kumparan
Food & Travel4 September 2018 17:52

Tips Memasak Pare agar Tidak Pahit Saat Disantap

Konten Redaksi kumparan
ilustrasi pare
ilustrasi pare (Foto: dok.pixabay)
Rasa pahit pada pare rupanya bisa diminimalisir dengan tips memasak yang tepat. Bagaimana caranya? Pare memiliki rasa pahit yang khas sehingga tidak heran jika buah ini jarang diminati. Jangan khawatir, rasa pahit dengan sedikit getir pada buah yang memiliki permukaan kasar itu ternyata bisa dihilangkan, lho.
ADVERTISEMENT
Cara menghilangkan rasa pahit pada pare pun beragam dan cukup mudah. Untuk selengkapnya, simak yuk, tips memasak pare agar tidak pahit saat disantap yang sudah kumparanFOOD rangkum berikut ini.
1. Rendam dalam air garam
ilustrasi merendam pare
ilustrasi merendam pare (Foto: dok.flickr.com)
Cara menghilangkan rasa pahit pada pare yang paling sederhana adalah dengan merendamnya di dalam air garam. Sebelum merendamnya, pastikan pare sudah dipotong terlebih dahulu. Kemudian masukkan 1-2 sendok makan garam atau sesuai kebutuhan ke dalam air rendaman pare. Diamkan 10-15 menit agar air garam meresap.
Selanjutnya, remas-remas pare dalam rendaman air garam hingga layu. Lalu, cuci bersih pare di bawah air mengalir dan tiriskan.
2. Remas dengan gula pasir
ilustrasi tumisan pare
ilustrasi tumisan pare (Foto: dok.pixabay)
Sama halnya dengan air garam, gula pasir juga bisa kamu gunakan sebagai bahan sederhana penghilang rasa pahit pada pare. Cara menggunakannya juga sama, yakni belah pare menjadi beberapa bagian dan campurkan dengan gula pasir.
ADVERTISEMENT
Kemudian, remas-remas pare hingga layu dan cuci bersih di bawah air mengalir, tiriskan. Pare yang sudah diremas dengan gula pasir ini siap untuk diolah menjadi tumisan yang nikmat disantap bersama nasi hangat.
3. Campur dengan bahan bercita rasa asin
ilustrasi hidangan pare
ilustrasi hidangan pare (Foto: dok.flickr.com)
Untuk cara selanjutnya, kamu bisa menggunakannya bila ingin cita rasa pahit pada pare tidak benar-benar hilang. Terkadang rasa pahit pada pare memang menjadi kenikmatan khas tersendiri yang justru membuat kita semakin lahap menyantapnya, bukan?
Jika hanya ingin menghilangkan sedikit rasa pahit pada pare, kamu bisa menambahkan potongan ikan asin atau teri ke dalam tumisan pare buatanmu. Agar semakin nikmat, goreng teri terlebih dahulu sehingga ketika dicampurkan ke dalam tumisan pare rasanya akan renyah.
ADVERTISEMENT
4. Rebus bersama daun jambu biji
ilustrasi sup pare
ilustrasi sup pare (Foto: dok.flickr.com)
Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa pahit pada pare adalah dengan merebusnya bersama daun jambu biji. Caranya cukup mudah, pertama-tama, potong pare menjadi beberapa bagian dan buang isinya. Lalu, siapkan 5 lembar daun jambu biji yang sudah dicuci bersih.
Panasakan air dalam panci, dan masukkan pare serta daun jambu biji ke dalam air rebusan. Kemudian, masak hingga pare layu. Jika ingin menambah rasa, kamu juga bisa memberi garam dalam air rebusannya. Ketika sudah matang, matikan api dan tiriskan pare. Dengan begitu, pare siap diolah untuk dijadikan tumisan ataupun sup yang sedap disantap tanpa khawatir rasa pahit mengganggu di lidah.
ADVERTISEMENT
Selamat mencoba tips memasak pare di atas!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan