kumparan
23 Juli 2019 19:02

Tips Mengatasi Sakit Perut karena Minum Kopi

sakit perut
Ilustrasi sakit perut Foto: shutterstock
Sebagian besar orang minum kopi karena efeknya yang diklaim bisa memberikan suntikan energi dengan cepat, serta membuat fokus meningkat. Meski membuat candu, tapi konsumsi kopi yang berlebihan dapat membuat kita jadi overdosis kafein.
ADVERTISEMENT
Selain itu, beberapa orang yang memiliki perut sensitif cenderung sakit perut usai minum kopi barang secangkir saja. Hal ini disebabkan karena kafein pada kopi akan membuat perut memproduksi lebih banyak asam, sehingga menimbulkan inflamasi di perut.
Nah, untuk meredakan rasa sakit perut akibat minum kopi, kamu bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan dan minuman tertentu. Apa saja? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini:
1. Minum teh herbal
Teh chamomile
Teh chamomile Foto: Shutterstock
Tak seperti teh biasa, jenis teh herbal tak mengandung kadar kafein sama sekali. Banyak jenis teh herbal yang bisa membantu mengobati perut setelah asam dari kafein membuatnya teriritasi.
Pilihlah jenis teh yang dipadukan dengan jahe --misalnya teh jahe lemon atau chai tea. Rempah ini bisa membantu mengurangi inflamasi dan meredakan mulas.
ADVERTISEMENT
Jenis teh chamomile dan licorice juga memiliki efek yang bisa menenangkan perut. Sebaiknya, hindari konsumsi teh herbal mint karena bisa membuat masalah asam di perut lebih buruk.
2. Minum air
Air 2
Rutin minum air putih agar tidak dehidrasi dan urine berwarna bening. Foto: Thinkstock
Minum kopi bisa membuat tubuh dehidrasi, sehingga sangat penting untuk menambah asupan air minum kita. Selain itu, menurut Pusat Kesehatan Universitas Maryland, kopi mengandung asam yang bisa menyebabkan radang perut bagi beberapa orang.
Konsumsi air putih setidaknya empat sampai enam gelas per hari dapat membantu mengurangi rasa tak nyaman pada perut.
3. Santap makanan sehat
ilustrasi Pisang
Ilustrasi Pisang Foto: Steve Hopson/ WikimediaCommons
Beberapa jenis makanan mengandung vitamin dan komponen lainnya yang bisa melawan dampak buruk dari kafein. Salah satunya, buah pisang.
Jenis buah ini mengandung alkalin yang bisa melawan asam, dan membantu mengatasi masalah perut. Selain itu, kamu juga bisa mengkonsumsi oatmeal, yoghurt, melon, dan sayuran hijau setiap kali sakit perut usai minum kopi.
ADVERTISEMENT
4. Minum jus lidah buaya
Aloe Vera menyehatkan rambut
Aloe Vera Foto: Shutterstick
Lidah buaya punya sifat menenangkan karena mengandung komponen anti-inflamasi, vitamin, serta mineral lainnya. Ekstrak lidah buaya ini juga punya ekstrak detoksifikasi saat dikonsumsi, membuat perut jadi terasa lebih baik.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan