kumparan
search-gray
Food & Travel14 Maret 2020 10:30

Benarkah Makan Buah Salak Bikin BAB Enggak Lancar?

Konten Redaksi kumparan
Benarkah Makan Buah Salak Bikin BAB Enggak Lancar? (227294)
Ilustrasi BAB Foto: Thinkstock
Makan buah-buahan sangat dianjurkan karena selain menutrisi tubuh kandungan seratnya juga baik untuk sistem pencernaan. Namun ada satu buah yang dikenal bisa bikin pencernaan jadi tersumbat yakni salak.
ADVERTISEMENT
Buah asli Indonesia ini populer di Jawa, Bali, Sumatera, Sulawesi, hingga luar negeri; seperti Malaysia dan Thailand. Buah dengan nama ilmiah Salacca zalacca konon dipercaya bisa bikin buang air besar enggak lancar alias sembelit. Sembelit adalah keadaan seseorang mengalami kesulitan hingga intensitas BAB-nya berkurang.
Benarkah Makan Buah Salak Bikin BAB Enggak Lancar? (227295)
Buah salak Foto: dok Reisefreiheit_eu/ pixabay
Ternyata kepercayaan itu hanya mitos belaka, sebab belum ada penelitian pasti yang menyatakan bahwa makan salak bisa bikin kamu sulit BAB.
Sebaliknya, dikutip Health Benefits Times, salak mengandung kalsium, tanin, saponin, flavonoid dan beta-karoten, yang justru mampu menyembuhkan diare hingga gangguan pada lambung.
Manfaat salak ini bisa semakin dirasakan bila kamu mengonsumsi bersama kulit arinya. Kulit ari pada salak ini merupakan salah satu bagian salak yang mengandung serat sehingga membantu mencegah sembelit.
ADVERTISEMENT
Tanin yang terkandung dalam salak diketahui memiliki sifat antimikroba, yang baik untuk kesehatan usus, lho.
Benarkah Makan Buah Salak Bikin BAB Enggak Lancar? (227296)
Ilustrasi salak Foto: dok.shutterstock
Sistem pencernaan yang lancar juga akan membantumu mengontrol berat badan. Enggak heran kalau makan salak juga dianjurkan buat kamu yang lagi program menurunkan berat badan. Kandungan kalsium dan karbohidratnya juga menyediakan asupan energi serta stamina selama kamu menjalankan diet.
Jadi, enggak perlu takut lagi, kan makan salak asalkan enggak berlebihan semua akan baik-baik saja, guys.