Food & Travel
·
3 Juni 2021 8:54
·
waktu baca 2 menit

Makan Semangka Saat Musim Panas, Ini Efek Samping hingga Manfaatnya bagi Tubuh

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Makan Semangka Saat Musim Panas, Ini Efek Samping hingga Manfaatnya bagi Tubuh (510989)
searchPerbesar
Es semangka. Foto: Shutterstock
Menikmati beberapa potong buah semangka nan dingin dengan air yang manis, memang jadi santapan lezat. Buah merah berdaging renyah itu juga selalu berhasil meredakan dahaga. Apalagi akhir-akhir ini cuaca sedang sangat panas saat siang hari. Maka, menyajikan semangka dingin jadi pilihan yang tepat.
ADVERTISEMENT
Selain rasa manis dan kesegaran yang tak diragukan lagi, mengutip Eat This, konsumsi buah satu itu bisa membantu kita terhindar dari berbagai penyakit mematikan, lho.
Bagaimanapun, semangka punya serat dan ragam kandungan baik bagi tubuh. Sehingga, selagi menikmatinya, kita juga bisa mendapat manfaat kesehatan semangka. Nah, apa saja efek yang bisa kita dapatkan dari makan semangka?

1. Semangka mengurangi nyeri otot

Makan Semangka Saat Musim Panas, Ini Efek Samping hingga Manfaatnya bagi Tubuh (510990)
searchPerbesar
Ilustrasi Biji Semangka Foto: Shutterstock/Virtu studio
Belakang ini, olahraga dapat dibilang sebagai salah satu aktivitas yang sedang digemari oleh banyak orang. Mulai bersepeda, jogging, berenang, sampai hiking. Kegiatan tersebut memang membuat tubuh bugar, namun juga bisa mendatangkan nyeri otot.
Nah, ada satu cara efektif guna mengurangi nyeri otot tersebut. Kalian cukup mengonsumsi semangka secara rutin. Tahukah kamu? asam amino spesifik atau citrullie dari buah semangka, membantu tubuh lebih rileks dan mengurangi tegangan pada otot.
ADVERTISEMENT
Hal ini terbukti dari sebuah studi mini tahun 2013. Saat itu, seorang atlet diberi jus semangka dengan campuran citrullie. Hasilnya, atlet tersebut lebih rileks dan mengalami pemulihan detak jantung juga ototnya.

2. Menurunkan peradangan dalam tubuh

Makan Semangka Saat Musim Panas, Ini Efek Samping hingga Manfaatnya bagi Tubuh (510991)
searchPerbesar
Semangka di Thailand. Foto: Azalia Amadea/kumparan
Peradangan kronis menjadi ancaman bagi kesehatan tubuh. Jika diabaikan, maka bukan tak mungkin menimbulkan gejala penyakit alzheimer. Tentu kita tak mau hal tersebut terjadi pada tubuh, kan?
Oleh karenanya, bila kamu rutin menjadikan semangka sebagai camilan sehat, maka pertahankan, ya. Lantaran, makan buah berair ini sama dengan menambah asupan antioksidan likopen serta vitamin C dalam tubuh. Keduanya berfungsi menurunkan risiko kerusakan oksidatif sel dalam tubuh.

3. Membantu melancarkan pencernaan

Makan Semangka Saat Musim Panas, Ini Efek Samping hingga Manfaatnya bagi Tubuh (510992)
searchPerbesar
Gangguan Saluran Pencernaan Foto: Thinkstock
Salah satu ciri khas dari semangka adalah air nan segar sangat melimpah. Maka dari itu, buah satu ini sangat baik untuk menghidrasi tubuh.
ADVERTISEMENT
Selain itu, terdapat pula kandungan seratnya sekitar 1 gram tiap potong. Jadi, kalau kamu punya masalah pencernaan, boleh coba konsumsi semangka untuk melancarkan buang air.

4. Memicu migrain

Makan Semangka Saat Musim Panas, Ini Efek Samping hingga Manfaatnya bagi Tubuh (510993)
searchPerbesar
Ibu hamil sering mengalami migrain Foto: Shutterstock
Sayangnya, walau dianggap makanan sehat, semangka juga tergolong sebagai buah pemicu migrain. Sebuah studi baru telah menemukan beberapa buah yang mudah memicu sakit kepala atau migrain. Di antaranya nanas, markisa, pisang, dan semangka.
Dalam penelitian tersebut, diambil subjek sebanyak 4.000 peserta. Lalu, mereka diminta makan semangka beberapa potong. Sekitar 29,5 persen langsung mengalami migrain usai mereka mengonsumsi buah merah tersebut. Kalau banyak dari kamu yang punya gejala serupa, sebaiknya jangan terlalu sering makan semangka, ya.
Reporter: Balqis Tsabita Azkiya