Food & Travel
·
20 Januari 2021 9:51

Di India Ada Varietas Kunyit Hitam, Apa Manfaatnya bagi Kesehatan?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Di India Ada Varietas Kunyit Hitam, Apa Manfaatnya bagi Kesehatan? (567747)
Ilustrasi kunyit hitam. Foto: Repro Foto/kumparan
Selain nikmat dan dapat menambah rasa hidangan, kunyit memiliki berbagai manfaat kesehatan. Ini karena kunyit memiliki sifat antiperadangan dan antioksidan yang kuat. Namun, tahukah kamu kalau ada jenis kunyit hitam yang baru-baru ini ramai diperbincangkan di media sosial?
ADVERTISEMENT
Mengutip NDTV, seorang petugas Indian Forest Service (IFS), bernama Swetha Boddu, membagikan foto varietas kunyit berwarna biru kehitaman itu. Foto-foto dari rempah yang disebut black turmeric ini menjadi viral di Twitter, dan disukai lebih dari 1.200 pengguna. Pasalnya, warna unik ini tidak umum dapat kamu temukan; yang mana umumnya kunyit berwarna kuning.
Rempah yang dalam bahasa India disebut haldi itu merupakan sepupu jauh dari kunyit yang tumbuh di Timur Laut India, serta beberapa negara bagian lainnya. Sama seperti kunyit pada umumnya, kamu dapat menemukan tanaman dengan nama ilmiah Curcuma caesia ini dalam bentuk segar dan bubuk. Namun, uniknya di beberapa daerah, tanaman ini dianggap ‘menguntungkan’ —menunjukkan kelimpahan dan dipercaya dapat mencegah kekurangan pangan di rumah.
ADVERTISEMENT

Lantas, adakah manfaat kunyit hitam bagi kesehatan?

Di India Ada Varietas Kunyit Hitam, Apa Manfaatnya bagi Kesehatan? (567748)
Ilustrasi kunyit hitam. Foto: Repro Foto/kumparan
Menurut laporan yang diterbitkan dalam International Journal Of Research in Pharmacy And Chemistry, ada beberapa manfaat kunyit hitam. Salah satu yang paling populer, pasta akar kunyit hitam digunakan untuk mengobati masalah lambung, sakit perut, dan disentri. Selain itu, bubuk kunyit hitam dapat dicampur dengan air dan dikonsumsi untuk menghilangkan stres lambung.
Sama seperti kunyit pada umumnya, herbal unik ini juga dikatakan dapat mengontrol perdarahan serta mempercepat penyembuhan luka.
Di India Ada Varietas Kunyit Hitam, Apa Manfaatnya bagi Kesehatan? (567749)
Jahe, kunyit, dan serai Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Manfaat lain seperti meredakan amandel, nyeri, atau sendi kaku juga merupakan sebagian dari kelebihan kunyit ini. Ditambah lagi, kunyit hitam diketahui memiliki sifat antioksidan dan antijamur —membantu melawan peradangan dalam tubuh serta menjauhkan infeksi.
ADVERTISEMENT
Namun, hingga saat ini, penelitian tentang manfaat dan potensi kegunaan kunyit hitam masih terbatas. Menurut laporan tahun 2013, hanya ada sedikit informasi yang tersedia mengenai sifat klinis, toksisitas, dan fitoanalitik tanaman ini. Beberapa studi fitokimia telah dilaporkan tetapi masih memerlukan penelitian lebih lanjut.
Reporter: Natashia Loi