kumparan
search-gray
Food & Travel2 Februari 2020 19:45

Cara Terbaik Minum Teh Chamomile Supaya Tidur Lebih Nyenyak

Konten Redaksi kumparan
Teh chamomile
Teh chamomile Foto: Shutterstock
Teh chamomile kerap dijadikan sebagai minuman penghilang stres, karena efeknya yang menenangkan. Tak heran, minuman yang terbuat dari seduhan bunga chamomile kering ini juga diminum sebagai pengantar tidur, dan dipercaya bisa mengobati insomnia.
ADVERTISEMENT
Dibandingkan dengan teh lainnya —misalnya teh hitam, atau teh oolong— minuman yang masuk ke dalam kategori teh herbal ini memang tak mengandung kafein sama sekali. Aromanya pun sangat menenangkan, membuat pikiran jadi segar.
Lantas, apakah teh chamomile memang benar-benar bisa meningkatkan kualitas tidur?
Menurut Rachel Cheatham, PhD, founder dari Foodscape Group sekaligus adjunct assistant professor di Tufts University, chamomile merupakan tanaman yang kaya antioksidan luar biasa. Dan ternyata, ada lebih dari 120 elemen kimia yang ditemukan di dalamnya.
Ilustrasi Teh Chamomile
Ilustrasi Teh Chamomile Foto: Pixabay
Salah satunya, antioksidan apigenin yang bisa membantu mengikat reseptor pencipta kantuk dan mengurangi insomnia. Itu sebabnya, teh chamomile bisa membuat kita merasa mengantuk, dan membuat tidur makin nyenyak.
“Perlu diingat, kunci untuk mendapatkan efek tersebut adalah mengonsumsinya secara rutin. Ketika konsumsi teh berhenti setelah dua minggu berjalan, efek peningkat mood dan pencipta kantuknya pun akan berkurang,” jelas Rachel seperti dikutip dari Real Simple.
ADVERTISEMENT

Cara terbaik minum teh chamomile

Teh Camomile Tingkatkan Mood
Teh Chamomile Tingkatkan Mood Foto: thinstock
Menurut Rachel, tak ada waktu krusial untuk mengonsumsi teh saat hendak tidur. Namun, menurutnya, saat terbaik menyesap teh chamomile adalah satu jam sebelum, atau mendekati waktu tidur.
Sebab, menciptakan kebiasaan minum teh di malam hari sama halnya dengan mengonsumsi komponen menyehatkan di dalamnya, sekaligus memberikan sinyal pada tubuh bahwa waktu tidur sudah tiba.
Selain itu, waktu minum teh di malam hari yang ideal adalah terhindar dari gawai. Kita harus benar-benar menikmati proses menyeduhnya, meresapi tiap sesapannya, dan menciptakan suasana serileks mungkin bagi tubuh.
Dengan begitu, kita akan mendapatkan manfaat rileksasi dari teh chamomile dengan maksimal. Tidur pun jadi nyenyak, deh!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white