Entertainment
·
18 Maret 2020 12:04

5 Film yang Berkisah Tentang Wabah Mengerikan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Film yang Berkisah Tentang Wabah Mengerikan (153246)
Film Resident Evil: Retribution Foto: IMDb/Photo by Rafy - © 2011 Davis Films/Impact Pictures (RE5) Inc. and Constantin Film International GmbH
Corona atau COVID-19 saat ini telah menjadi pandemi yang menjangkiti banyak orang di seluruh dunia. Beberapa negara, seperti China, Italia, dan Iran, menerima dampak paling parah dari pandemi tersebut.
ADVERTISEMENT
Ada berbagai film Hollywood yang juga bercerita tentang wabah mengerikan, seperti corona. Mungkin, kamu bisa menontonnya sambil work from home atau WFH. Berikut daftarnya.
5 Film yang Berkisah Tentang Wabah Mengerikan (153247)
Film I Am Legend, Contagion, dan The Flu. Foto: IMDB

1. Contagion (2011)

5 Film yang Berkisah Tentang Wabah Mengerikan (153248)
Contagion. Foto: IMDB
Disutradarai oleh Steven Soderbergh, Contagion bercerita tentang Beth Emhoff (Gwyneth Paltrow), seorang wanita karier yang melakukan perjalanan bisnis ke Hong Kong. Saat pulang ke Chicago, ia terjangkit sebuah virus tak dikenal yang sangat berbahaya.
Setelah menjangkiti Beth, virus itu juga menyerang suaminya, Mitch Emhoff (Matt Damon), dan anaknya, Clark. Ketika akhirnya Beth meninggal, virus itu sudah merebak ke berbagai penjuru dunia dan menjangkiti jutaan orang.
Kisah di film Contagion sangat mirip dengan corona yang saat ini telah menjadi pandemi. Satu hal yang unik, virus yang akhirnya diberi nama MEV-1 itu terbentuk dari percampuran genetik babi dan kelelawar.
ADVERTISEMENT
Film ini juga, secara nyata, memperlihatkan seperti apa sifat alamiah manusia saat menghadapi virus tak dikenal. Ada yang sangat panik dan mulai menimbun bahan pangan. Ada pula yang justru membuat teori-teori konspirasi.

2. Outbreak (1995)

5 Film yang Berkisah Tentang Wabah Mengerikan (153249)
Outbreak. Foto: IMDB
Dibintangi oleh Dustin Hoffman, Rene Russo, dan Morgan Freeman, film Outbreak bercerita tentang sebuah wabah mengerikan yang terjadi di Amerika Serikat. Wabah tersebut berasal dari virus di dalam tubuh monyet yang sering kali diperjual-belikan secara ilegal.
Dalam film ini, virus berbahaya yang menyerang orang-orang di Amerika Serikat diberi nama Motaba. Secara garis besar, virus tersebut memiliki katakteristik yang sama seperti virus Ebola.
Di film ini juga diperlihatkan bagaimana masyarakat mulai panik, ketika tentara melakukan karantina di semua negara bagian. Film ini pun coba menggambarkan bagaimana keserakahan manusia bisa berujung pada petaka mengerikan.
ADVERTISEMENT
3. The Flu (2013)
5 Film yang Berkisah Tentang Wabah Mengerikan (153250)
The Flu. Foto: IMDB
Film Korea Selatan ini mengisahkan tentang penyebaran virus H5N1 yang telah bermutasi dan mulai menjangkiti orang-orang di Bundang-gu, Seongnam, Seoul, Korea Selatan. Virus tersebut bisa menewaskan ribuan orang hanya dalam waktu 36 jam.
Pemerintah coba untuk melakukan karantina guna menekan penyebaran virus. Namun, orang-orang menjadi panik dan kekacauan pun mucul.
The Flu adalah film yang sangat menegangkan dan penuh intrik. Film ini juga bisa menjadi refleksi bagi siapa saja untuk tidak panik dan menimbulkan kekacauan saat munculnya sebuah wabah mengerikan, seperti corona.

4. Resident Evil

5 Film yang Berkisah Tentang Wabah Mengerikan (153251)
Resident Evil. Foto: IMDB
Sepertinya, semua orang kenal dengan franchise film Resident Evil. Dalam film ini, sekelompok ilmuwan dari Umbrella Corporation mengembangkan virus dengan nama T-virus yang bisa mengubah manusia menjadi zombie mengerikan.
ADVERTISEMENT
Film ini lagi-lagi menggambarkan bagaimana ketamakan manusia bisa berakhir buruk. Di satu sisi, ada banyak adegan laga yang keren dan seru untuk ditonton. Akting Milla Jovovich sebagai Alice di film ini juga sangat ikonis.

5. I Am Legend

5 Film yang Berkisah Tentang Wabah Mengerikan (153252)
I Am Legend. Foto: IMDB
Dibintangi oleh Will Smith, film I Am Legend berkisah tentang bumi yang sudah kacau dan hancur. Hampir semua orang terkena wabah dan berubah menjadi zombie yang gemar memakan daging manusia.
Smith berperan sebagai Dr. Robert Neville, seorang penyintas yang terus berupaya untuk membunuh para zombie. Dia diceritakan telah ditinggal mati oleh anak dan istrinya.
Setelah tiga tahun berjuang seorang diri, Neville akhirnya menemukan obat yang bisa menyembuhkan para zombie. Ia pun melakukan sebuah pengorbanan yang sangat mengharukan di akhir film.
ADVERTISEMENT