menurunkan sistem imun. Akibatnya, gejala flu seperti radang tenggorokan akan semakin parah.
Makanan yang digoreng dengan teknik deep-fry juga cenderung kering dan kasar, sehingga bisa makin melukai tenggorokan. Alih-alih mengonsumsi makanan yang penuh lemak, sebaiknya pilihlah jenis makanan yang lembut dan empuk; misalnya sup.
ADVERTISEMENT
2. Buah sitrus dan makanan yang asam
Tomat
Tomat Foto: Pixabay
Saat ketahanan tubuh menurun, kita memang disarankan untuk memperbanyak asupan vitamin C. Tapi, bukan berarti lantas mengonsumsi makanan yang asam asam, ya. Dilansir Livestrong, makanan asam --termasuk jeruk, tomat, grapefruit, jeruk nipis, dan lemon-- bisa mengiritasi tenggorokan dan memperparah radang.
Pilihlah jenis buah yang bisa menenangkan tenggorokan; seperti pisang, melon, kiwi, dan persik. Kalau ingin tambahan vitamin C, bisa juga dengan cara menyantap kale atau paprika. Kandungan vitamin C dalam kedua sayuran tersebut bahkan lebih tinggi ketimbang buah sitrus, lho!
3. Makanan pedas
local taste, picnic, tribeca, central park
Salah satu makanan, bakso pedas di Local Taste 'Picnic Over Tribeca', Central Park Mall, Jumat (28/9/2018). Foto: Eny Immanuella Gloria
Kandungan cabai, merica, pala, cengkih, dan rempah lain yang menciptakan 'panas,' dapat membuat radang tenggorokan semakin memburuk. Kalau cuma ingin memberikan sensasi pedas pada makanan, kamu bisa menggantinya dengan jahe.
ADVERTISEMENT
Bumbu dapur yang satu ini kaya akan komponen anti-inflamasi, yang bisa membantu meredakan gejala flu yang kamu alami, termasuk radang tenggorokan.
4. Makanan bertekstur kasar
Makanan 7
Sayuran. Foto: Thinkstockphotos
Makanan-makanan yang bertekstur kasar seperti sayuran mentah, granola, dan roti panggang bisa menggores tenggorokan. Akibatnya, radang tenggorokan jadi tak sembuh-sembuh.
Pilihlah makanan yang mudah untuk ditelan; seperti yoghurt, telur, mashed potato, keju, sup krim, hingga smoothies. Kamu juga bisa membuat tekstur makanan jadi lebih lembek dengan mencampurnya bersama kuah atau saus.
Metode mengkukus dan merebus sayuran juga akan membuatnya lebih empuk, sehingga mudah untuk ditelan.
5. Minuman bersoda
Ilustrasi Minuman Soda
Ilustrasi Minuman Soda Foto: Pixabay
Saat gejala flu melanda, sebaiknya batasi dulu konsumsi minuman berkarbonasi atau soda. Pasalnya, soda bisa memicu inflamasi pada tenggorokan, sehingga memperburuk kondisi radang yang kita alami.
ADVERTISEMENT
Gelembung soda dan campuran pemanis buatan pada minuman tersebut, juga bisa menimbulkan kenaikan asam lambung. Radang tenggorokan saja sudah cukup menyiksa, tentu kita tak ingin ada tambahan penyakit lainnya, bukan?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan