kumparan
Entertainment12 Maret 2020 13:51

Imbas Virus Corona, 5 Festival Musik Dunia Ini Batal Digelar

Konten Redaksi kumparan
image.png
Tomorrowland Winter. Dok: Instagram @tomorrowlandwinter
Wabah virus corona telah memberikan kerugian besar untuk beberapa acara hiburan di berbagai negara. Salah satunya, batalnya beberapa festival musik yang namanya sudah mendunia.
ADVERTISEMENT
Ada lima acara musik besar yang telah membatalkan gelarannya. Berikut daftarnya.

1. Tomorrowland Winter

image.png
Tomorrowland Winter. Dok: Instagram @tomorrowlandwinter
Tomorrowland Winter seharusnya digelar 14-21 Maret 2020 di Alpe d'Huez, Prancis. Namun, pada 5 Maret lalu, lewat Instagram, pihak penyelenggara membatalkan gelaran tersebut.
"Dengan berat hati, kami harus menginformasikan kalau Pemerintah Prancis memutuskan untuk membatalkan (Tomorrowland Winter) edisi tahun ini. Kami telah melakukan kontak dekat dengan Pemerintah Prancis akan dampak virus COVID-19 (virus corona) dan kami akhirnya menerima keputusan resmi mereka," bunyi keterangan pembatalan tersebut.
Pihak Tomorrowland Winter juga mengatakan, pihaknya akan menghubungi orang-orang yang telah membeli tiket lewat email untuk infomasi lebih lanjut.

2. Ultra Music Festival

image.png
Ultra Music Festival. Dok: Instagram @ultra
Ultra Music Festival yang seharusnya diadakan pada 20-22 Maret mendatang di Miami, AS, batal digelar. Pada keterangan yang diunggah pihak penyelenggara di Instagram pada 6 Maret lalu, Ultra Music Festival akan idgelar pada 26-28 Maret 2021.
ADVERTISEMENT
"Terkait deklarasi Pemerintah Florida soal kesehatan publik yang berada dalam keadaan darurat dan Pusat Pengendalian Penyakit dan Panduan Sementara Pencegahan untuk COVID-19, tidak mungkin Miami bisa memberikan akses ke area Bayfront Park," jelas pernyataan tersebut.
Sama seperti Tomorrowland Winter, pihak penyelenggara akan menghubungi para pembeli tiket untuk langkah berikutnya.

3. The South by Southwest (SXSW)

image.png
The South by Southwest (SXSW). Dok: www.sxsw.com
Festival musik dan film The South by Southwest atau SXSW tahun ini batal diadakan. Seharusnya, acara tersebut diselenggarakan pada 13-20 Maret 2020 di Austin, AS.
Berita ini diumumkan pihak penyelenggara pada 7 Maret lalu melalui sebuah keterangan tertulis di laman resmi SXSW. Mereka mengaku tak bisa melakukan apa pun kecuali mengikuti keputusan pihak berwenang di Austin.
ADVERTISEMENT
"Ini adalah kali pertama dalam 34 tahun (SXSW) tidak diadakan," kata mereka.

4. Hammersonic 2020

Penampilan Brujeria di Hammersonic 2018.
Penampilan Brujeria di Hammersonic 2018. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Festival musik metal terbesar di Asia, Hammersonic, tahun ini menghadirkan Slipknot dan Trivium sebagai penampil-penampilnya. Namun, festival ini ditunda hingga 15-17 Januari 2021 dengan Carnaval Beach Ancol, Jakarta, sebagai lokasi penyelenggaraan.
Keamanan dan kesehatan penonton adalah hal yang diutamakan oleh penyelenggara Hammersonic. Mereka pun meminta maaf dan mengatakan bahwa tiket yang sudah dibeli berlaku untuk Hammersonic 2021.
Selain itu, pihak penyelenggara juga punya kejutan lain untuk memuaskan para penontonnya.
"Pada penyelenggaraan dengan jadwal yang baru akan ada penambahan tiga headliners serta dua co-headliners yang akan diumumkan dalam waktu dekat," jelas promotor.

5. Coachella

Coachella 2019
Coachella 2019. Foto: Dok. Coachella
Penyelenggara Goldenvoice telah mengumumkan bahwa gelaran Coachella ditunda. Nantinya, Coachella tetap akan digelar di Indio, California, Amerika Serikat, pada 9-11 Oktober 2020 dan 16-18 Oktober 2020.
ADVERTISEMENT
"Sesuai arahan County of Riverside dan dinas kesehatan setempat, dengan berat hati kami umumkan perubahan jadwal Coachella, menyusul kekhawatiran akan virus corona," terang Goldenvoice.
"Keamanan dan kesehatan pengunjung, staf, dan masyarakat adalah yang paling penting. Kami mohon semuanya mengikuti arahan dari petugas kesehatan setempat," sambungnya.
Pemegang tiket yang tak bisa datang ke Coachella di waktu tersebut bisa melakukan pengembalian uang alias refund. Detailnya akan diumumkan pada Jumat (13/3).
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan