Food & Travel
·
21 Juni 2021 18:08
·
waktu baca 3 menit

Gurih dan Lembutnya Ayam Panggang Khas Palestina di Emado's Shawarma

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Gurih dan Lembutnya Ayam Panggang Khas Palestina di Emado's Shawarma (384455)
searchPerbesar
Ayam Panggang Emado's Shawarma Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Ayam panggang juicy nan gurih dengan daging lembut dan harum rempah, menjadi ciri khas sajian di Emado's Shawarma. Tempat ayam panggang ini sedang begitu digemari warga Jakarta dan sekitarnya.
ADVERTISEMENT
Coba saja mampir ke salah satu cabangnya di Kemang, kamu akan melihat antrean yang mengular. Memang, jajaran ayam panggang kecokelatan yang berputar di roaster tampak begitu menggugah selera. Dagingnya mengkilap, tampak juicy dan berselimut bubuk rempah-rempah yang membuat harumnya menguar.
Rupanya, ayam panggang ala Emado's Shawarma ini merupakan khas Palestina. Pemiliknya Emad Al Amad, adalah orang Palestina asli yang memiliki istri warga Indonesia. Bila mampir ke tempat makannya, maka kamu bisa melihat fotonya dengan tulisan:

"One of my dreams is presenting the Palestine cuisine all around my beloved Indonesia-founder Emad Al Amad."

Ya, Emad memiliki keinginan untuk bisa memperkenalkan makanan khas Palestina ke seluruh Indonesia. Maka itu, Emado's Shawarma juga tersebar di luar kota. Sebut saja Depok, Tangerang, Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Tegal, Purwokerto, Semarang, hingga Solo.
ADVERTISEMENT
Kumparan pun terbawa penasaran dan segera memesannya melalui aplikasi ojek online. Betul, kamu bisa memesannya melalui platform ojek online, bila malas mengantre.
Kami memesan dua paket dengan masing-masing berisi seperempat potong ayam panggang. Namun, untuk pilihan nasinya kami memesan yang berbeda; yakni butter rice dan nasi mandhi. Tak lupa, kami juga memesan falafel, roti pita, dan hummus.
Sebenarnya, untuk potongan ayam kamu bisa membeli mulai dari yang seperempat potong hingga satu ekor utuh. Potongan tersebut juga tersedia dalam bentuk paket bersama nasi, salad, serta sambal.

Daging ayam panggang yang juicy dan gurih lengkap dengan nasi rempah

Gurih dan Lembutnya Ayam Panggang Khas Palestina di Emado's Shawarma (384456)
searchPerbesar
Ayam Panggang dengan nasi mandhi ala Emado's Shawarma Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Tibalah mencicipi makanan ala Palestina ini. Pertama, saya mencoba menyuwir daging ayamnya. Benar-benar empuk dan lembut. Lapisan kulit ayam terpanggang hingga agak sedikit kering. Rasanya gurih dan harum herbal; terutama rosemary yang harumnya cukup mendominasi.
ADVERTISEMENT
Bumbu yang menyerap ke kulit ayam membuat rasanya menjadi lebih gurih. Tak hanya di kulit, bumbu rempahnya juga meresap hingga ke daging ayam terdalam. Meresap sempurna, sehingga dagingnya pun kaya rasa, tak hambar. Sedikit tercecap aroma pedas dari bubuk cabai yang juga melapisi ayam.
Hmm, rupanya, suwiran ayam gurih ini semakin kaya rasa begitu menikmati dengan nasi mandhi. Menggunakan beras basmati yang dimasak dengan bumbu kuning kaya rempah. Persis seperti sedang makan nasi kebuli. Hanya yang ini tak menggunakan kaldu kambing.
Rasa agak berbeda begitu dinikmati bersama butter rice. Nasi putih yang dimasak bersama butter, punya cita rasa yang tak terlalu kaya. Hanya sedikit gurih, dan menggunakan beras biasa.
Gurih dan Lembutnya Ayam Panggang Khas Palestina di Emado's Shawarma (384457)
searchPerbesar
Ayam Panggang dengan butter rice ala Emado's Shawarma Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Tak lupa, menikmatinya bersama salad dengan saus garlic mayo. Saus saladnya punya cita rasa bawang putih yang sangat kuat. Sementara sambalnya mirip sambal balado. Pedas dan gurih.
ADVERTISEMENT
Selain menikmati ayam panggang dan nasi, kami juga memesan falafel (Rp 42 ribu). Falafel adalah perkedel ala Arab yang terbuat dari campuran kacang Arab (chickpea) dan sayuran. Teksturnya garing di luar, namun lembut di dalam. Menikmatinya bersama cocolan saus mayo manis yang dicampur wijen.
Gurih dan Lembutnya Ayam Panggang Khas Palestina di Emado's Shawarma (384458)
searchPerbesar
Falafel isi sayuran ala Emado's Shawarma Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Nah, buat kamu penyuka hummus (Rp 42 ribu), mereka juga menyediakannya. Hummus ala Amado's Shawarma lebih ada rasa. Sudah disesuaikan dengan selera masyarakat Indonesia. Berbeda dengan hummus yang autentik rasa masakan Timur Tengah, biasanya cenderung hambar. Hummus ini bisa dinikmati sebagai cocolan falafel atau roti pita.
Gurih dan Lembutnya Ayam Panggang Khas Palestina di Emado's Shawarma (384459)
searchPerbesar
Roti pita dan hummus ala Emado's Shawarma Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Soal harga, sepaket seperempat ayam dan nasi dibanderol mulai dari Rp 35-45 ribu. Sedangkan untuk paket satu ekor ayam panggang utuh berserta nasi dihargai sekitar Rp 95-119 ribu.
ADVERTISEMENT
Makanan ala Palestina ini rupanya cocok dengan selera orang Indonesia. Sebab, sama-sama kaya rasa, terlebih aroma rempah nan menggugah selera. Kalau kamu penasaran juga, cobalah. Ayam panggang Palestina ini cocok untuk menu makan siang maupun malam.
Emado's Shawarma
Alamat: Jl. Kemang Selatan VIII No.66, RT.7/RW.2, Bangka, Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12730.
Jam buka: 10.00-20.00 WIB.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020