kumparan
search-gray
Food & Travel9 November 2019 13:18

Selain Gultik, Ini 6 Tempat Makan Sekitar Blok M yang Patut Dikunjungi

Konten Redaksi kumparan
Oeang Roastery, Restaurant, and Bar
Suasana Oeang Roastery, Restaurant, and Bar Foto: Safira Maharani/ kumparan
Bingung mencari tempat makan sekitar Blok M? Kawasan Blok M sudah lama dikenal sebagai tempat nongkrongnya anak muda Jakarta Selatan. Tak hanya itu, terdapat beragam jenis makanan yang bisa memanjakan lidahmu. Kawasan Little Tokyo dengan makanan Jepangnya, atau para penjaja hidangan gultik --gule tikungan-- yang sudah melegenda.
ADVERTISEMENT
Bukan itu saja, masih ada sederet tempat makan enak yang bisa kamu coba di area Blok M. Dari street food sampai tempat nongkrong asyik, inilah lima tempat makan sekitar Blok M yang bisa jadi destinasi wisata kulinermu:
1. Kedai Katong
Kedai Katong M Bloc Space
Suasana di Kedai Katong M Bloc Space Foto: Safira Maharani/ kumparan
Berlokasi di M Bloc Space, Kedai Katong punya tampilan bangunan yang begitu unik, penuh dengan tanaman hijau dan rimbun di bagian terasnya. Restoran ini merupakan hasil kolaborasi Ridho Slank dan Once Meckel Dewa 19.
Menyajikan dua jenis menu; minuman kopi khas Maluku dari Ridho Slank, sementara masakan khas Manado dari Once. Konsep rumah makanannya mirip warteg. Kita bisa memilih lauk apa saja yang ingin disantap.
Jenis lauknya cukup bervariasi, ada ikan cakalang, cumi, ayam, sambal dabu-dabu, hingga bakwan jagung. Sementara minumannya; kopi rempah, kopi susu TMG dengan campuran gula aren, serta kopi single origin khas Maluku.
ADVERTISEMENT
2. Kebun Ide
Gelato Kebun Ide
Gelato Kebun Ide Foto: Safira Maharani/ kumparan
Ingin mencari hidangan yang bercita rasa segar? Kebun Ide yang berada di M Bloc Space mungkin bisa kamu sambangi. Mereka menyajikan gelato beraneka rasa.
Uniknya, tak hanya rasa buah, salah satu tempat makan di sekitar Blok M ini juga punya menu gelato dari sayuran. Misalnya saja, gelato bercita rasa pakcoy dan rosemary yoghurt.
Semua sayuran yang digunakan sebagai bahan gelato pun diambil dari hasil kebun yang ada di Bintaro, sehingga kesegaran dan kualitasnya terjamin.
Sambil menyantap gelato, kamu akan ditemani dengan suasana homey nan kental di area indoor-nya. Atau, bila ingin suasana yang lebih santai, kamu bisa memilih tempat duduk di lantai dua sembari menikmati semilir angin.
ADVERTISEMENT
3. Oeang
Oeang Roastery, Restaurant, and Bar
Menu di Oeang Roastery, Restaurant, and Bar Foto: Safira Maharani/ kumparan
Masih di kawasan M Bloc, ada satu lagi restoran yang tak boleh luput kamu kunjungi. Oeang, namanya. Terletak di bagian belakang M Bloc Space, Oeang merupakan bekas pabrik percetakan uang yang disulap menjadi roastery, restoran, dan bar.
Interior ruangannya didekorasi dengan apik, memadukan suasana vintage dan industrial. Dipenuhi dengan berbagai tanaman hijau, beserta ornamen tempo dulu yang penuh estetika.
Pilihan menu pun sangat beragam, mulai dari camilan, makanan berat, dessert, kopi, hingga cocktail. Untuk jenis hidangannya, tersaji masakan Asia, western, sampai fusion. Ketika bersantap di Oeang, kita juga akan dibawa bernostalgia dengan alunan musik pop Indonesia tahun 90'an. Syahdu, ya.
4. Lesehan Bu Gendut
Lesehan Bu Gendut di Blok M, Jakarta Selatan.
Lesehan Bu Gendut di Blok M, Jakarta Selatan. Foto: Safira Maharani/kumparan
Sedang mencari tempat makan di sekitar Blok M yang buka sampai tengah malam? Coba kunjungi Lesehan Bu Gendut yang berada di depan Blok M Square. Sesuai namanya, tempat makan ini memang berkonsep lesehan, dan menyajikan menu masakan rumahan khas Jawa Tengah.
ADVERTISEMENT
Enggak tanggung-tanggung, pilihan menunya ada 95 jenis! Ada gudeg, krecek, urap sayuran, tumis daun pepaya, oseng mercon, hingga aneka baceman dan gorengan. Semua hidangannya pun dimasak oleh orang Solo asli, sehingga cita rasanya masih autentik.
Kalau berkunjung ke sini, menu yang wajib kamu coba adalah daun pepaya, oseng mercon, dan tahu bacem. Dijamin maknyus!
5. Sate RSPP
Sate RSPP
Sate RSPP Foto: Safira Maharani/ kumparan
Satu lagi rekomendasi tempat makan di sekitar Blok M yang bisa kamu coba; Sate RSPP. Namanya tentu sudah tak asing lagi, mengingat ia sudah sangat melegenda. Saking terkenalnya, tak jarang pengunjung harus mengantre panjang hanya untuk mencicipinya.
Berlokasi di depan Rumah Sakit Pusat Pertamina, kios sate ini memang sudah buka sejak puluhan tahun lalu, tepatnya di tahun 1960. Pilihan satenya ada dua, sate ayam dan kambing. Nah, ciri khasnya ada pada potongan dagingnya yang begitu tebal dan berukuran besar.
ADVERTISEMENT
Sambal kacangnya punya tekstur kental, daging kambingnya pun tak terasa prengus. Tak heran, sate RSPP jadi salah satu tempat makan di sekitar Blok M yang ramai dikunjungi orang.
6. Fried Chicken Master
Jimblo Mala- Fried Chicken Master
Jimblo Mala- Fried Chicken Master Foto: Mela Nurhidayati/kumparan
Kalau sedang tak ingin makan berat dan cuma kepengin ngemil, kamu bisa melipir ke Plaza Blok M. Di pusat perbelanjaan tersebut, ada satu gerai camilan ayam goreng ala Taiwan bernama Fried Chicken Master.
Potongan ayam nan juicy dipadukan dengan balutan tepung renyah, lalu disajikan bersama beragam jenis saus. Pilihan sausnya pun cukup bervariasi.
Ada jimbo mala yang memadukan potongan daun bawang, bawang putih, mentimun, hingga bubuk cabai. Ada juga menu dada love cut yang ditaburi dengan bumbu garam dan merica, menghasilkan rasa gurih, asin, dan agak manis.
ADVERTISEMENT
Bagaimana, sudah siap berpetualang kuliner mencari tempat makan sekitar Blok M?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white