Food & Travel
·
28 Juni 2021 12:43
·
waktu baca 3 menit

Renyahnya Camilan Soeffle Ciki Ayam, Croffle Unik Topping Makanan Ringan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Renyahnya Camilan Soeffle Ciki Ayam, Croffle Unik Topping Makanan Ringan  (88189)
searchPerbesar
Soffle ciki ayam Kopi Soe. Foto: Balqis Tsabita Azkiya/kumparan
Camilan yang memadukan croissant dan waffle kian merajalela. Kudapan renyah nan manis satu ini disebut dengan croffle. Sebelum makanan ini hits di Indonesia, ternyata di Korea makanan hasil inovasi pastry ini sudah lebih dulu populer, lho.
ADVERTISEMENT
Kini, inovasi camilan ini pun bisa kamu cicipi di kedai Kopi Soe, yang mempunyai banyak cabang di Jabodetabek. Kopi Soe rupanya tak mau ketinggalan dalam menghadirkan kudapan mani yang sedang tren tersebut. Mereka juga memiliki croffle hits yang dinamakan ‘soeffle’ sebagai menu ‘Tjemilan’ Kopi Soe.
“Kami selalu berinovasi dan menghadirkan kelezatan dalam sajian yang sesuai dengan selera dan keinginan masyarakat. Tren croffle memicu kami untuk berkreasi dengan varian croffle yang unik dan berbeda dari yang lain. Camilan seri Soeffle dari Tjemilan oleh Kopi Soe sangat cocok dilahap bersama berbagai sajian pelengkap sesuai selera,” terang Sylvia selaku Co-Founder Kopi Soe, dikutip dari rilis yang kumparan terima pada Jumat (25/6).
Semua varian rasa soeffle ini memang terbilang menarik dan layak dicoba. Bagi para penikmat kue manis, bisa cicipi rasa kayu manis, cokelat kacang, sampai srikaya. Sementara, ada rasa asin yang unik; seperti ciki keju serta ciki ayam. Lantara, soeffle ini cukup tinggi peminat, yang mana sehari sebelum saya memesan, camilan ini sempat sold out.
ADVERTISEMENT
Renyahnya Camilan Soeffle Ciki Ayam, Croffle Unik Topping Makanan Ringan  (88190)
searchPerbesar
Soffle, croffle baru ala Kopi Soe. Foto: Balqis Tsabita Azkiya/kumparan
Hmm, akhirnya saya coba di lain hari dan memutuskan segera membeli soeffle tersebut lewat aplikasi layanan makanan ojek online. Tak berselang lama, sekitar 30 menit kemudian pesanan pun tiba di halaman teras rumah.
Awalnya saya tidak menyangka kalau ukuran croffle ini cukup besar dan agaknya akan mengenyangkan. Saya memilih tiga varian; yakni kayu manis, srikaya, dan ciki ayam. Untuk rasa kayu manis, packaging-nya lebih simpel, hanya menggunakan paper bag bermotif khusus.
Dari ketiga varian, memang yang menarik perhatian pertama kali adalah ciki ayam. Sebab, di bagian atas croffle bukan hanya dilumuri keju meleleh. Melainkan ditambah pula topping bola-bola ciki renyah yang menjadikannya unik. Dalam satu gigitan pertama, rasa asin, gurih, serta manis kacang berpadu dalam mulut; dengan rasa asin yang lebih menonjol.
Renyahnya Camilan Soeffle Ciki Ayam, Croffle Unik Topping Makanan Ringan  (88191)
searchPerbesar
Soffle ala Kopi Soe. Foto: Dok.KopiSoe
Membuat semakin unik adalah sensasi manis kacang. Rupanya, setelah saya perhatikan dan memakannya sekali lagi, memang terdapat selai kacang yang diolesi sebelum croffle diberi lelehan keju. Wah, rasa ciki ayam ini benar-benar menarik. Apalagi saat dimakan bersama bola cikinya, sungguh kombinasi yang tak biasa.
ADVERTISEMENT
Nah, untuk tekstur croffle-nya, memang lebih nikmat dimakan ketika masih panas. Untungnya, saya memesan saat baru matang, jadi croffle masih lembut dan empuk. Namun, bila sudah mulai dingin teksturnya lumayan agak alot.
Next, ada rasa srikaya dan kayu manis. Kedua croffle manis ini punya cita rasa cukup berbeda. Varian kayu manis ditaburi gula putih bercampur bubuk kayu manis. Cukup mirip ketika sedang menikmati cinnamon roll. Nah, kalau untuk srikaya, ada sedikit sensasi creamy serta aftertaste srikaya gurih yang cukup lama mengganjal di mulut. Varian yang ini rasanya lebih manis.
Renyahnya Camilan Soeffle Ciki Ayam, Croffle Unik Topping Makanan Ringan  (88192)
searchPerbesar
Soffle kayu manis Kopi Soe. Foto: Balqis Tsabita Azkiya/kumparan
Sambil menikmati croffle. Tak lupa, saya juga memesan segelas es soya matcha. Kombinasi susu kedelai dengan matcha begitu harum. Gluk... saat ditenggak, creamy susu dan pekat matchanya langsung terasa. Manisnya pun tidak bikin enek. Nah, disarankan untuk memilih opsi less-sugar saja bila tak terlalu suka minuman manis.
ADVERTISEMENT
Bagi kamu yang juga tak pengin ketinggalan menikmati croffle renyah ala Kopi Soe ini, bisa memesannya lewat aplikasi makanan di ojek online. Untuk harga terbilang standar, mulai dari Rp 25-33 ribu.
Renyahnya Camilan Soeffle Ciki Ayam, Croffle Unik Topping Makanan Ringan  (88193)
searchPerbesar
Es soya matcha Kopi Soe. Foto: Balqis Tsabita Azkiya/kumparan
Kedai kopi ini juga memberikan beberapa promo menarik sampai 15 Juli nanti, lho. Kamu bisa membeli paket promo bundling ‘Joetawan’ seharga Rp 35 ribu, yang sudah mendapat setangkup soeffle coklat renyah dan segelas Es Kopi Soe goela merah.
Oiya, mengingat pandemi yang masih meningkat di sekitar kita, sebaiknya nikmati menu baru ini di rumah saja, ya supaya lebih aman dan nyaman. Selamat mencoba!
Reporter: Balqis Tsabita Azkiya