Food & Travel
·
17 Mei 2021 15:06

Turunkan Kolesterol Usai Lebaran dengan 8 Makanan dan Minuman Ini

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Turunkan Kolesterol Usai Lebaran dengan 8 Makanan dan Minuman Ini (138110)
searchPerbesar
Coklat tak bikin kolesterol jahat meningkat Foto: Thinkstock
Momen Lebaran menjadi waktu yang paling ditunggu-tunggu, bukan hanya karena bisa berkumpul dengan keluarga, melainkan juga dapat menyantap makanan khas nan nikmat. Sayangnya, makanan enak tersebut banyak yang mengandung santan dan lemak. Bila dikonsumsi berlebihan bisa menimbulkan lonjakan kolesterol dalam darah.
ADVERTISEMENT
Kalau sudah begini, sejumlah penyakit pun bisa muncul; semisal gangguan jantung. Tentu kamu tak ingin, usai makan enak malah berujung di rumah sakit. Oleh karenanya, selain membatasi konsumsi berlebih, kamu juga harus mengontrol dengan mengganti makanan lebih sehat dan kaya nutrisi.
Buat kamu yang belum tahu makanan dan minuman apa saja yang berpotensi menurunkan kolesterol jahat? Berikut ulasan selengkapnya. Yuk, dicoba sebelum terlambat.

1. Alpukat

Turunkan Kolesterol Usai Lebaran dengan 8 Makanan dan Minuman Ini (138111)
searchPerbesar
alpukat Foto: Shutterstock
Buah dengan daging gurih yakni alpukat, memang dipercaya sebagai salah satu sumber vitamin dan serat. Mengutip Healthline, alpukat kaya akan sumber lemak alami yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, kandungan vitamin K dan B kompleksnya, membantu membasmi kolesterol pada saluran darah hingga pencernaan.
ADVERTISEMENT

2. Jeruk

Turunkan Kolesterol Usai Lebaran dengan 8 Makanan dan Minuman Ini (138112)
searchPerbesar
Ilustrasi jeruk. Foto: Dok. Freepik
Dalam penelitian Pubmed Central, dijelaskan bahwa makan buah jeruk mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan kolesterol tinggi. Sementara itu, pada penelitian lainnya, sebanyak 129 kali uji coba menemukan konsumsi es jeruk dalam jangka waktu yang lama. secara perlahan mampu menurunkan LDL dalam tubuh.

3. Tempe

Turunkan Kolesterol Usai Lebaran dengan 8 Makanan dan Minuman Ini (138113)
searchPerbesar
Ilustrasi tahu dan tempe Foto: dok.shutterstock
Siapa sangka, makanan yang begitu identik dengan selera orang Indonesia, yaitu tempe, juga bisa menjadi salah satu pilihan makanan penurun kolesterol. Ini karena, kandungan protein, vitamin, mineral dan serat yang terkandung dalam kedelai dapat membantu menurunkan kolesterol jahat yang mengendap dalam tubuh.

4. Okra

Turunkan Kolesterol Usai Lebaran dengan 8 Makanan dan Minuman Ini (138114)
searchPerbesar
Okra Foto: Shutterstock
Mengutip Harvard Health Publications, okra memiliki kandungan serat larut yang sangat baik. Serat ini berpotensi untuk mengikat kolesterol dari makanan yang dicerna, supaya bisa dibuang bersamaan dengan kotoran tubuh. Sementara itu, dr Paulina Toding, SpGK dari RS Royal Progress, pernah menjelaskan kepada kumparan, bahwa serat pada okra juga bisa membantu mengatasi konstipasi.
ADVERTISEMENT

5. Ikan salmon

Turunkan Kolesterol Usai Lebaran dengan 8 Makanan dan Minuman Ini (138115)
searchPerbesar
Ikan salmon. Foto: Pixabay
Asam lemak omega-3 yakni EPA dan DHA banyak bersumber dari salmon. Jenis ikan satu ini selain dikenal sebagai lemak baik, rupanya juga bisa mengontrol kolesterol di tubuh. Kedua asam lemak tersebut dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol sampai mencegah penyakit kardiovaskular akut.

6. Apel

Turunkan Kolesterol Usai Lebaran dengan 8 Makanan dan Minuman Ini (138116)
searchPerbesar
Ilustrasi Apel Gala Foto: Shutterstock/PosiNote
Jurnal University of Reading pada tahun 2015, pernah meneliti bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi apel dapat terhindar dari penyakit jantung hingga kolesterol. Apel memiliki serat dan antioksidan baik. Bila kita secara teratur makan satu buah apel setiap hari, maka tubuh sudah melakukan proses detoksifikasi alami.

7. Teh serai

Turunkan Kolesterol Usai Lebaran dengan 8 Makanan dan Minuman Ini (138117)
searchPerbesar
Minuman Jahe, kunyit, dan serai Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Apabila banyak dari kamu gemar minum segelas teh serai, maka pertahankan, ya. Sebab, studi African Journal of Biotechnology tahun 2007 mengungkapkan bahwa minyak esensial dalam teh serai dapat mengurangi tingkat kolesterol pada tikus; yang diberi pakan tinggi lemak selama 14 hari.
ADVERTISEMENT

8. Kunyit asam

Turunkan Kolesterol Usai Lebaran dengan 8 Makanan dan Minuman Ini (138118)
searchPerbesar
Jamu Kunyit Asam. Foto: Flickr/Leni Suryani 13
Segelas minuman tradisional, seperti kunyit asam, bisa jadi obat alternatif alami yang melindungimu dari serangan kolesterol jahat. Penelitian yang dipublikasikan di Indian Journal of Physiology and Pharmacology, menjelaskan seseorang yang mampu mengonsumsi 500 gram curcumin atau kunyit selama seminggu; maka, tingkat LDL atau kolesterol jahat dalam tubuhnya mampu berkurang hingga 33 persen.
Reporter: Balqis Tsabita Azkiya
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020