Food & Travel
·
7 April 2020 20:51

Layani Pesan Antar Makanan, Cara Hotel Beradaptasi di Tengah Pandemi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Layani Pesan Antar Makanan, Cara Hotel Beradaptasi di Tengah Pandemi (337739)
searchPerbesar
Restoran Orient8 Hotel Mulia Senayan Foto: Dok. Hotel Mulia Senayan
Sudah hampir sebulan lamanya physical distancing mulai diterapkan banyak orang untuk meminimalisir penyebaran virus corona. Kegiatan di luar rumah dikurangi sebisa mungkin, dan hanya dilakukan untuk keperluan yang sangat mendesak.
ADVERTISEMENT
Makin hari, tempat-tempat makan yang biasanya penuh pun makin sepi pengunjung. Demi tetap bertahan, fitur delivery jadi jawaban.
Layanan pesan antar ini memungkinkan para pembeli tetap menikmati makanan favoritnya, dan tetap berada #dirumahaja.
Menariknya, konsep delivery ini bukan hanya dilakukan oleh restoran-restoran atau kafe saja. Kini, satu per satu hotel di Indonesia mulai menerapkannya, menawarkan berbagai menu dari restoran andalannya untuk diantarkan langsung ke tempat pelanggan.
Layani Pesan Antar Makanan, Cara Hotel Beradaptasi di Tengah Pandemi (337740)
searchPerbesar
Layanan delivery makanan dari JW Marriott Jakarta Foto: Dok. JW Marriott Jakarta
JW Marriott Jakarta, misalnya. Pemesanan secara delivery ini memang bukan layanan yang baru bagi JW Marriott Jakarta. Setidaknya, hotel yang berada di bilangan Mega Kuningan ini telah melayani pemesanan delivery sejak akhir tahun lalu.
Hanya saja, sebelumnya, layanan tersebut hanya berlaku acara-acara tertentu saja. Kini, pihak JW Marriott Jakarta mulai mendorong penjualan via delivery setelah adanya arahan untuk berada #dirumahaja.
ADVERTISEMENT
Customer bisa menikmati menu-menu khas Nusantara dari Sailendra Restaurant, serta menu khas Oriental dari Pearl Chinese Restaurant yang ada di JW Marriott Jakarta. Untuk pengirimannya, bisa dipesan melalui aplikasi ojek online seperti Go-Send atau Grab Delivery.
“Untuk memastikan masyarakat menerima asupan gizi yang baik dan juga makanan tiba di tangan pelanggan kami dalam keadaan baik dan higienis, kami memilih menu-menu yang sehat dan bergizi tinggi, yang dikemas secara rapi sehingga tidak kehilangan rasa dan juga kandungan gizinya,” ungkap Adeza Hamzah, Cluster Director of Marketing The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan & JW Marriott Jakarta saat dihubungi kumparan melalui pesan elektronik.
Layani Pesan Antar Makanan, Cara Hotel Beradaptasi di Tengah Pandemi (337741)
searchPerbesar
Layanan delivery makanan dari JW Marriott Jakarta Foto: Dok. JW Marriott Jakarta
Konsep layanan pesan antar ini juga dilakukan oleh Hotel Mulia Senayan, Jakarta.
ADVERTISEMENT
Kala kebijakan untuk work from home sudah mulai diterapkan oleh berbagai perusahaan, saat itu pula lah mereka mulai melakukan inisiatif baru; membawa pengalaman bersantap dari restoran ke rumah untuk kenyamanan para pelanggan.
Pilihan menunya pun sangat beragam; ada 50 menu hidangan dari Indonesia, India, Thailand, Jepang, Italia, hingga China yang disajikan dari seluruh restoran di Hotel Mulia Senayan. Moda pengantaran pun bisa disesuaikan dengan keinginan pelanggan.
Diantar ke depan pintu rumah dengan minimum order Rp 1 juta, atau diambil langsung di car call station yang berlokasi di pelataran lobi hotel.
“Sebagai penyedia layanan jasa dan produk, termasuk restoran sangat penting untuk bisa menjadikan kebutuhan pelanggan sebagai perhatian utama. Sehingga, kami berani melakukan inovasi baru dengan semangat memenuhi komitmen akan perhatian terhadap kebutuhan, kenyamanan dan keamanan pelanggan,” terang Jesica Tifany, Communications Manager Hotel Mulia Senayan, Jakarta kepada kumparan.
Layani Pesan Antar Makanan, Cara Hotel Beradaptasi di Tengah Pandemi (337742)
searchPerbesar
Layanan delivery makanan dari Hotel Mulia Senayan Foto: Dok. Hotel Mulia Senayan
‘Transformasi’ layanan restoran di hotel-hotel turut diadaptasi oleh Hotel Gran Mahakam. Selama masa tanggap COVID-19, mereka telah menyiapkan menu khusus bernama Go-Meal, yang bisa dinikmati di rumah. Menu yang ditawarkan, adalah hidangan signature dari Le Gran Café dan AOKI Japanese Cuisine --berupa hidangan Nusantara dan Oriental.
ADVERTISEMENT
Nantinya, pemesanan di bawah Rp 1 juta bisa dilakukan menggunakan layanan ojek online, sedangkan order di atas Rp 1 juta akan diantarkan oleh pihak hotel. Menu ini juga bisa dipesan di restoran, lalu dibawa pulang.
“Hotel Gran Mahakam menyadari kesehatan, keamanan dan kenyamanan tamu merupakan hal prioritas. Go-Meal merupakan program Hotel Gran Mahakam yang mendukung pemerintah dalam memutuskan mata rantai COVID-19,” tutur Frieda Tampubolon selaku Eksekutif Asisstant Manager Hotel Gran Mahakam.
Layani Pesan Antar Makanan, Cara Hotel Beradaptasi di Tengah Pandemi (337743)
searchPerbesar
Go-Meal, layanan delivery makanan dari Hotel Gran Mahakam Foto: Dok. Hotel Gran Mahakam
Selain menawarkan layanan pesan antar, pemesanan di tempat atau dine-in masih tetap dilakukan. JW Marriott masih membuka seluruh restoran dan in-room dining-nya. Sedangkan, Hotel Mulia Senayan hanya membuka restoran Table8, dengan tambahan extention di kolam renang.
Namun, selama masa pandemi, mereka tak lagi menyajikan menu buffet, melainkan hanya berupa ala carte.
ADVERTISEMENT
"Karena masih ada in house guest jadi kita buka, tapi makanan yang kita siapkan, semuanya dari restoran di Table8. Breakfast untuk in house guest di Hotel Mulia juga sekarang di sana," imbuh Jesica.
Untuk mencegah penularan COVID-19, frekuensi penggunaan disinfektan dan kebersihan di seluruh area restoran turut ditingkatkan. Serta, menjaga jarak tempat duduk antar tamu yang bersantap di dalam restoran.
Pastinya keberadaan layanan delivery ini bisa jadi penyelamat dan solusi, untuk terus bertahan di tengah masa pandemi.
***
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020