Food & Travel
·
6 Juli 2021 14:14
·
waktu baca 3 menit

Selain Meningkatkan Imunitas, Ini 6 Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Tubuh

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Selain Meningkatkan Imunitas, Ini 6 Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Tubuh (67048)
searchPerbesar
Ilustrasi kelapa hijau Foto: Shutterstock
Permintaan akan kelapa hijau sedang melonjak di berbagai tempat, salah satunya di Depok. Warga setempat meyakini kalau buah tersebut mampu dijadikan obat dalam melawan virus corona. Lantaran hal tersebut, kini harga kelapa hijau tersebut bisa mencapai Rp 50 ribu per buah.
ADVERTISEMENT
Mengutip kumparanNews, salah seorang warga mengaku kerap menjadikan kelapa selaku obat corona. Ketika keluarga Rina(45) terjangkit virus tersebut, ia pun membeli kelapa untuk meningkatkan kembali fungsi imunitas. Tetapi, sayangnya kini mencari buah kelapa bak menemukan harta karun. Sangat sulit untuk bisa memperolehnya; bila ingin membeli pun harganya naik dua kali lipat.
Hal serupa tidak hanya dirasakan oleh Rina, pedagang kelapa hijau Abdul Rojak, juga mengaku kalau kini ia ikut menaikkan harga. Abdul mengatakan kalau pesanan kelapanya belum tiba meski sudah pesan jauh-jauh dari. Ini disebabkan karena warga banyak memburu, jadi distribusi kelapa Abdul pun ikut melambat. "Saya juga dapat kabar di Bogor kelapa ijo yang pesan banyak, jadi petani di sana ikut menaikkan harga, jadi ya saya ikutin naikin harga dari pada rugi," ucap Abdul Rojak.
ADVERTISEMENT
Menurut Prof. Hardinsyah, Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia dan Guru Besar Ilmu Gizi FEMA IPB, air kelapa memang bisa meningkatkan daya tahan tubuh; terutama selama menjalankan puasa. "Air kelapa bagus sekali untuk berbuka puasa. pHnya tinggi, hampir mendekati air zam-zam. Disertai dengan madu juga lebih bagus," jelasnya.
Penelitian berjudul Health Benefits of Tender Coconut Water pada tahun 2019 juga menunjukkan, air kelapa muda mengandung antioksidan potensial bernama cytokinin. Antioksidan tersebut berfungsi dalam melindungi kerusakan sel akibat radikal bebas.
Kendati demikian, hingga kini belum ada penelitian pasti terkait manfaat kelapa yang bisa menjadi obat corona. Sehingga perlu dipahami kembali, bahwa manfaat kelapa sejatinya membantu dalam meningkatkan imunitas, bukan menyembuhkan.
Namun, kamu masih tetap bisa menyerap manfaat lain dari mengonsumsi kelapa maupun kelapa hijau. Dan berikut, kami telah merangkum 6 manfaat lain dari rutin mengonsumsi air kelapa hijau.
ADVERTISEMENT

1. Air kelapa mencegah dehidrasi

Selain Meningkatkan Imunitas, Ini 6 Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Tubuh (67049)
searchPerbesar
Rutin minum air kelapa. Foto: Thinkstock
Mineral kelapa hijau dinilai sangat unggul untuk menghidrasi tubuh. Kandungan kelapa hijau disebut 95 persen lebih tinggi dibanding kelapa tua. International Journal of Food Properties 2018, mengungkapkan satu manfaat air kelapa hijau yang berguna untuk mencegah dehidrasi. Adanya mineral dalam buah dengan air manis ini dapat mengimbangi elektrolit dalam tubuh. Maka dari itu, guna mencegah dehidrasi, minumlah segelas air kelapa.

2. Membantu proses diet

Selain Meningkatkan Imunitas, Ini 6 Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Tubuh (67050)
searchPerbesar
Ilustrasi kelapa hijau Foto: Shutterstock
Selain rasanya gurih dan lembut, daging maupun air kelapa, seringkali dimasukkan dalam menu diet sehat. Manfaat ini pun telah diakui oleh US Department of Agriculture (USDA), yang menyatakan kelapa hijau tidak memiliki kandungan lemak sama sekali.
Justru kelapa hijau itu tinggi serat, yang membantu menurunkan bobot tubuh. Manfaat inilah yang membuat kebanyakan orang mudah merasa kenyang, dan membantu mereka dalam proses menurunkan berat badan.
ADVERTISEMENT

3. Mengurangi kembung

Selain Meningkatkan Imunitas, Ini 6 Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Tubuh (67051)
searchPerbesar
Ilustrasi seorang perempuan sedang mengalami perut kembung Foto: Shutterstock
Sensasi kembung akan gas berlebih dalam perut, kerap membuat tubuh jadi lemas. Bila mengalami gejala ini, jangan langsung minum obat. Sebaliknya, kamu bisa meminta pertolongan pertama dari air kelapa hijau. Sejatinya, dalam segelas air kelapa hijau memiliki sifat diuretik, jadi cairan urine maupun gas lebih mudah dikeluarkan karena efek tersebut.

4. Melancarkan menstruasi

Selain Meningkatkan Imunitas, Ini 6 Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Tubuh (67052)
searchPerbesar
Ilustrasi kelapa hijau Foto: Shutterstock
Kebanyakan perempuan mengalami gangguan dalam siklus menstruasi. Hal ini cenderung membuat mereka sangat khawatir. Tapi, ada satu cara ampuh yang bisa mengobati gangguan tersebut. Misalnya, dengan rutin minum air kelapa. Senyawa air kelapa umumnya bersifat antibakteri sampai antijamur. Melalui ragam senyawa itu, siklus menstruasi bisa lebih teratur seperti sediakala.

5. Merawat kesehatan jantung

Selain Meningkatkan Imunitas, Ini 6 Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Tubuh (67053)
searchPerbesar
Ilustrasi kesehatan jantung. Foto: Foto: Shutter Stock
Jurnal PubMed tahun 2012 menyatakan bahwa air kelapa hijau bisa menjadi pilihan mencegah risiko penyakit jantung. Penelitian tersebut mengungkapkan kandungan air kelapa hijau mampu melancarkan sirkulasi darah. Gula darah sampai kolesterol jahat pun bisa diatasi dengan minuman sehat ini. Kadar phenolic yang tinggi dari kelapa, berperan pula sebagai pelindung tubuh dari serangan radikal bebas.
ADVERTISEMENT

6. Membuang racun dalam tubuh

Selain Meningkatkan Imunitas, Ini 6 Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Tubuh (67054)
searchPerbesar
Buah kelapa Foto: Azalia Amadea/ kumparan
Selain bersifat antiracun, air kelapa juga kaya akan mineral serta antioksidan. Kombinasi ketiganya mampu melunturkan racun ataupun bakteri jahat dari tubuh. Dengan membuang racun tersebut, cairan tubuh yang hilang dapat kembali utuh seperti sediakala. Jadi, dibalik kenikmatan yang diberikan, segudang manfaat air kelapa ini pun bisa kamu peroleh demi menjaga kesehatan.
Reporter: Balqis Tsabita Azkiya
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020