kumparan
17 Sep 2019 21:22 WIB

Mengapa Air Putih Bagus untuk Diet?

Ilustrasi minum air putih Foto: dok.shutterstock
Bagi mereka yang sedang ada dalam program diet sehat, air putih biasanya jadi andalan. Salah satu alasannya adalah karena air putih tidak mengandung kalori. Banyak minuman berkalori dan bergula yang jadi musuh para pelaku diet.
ADVERTISEMENT
Sekilas soal kalori, ia adalah jumlah energi yang kita dapatkan dari makanan kita. Laiknya fungsi bahan bakar, tubuh kita menggunakan energi yang dihitung dengan kalori. Jadi, diet sehat bukan perkara menghindari kalori, melainkan mencari jumlah kalori yang tepat untuk tubuh.
Sementara itu, tiga nutrisi utama yang bertanggung jawab atas konsumsi kalori harian kita adalah protein, lemak, dan karbohidrat. Dilansir Times of India, satu gram lemak, protein, dan karbohidrat masing-masing menyumbang sembilan, empat, dan empat kalori. Ini juga yang jadi alasan air tidak mengandung kalori, karena ia tidak mengandung karbohidrat, protein atau lemak.
Perlu juga dipahami bahwa air tidak menyediakan energi bagi tubuh. Kendati demikian, air membantu mengangkut energi yang dipecah dari makanan ke sel-sel dalam tubuh. Air justru membawa kalori yang diperoleh ke semua organ.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya membawanya, air juga membantu memecah dan membakar kalori. Ini yang bikin air putih berpotensi mengurangi berat badan. Beberapa penelitian juga mengungkap bahwa konsumsi air dingin membakar kalori lebih cepat.
Air juga baik untuk membuang limbah dari tubuh dan menyaring racun di ginjal. Air juga punya kemampuan untuk membakar lemak yang tersimpan di dalam tubuh.
Dengan demikian, di samping tidak punya kalori, air juga membantu membakar kalori yang kita konsumsi dari tempat lain. Jadi, ada baiknya memulai diet sehat dengan mengganti minuman berperasa dengan air putih.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan