Food & Travel
·
15 Januari 2020 13:52

Creamy dan Tasty! Makan Sehat yang Enggak Nyiksa Ala Fit Gourmet

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Creamy dan Tasty! Makan Sehat yang Enggak Nyiksa Ala Fit Gourmet  (35494)
searchPerbesar
Egg benedict with avocado ala Fit Gourmet, PIK Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Siang itu di Pantai Indah Kapuk terasa cukup terik; 30 derajat. Walau akhir-akhir ini Jakarta sedang sering diguyur hujan, tapi daerah sekitaran laut seperti di Pantai Indah Kapuk ini masih saja panas.
ADVERTISEMENT
Udara yang panas bikin saya memutuskan untuk mengunjungi sebuah restoran yang dari luarnya tampak asri. Gedung kaca besar, dengan beberapa pepohonan terlihat jelas. Ngadem dulu, deh di dalam situ sekalian makan, kebetulan sudah jam 12.00 WIB.
Restoran ini bernama Fit Gourmet, dan baru saja buka bulan Januari 2020. Wah, bisa jadi rekomendasi kuliner di Pantai Indah Kapuk, nih! Eits, tunggu dulu, menunya bagaimana?
Begitu masuk, saya langsung memilih duduk dekat pepohonan biar makin adem --padahal ruangannya pakai AC. Lanjut, saat melihat ke menunya, ternyata restoran ini menyajikan makanan sehat, tertulis pula jumlah kalori di tiap menunya, lho.
Untuk itu saya pesan beberapa menu andalannya; ada cauli bites (305,4 kcal), salmon in coconut lime sauce (853,6 kcal), skinny pad thai (401,6 kcal), dan kale me crazy (243,1 kcal) sebagai minumannya.
Creamy dan Tasty! Makan Sehat yang Enggak Nyiksa Ala Fit Gourmet  (35495)
searchPerbesar
Fit Gourmet, PIK Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Sambil menunggu makanan datang, saya tertarik untuk berkeliling restoran. Di sebelah kanan pintu masuk ada gourmet shop; semacam toko kecil yang menjual makanan-makanan sehat. Ada FitMee, kopi organik, keripik sayuran, buah-buahan kering, aneka kacang, hingga bumbu-bumbu kering untuk memasak di rumah. Menarik sekali!
ADVERTISEMENT
Bahkan deretan stoples berisi bumbu serta buah kering itu bisa jadi salah satu spot foto di Fit Gourmet, lho. Selain itu, ada tembok besar yang dihiasi mural gemas karya Bitte Design Studio. Bikin suasana makin tropical!
Creamy dan Tasty! Makan Sehat yang Enggak Nyiksa Ala Fit Gourmet  (35496)
searchPerbesar
Fit Gourmet, PIK Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Di tengah-tengah restoran pun ditanam pohon pisang, cemara, dan beberapa tanaman rambat. Menambah sejuk suasana bersantap, bakalan bikin betah. Sementara di lantai ke dua hingga empatnya ada 20FIT Project (gym), pas lah buat para member yang usai olahraga lalu pengin makan sehat. Tinggal turun, deh.
Lagi asyik berkeliling restoran, tiba-tiba seorang pramusaji mengatakan kalau makanan sudah siap. Langsung saja bergegas, rupanya meja saya mulai dipenuhi makanan enak.
Pertama saya mencicipi makanan pembuka, yakni cauli bites (Rp 45 ribu). Hmm kembang kol panggang ini terasa masih renyah, dengan saus creamy yang terbuat dari tahu sutera diblender, serta taburan keju parmesan.
ADVERTISEMENT
Rasanya yang asin, gurih, manis kembang kolnya, dan creamy saus serta kejunya, jujur bikin saya ketagihan banget. Enak!
Creamy dan Tasty! Makan Sehat yang Enggak Nyiksa Ala Fit Gourmet  (35497)
searchPerbesar
Cauli bites ala Fit Gourmet, PIK Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Lanjut ke menu utama yakni salmon in coconut lime sauce (Rp 160 ribu). Salmonya masih merah muda, dengan taburan lada hitam, siraman saus santan kental agak kekuningan, irisan daun bawang, serta jagung kecil panggang di pinggiran.
Porsinya cukup besar, yang ketika saya potong pakai sendok ikannya empuk. Hap! Salmonnya terasa gurih, dengan bagian luar agak garing, sementara dalamnya lembut. Ikannya enggak terasa amis sama sekali; yang biasanya salmon kalau dimasak malah terasa amis.
Creamy dan Tasty! Makan Sehat yang Enggak Nyiksa Ala Fit Gourmet  (35498)
searchPerbesar
Menu makanan ala Fit Gourmet, PIK Foto: Azalia Amadea/Kumparan
"Kami pakai salmon Norwegia. Menu ini temanya fusion antara Western dan Thailand. Memang menu di sini temanya fusion, ada Western, Indonesian, Thailand, dan Asian taste lainnya," kata Nova Eugenia, Co-founder FIT Gourmet yang kumparan sambangi di tempatnya, Selasa (14/1).
ADVERTISEMENT
Sementara sausnya yang pakai santan, jadi terasa sangat gurih, creamy, dan segar karena ada campuran jeruk nipis. Ketika dimakan sama ikannya terasa lumer di mulut. Makanan sehat ini tak terasa seperti biasanya, bumbunya berani, sehingga terasa tetap enak. Tasty banget untuk ukuran makanan sehat!
Selanjutnya, saya juga penasaran dengan skinny pad thai (Rp 90 ribu). Makanan khas Thailand ini disajikan dengan bahan utama kwetiau shirataki. Terasa laiknya kwetiau goreng pada umumnya, namun teksturnya lebih tipis dan bening. Bumbu pad thainya juga berani, manis nan gurih. Uniknya lagi menu ini dilengkapi rice pepper goreng yang jadi mirip kerupuk gendar.
Creamy dan Tasty! Makan Sehat yang Enggak Nyiksa Ala Fit Gourmet  (35499)
searchPerbesar
Skinny pad thai ala Fit Gourmet, PIK Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Sebagai penyegar, saya pesan minuman kale me crazy (Rp 49 ribu). Sesuai namanya, jus ini memakai bahan utama daun kale, dengan campuran apel, dan nanas sebagai pemanisnya. Daun kalenya tak terasa sama sekali, lebih dominan apel dan nanasnya yang asam-manis. Segaaar...
Creamy dan Tasty! Makan Sehat yang Enggak Nyiksa Ala Fit Gourmet  (35500)
searchPerbesar
Aneka jus ala Fit Gourmet, PIK Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Ternyata selain makanan yang saya santap, Nova merekomendasikan juga untuk mencicipi egg benedict ala Fit Gourmet yang unik dengan bagian dasar menggunakan bakwan jagung, lalu gourmet chicken karaage nan renyah dengan saus madu, dan roasted chicken with kemangi pesto.
ADVERTISEMENT
Sudah banyak makanan sehat yang saya cicipi; mulai dari yang mentah sampai yang diolah dengan teknik khusus. Tapi yang ini bumbunya berani, sehingga tak seperti sedang menikmati makanan sehat.
Creamy dan Tasty! Makan Sehat yang Enggak Nyiksa Ala Fit Gourmet  (35501)
searchPerbesar
Chicken karaage ala Fit Gourmet, PIK Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Meskipun begitu, Nova juga tak mengklaim restorannya menyajikan makanan yang sehat banget, setidaknya ia mencoba mengajak tamu yang datang untuk makan lebih sehat lewat menu-menu yang tasty.
"Kita di sini tidak pakai MSG sama sekali. Kita benar-benar memperhatikan ingredients saus atau bumbu yang kami pakai, dan dipastikan non-MSG. Jadi, di sini krimnya pake yoghurt atau krim tofu. Kita juga sengaja mention kalori yang terkandung dalam menunya agar orang lebih aware lagi, dan terpacu untuk hidup lebih sehat," tutupnya.
Jadi, buat kamu yang mau mencoba mengubah gaya hidup jadi lebih sehat, enggak ada salahnya untuk memulainya dengan mencicipi menu di Fit Gourmet. Healthy food, tastes good!
ADVERTISEMENT
Fit Gourmet
Alamat: Jl. Marina Indah, Rukan Crown Golf, Jl. Pantai Indah Kapuk No.30, RT.6/RW.2, Kamal Muara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14470.
Jam buka: 06.00-22.00 WIB.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020