kumparan
search-gray
Food & Travel29 Maret 2020 11:30

Deretan Restoran yang Mengumumkan Tutup Sementara karena Wabah Virus Corona

Konten Redaksi kumparan
restoran
Ilustrasi restoran tutup Foto: dok.shutterstock
Wabah virus corona di Indonesia bukan hanya dirasakan oleh penderitanya, demi memutus rantai penyebaran virus ini kita sangat diminta untuk tak saling berdekatan atau istilahnya social distancing.
ADVERTISEMENT
Guna mendukung imbauan tersebut kita tak boleh main-main. Bukan sekadar menjaga jarak antar individu tapi juga masyarakat luas. Kita juga diminta untuk tak berkumpul dalam satu lingkungan, termasuk makan bareng di restoran.
Ya, restoran kerap menjadi tempat berkumpul. Selain untuk menikmati makanan enak, restoran juga menjadi lokasi asyik buat nongkrong bareng sampai larut malam. Ini jelas dilarang!
Sejak beredarnya surat dari Pemprov DKI Jakarta untuk menutup tempat hiburan dan rekreasi, beberapa restoran pun melakukan penutupan sementara. Penutupan yang dilakukan oleh sejumlah restoran ini selain menaati peraturan juga menjadi bentuk dukungan untuk memutus rantai penyebaran corona.
Berikut beberapa restoran hingga tempat makan yang sudah secara resmi mengumumkan penutupan sementara bagi sebagian hingga seluruh cabang mereka lewat Instagram. Mungkin salah satunya ada tempat makan favoritmu.
ADVERTISEMENT

1. ISMAYA Group

ISMAYA Group telah mengumumkan penutupan seluruh restoran mereka sejak 24 Maret 2020 hingga waktu yang belum ditentukan. Restoran yang tergabung dalam ISMAYA Group di antaranya Blowfish, Dragon Fly Social House, Djournal, Sushigroove, Pizza e Birra, Dragonfly, Mr.Fox, SKYE, Kitchenette, The People's Cafe, dan lainnya.

2. Arena Corp

Arena Crop menggaungi beberapa brand restoran; seperti Penang Bistro, Seribu Rasa, Maison Tatsuya, Greyhound, Joy Luck Pot, Miyagi, Menya Musashi, dan Hong Kong Cafe. Beberapa restoran tersebut resmi diumumkan tutup sejak tiga hari yang lalu.

3. Biko Group

Lewat unggahan di media sosial Instagram, bar yang berlokasi di Gunawarman dan Kemang, Jakarta Selatan ini mengumumkan penutupan store-nya per tanggal 22 Maret 2020 hingga waktu yang belum ditentukan.
ADVERTISEMENT
Selain Duck Down, seluruh lini bisnis kuliner dari Biko Group mulai dari; LOLA, Beer Garden, Black Pond Tavern, Mother Monster, Beer Hall, Fūjin, Pao Pao, Pippo, dan Acta Brasserie juga ditutup sementara.

4. Common Grounds

Kedai kopi satu ini juga mengambil langkah untuk menutup beberapa outlet-nya sejak tiga hari yang lalu. Saat ini, outlet di Citywalk Sudirman masih beroperasi namun hanya untuk pemesanan online, takeaway, atau pick up.

5. Kopi Lokal

Sama halnya dengan sang kaka Common Grounds, kedai Kopi Lokal juga sudah menutup sementara outlet-nya sejak tiga hari lalu. Saat ini, outlet di Citywalk Sudirman masih beroperasi namun hanya untuk pemesanan online, takeaway, atau pick up.

6. Pan & Co

ADVERTISEMENT
Kafe yang terkenal dengan souffle pancake-nya ini juga sudah mengambil langkah untuk menutup beberapa gerainya sejak empat hari lalu.
Dalam pengumumannya, gerai yang berlokasi di Mall Kelapa Gading, Emporium Mall Pluit, Pondok Indah Mall, dan Summarecon Mall Serpong. Penutupan dilakukan sejak 25 Maret-7 April atau sampai pengumuman selanjutnya.

7. La Moda

Restoran ikonik di tengah Plaza Indonesia ini juga tutup hingga 3 April 2020. Penutupan ini juga dibarengi oleh tutupnya mall tersebut, namun beberapa tenant di lantai dasar; seperti The Food Hall Gourmet, Century, Guardian, GNC, Natural Farm, dan ATM centre-lah yang masih buka.

8. Sushi Tei

Mengambi langkah yang sama Sushi Tei turut menutup sementara outlet-nya yang berada di Jadetabek dan beberapa kota. Penutupan ini dilakukan mulai 25 Maret-5 April 2020.
ADVERTISEMENT

9. Nidcielo

Restoran berkonsep casual dining di kawasan Gunawarman, Nidcielo juga ditutup sementara. Operasional di restoran ini tak akan berjalan hingga 8 April 2020.

10. Sushi Hiro

Sushi Hiro menutup sementara restorannya terutama yang berlokasi di pusat perbelanjaan atau mall sejak 25 Maret 2020. Namun beberapa restorannya yang berada di PIK, Senopati, dan Gading Boulevard masih menerima pesanan serta memberikan promo free delivery service untuk kamu yang #dirumahaja.

11. Ichiban Sushi

Mencegah penyebaran COVID-19, Ichiban Sushi menutup sementara seluruh outletnya di Indonesia. Penutupan ini berlaku mulai 25 Maret-20 April 2020.

12. Whats Up Cafe

What’s Up Cafe chapter Kemanggisan untuk sementara tutup sampai pengumuman lebih lanjut. Penutupan ini terhitung sejak 24 Maret 2020.
ADVERTISEMENT

13. Bakerzin

Bakery ini juga mengambil langkah untuk menutup tempatnya sejak 25 Maret 2020. Namun tak perlu khawatir, karena dalam pengumumannya mereka akan kembali melayani namun hanya pemesanan takeaway dan delivery saja.

14. Ta Wan

Termasuk Ta Wan yang juga mengambil langkah menutup sementara restorannya untuk mendukung pencegahan COVID-19. Penutupan ini berlaku mulai 25 Maret sampai pengumuman selanjutnya.

15. Kafe Betawi

Kegiatan operasional di Kafe Betawi dan beberapa restoran di bawah naungannya juga untuk sementara dihentikan. Pemberhentian ini berlaku sejak 27 Maret-15 April 2020, namun kamu masih bisa memesan melalui layanan delivery.

16. Sushi Go

Kata perpisahan sementara diumumkan pula oleh Sushi Go. Restoran yang terkenal dengan sushi Rp 15 ribuannya ini tak akan beroperasi hingga waktu yang belum ditentukan.
ADVERTISEMENT

17. Pancious

Kesehatan rupanya juga menjadi perhatian bagi restoran Pancious. Maka dari itu, Pancious melakukan penutupan sementara hingga 12 April 2020. Adapun cabang yang ditutup sementara berlokasi di Jabodetabek, Surabaya, dan beberapa cabang di Makassar.

18. Holywings

Mengikuti arahan pemerintah, semua outlet Holywings Indonesia akan tutup sampai waktu yang belum ditentukan. Operasional restoran ini akan dialihkan 'Holywings Takeaway Center' yang menerima pesanan menu favorit tanpa harus keluar rumah.

19. Steak Hotel by HOLYCOW!

Beberapa cabang Steak Hotel by HOLYCOW! telah ditutup sejak 25 Maret 2020. Namun beberapa cabang seperti TKP Radio dalam, Kemang, Sabang, BSD, Kokas, Bintaro, Halim, Semarang, dan Cupcakes Company. Steak Hotel by HOLYCOW! juga masih menerima pesanan daging steak mentah buat kamu yang pengin masak di rumah.
ADVERTISEMENT

20. Happiness Kitchen & Coffee

Happiness Kitchen & Coffee Jagakarsa dan Bintaro juga menutup sementara restorannya. Bahkan penutupan ini berlaku selama sebulan sejak 27 Maret 2020.
Itulah tadi beberapa restoran, tempat makan, atau kafe yang terpaksa menutup tempat mereka. Mungkin saja di luar sana masih banyak usaha kuliner yang tutup sementara, atau bahkan terpaksa gulung tikar akibat pandemi corona.
Meski saat ini kita hanya bisa #dirumahaja demi keamanan bersama, sebenarnya masih ada cara lain untuk mendukung para pengusaha kuliner tersebut. Salah satunya dengan memesan melalui layanan delivery atau jasa ojek online. Setidaknya dengan cara ini kita bisa saling membantu di tengah bencana yang entah kapan akan usai.
***
ADVERTISEMENT
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white