Entertainment
·
16 September 2019 14:50

Film Dokumenter Kontroversial Michael Jackson Raih Penghargaan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Film Dokumenter Kontroversial Michael Jackson Raih Penghargaan (59429)
Michael Jackson. Foto: AFP
'Leaving Neverland' meraih penghargaan. Film dokumenter yang menceritakan tentang kasus pelecehan seksual yang dilakukan Michael Jackson pada dua anak laki-laki itu, membawa pulang piala 'Outstanding Documentary or Nonfiction Special' dari ajang Creative Arts Emmy 2019.
ADVERTISEMENT
Hal ini diketahui dari situs resmi Creative Arts Emmy 2019, www.emmys.com, baru-baru ini.
Film 'Leaving Neverland' yang dibesut oleh Dan Reed ini terbagi menjadi dua bagian, yakni kesaksian Wade Robson dan kesaksian James Safechuck, dua orang yang mengaku korban pelecehan Jackson saat mereka masih anak-anak.
Sejak diluncurkan untuk pertama kalinya di Sundance Film Festival pada 25 Januari lalu, 'Leaving Neverland' selalu menuai kontroversi. Dalam film itu, Robson dan Safechuck mengaku pernah mengalami pelecehan seksual yang dilakukan oleh sang 'Raja Pop', seperti melakukan oral seks hingga menonton film porno.
'Leaving Neverland' juga memperlihatkan dengan jelas hal-hal 'romantis' yang pernah Jackson lakukan dengan keduanya, seperti bermain 'nikah-nikahan' dan tidur di ranjang yang sama.
ADVERTISEMENT
Robson dan Safechuck pernah menggugat Michael Jackson atas dugaan pelecehan seksual pada 2013 dan 2014. Namun, gugatan mereka ditolak pada tahun 2017. Pelantun 'Beat It' juga selalu membantah bahwa dirinya melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak.
Film Dokumenter Kontroversial Michael Jackson Raih Penghargaan (59430)
Michael Jackson. Foto: AFP
Kehadiran 'Leaving Neverland' di dunia film memberikan efek yang besar pada banyak orang. Dilansir NME, beberapa radio di dunia sampai melarang lagu-lagu Jackson untuk diputar.
Tak terima dengan kehadiran 'Leaving Neverland', keluarga Michael Jackson menggugat pihak film tersebut seharga USD 100 juta atau Rp 1,4 triliun.
Dilansir Variety, agensi Jackson, The Michael Jackson Estate, menyebut film tersebut bukanlah film dokumenter. 'Leaving Neverland' adalah pembunuhan karakter yang dialami Michael Jackson saat dia hidup, dan sekarang dalam kematiannya.
ADVERTISEMENT
"Kami telah kehilangan Michael, kami kehilangan banyak hal, dan kami masih berduka. Biarkan keluarga kami sendiri. Biarkan Michael sendiri. Biarkan dia beristirahat dengan tenang, dia berhak atas itu," kata Jermaine Jackson, kakak Michael Jackson, dengan mata berkaca-kaca saat diwawancarai di acara Good Morning Britain.
Film Dokumenter Kontroversial Michael Jackson Raih Penghargaan (59431)
Aksi panggung Michael Jackson. Foto: Instagram/@michaeljackson
Selain mendapat penghargaan 'Outstanding Documentary or Nonfiction Special', 'Leaving Neverland' juga dinominasikan untuk 'Outstanding Directing for a Documentary/Nonfiction Program', 'Outstanding Picture Editing for a Nonfiction Program', 'Outstanding Sound Editing for a Nonfiction Program (Single or Multi- Camera)', dan 'Outstanding Sound Mixing for a Nonfiction Program (Single or Multi-Camera)'.