kumparan
Entertainment17 Desember 2019 7:01

Kesedihan Istri Zul 'Zivilia' saat Suami Bahas Anak di Persidangan

Konten Redaksi kumparan
Zul zivilia, POTRAIT
Terdakwa kasus tindak pidana narkoba Zulkifli alias Zul zivilia dan istrinya berswafoto sebelum menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Tiap kali menjalani sidang dugaan narkotika di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, musisi Zulkifli alias Zul 'Zivilia' selalu ditemani oleh istrinya, Retno Paradinah.
ADVERTISEMENT
Mulai dari sidang perdana, sampai sidang nota pembelaan, Retno Paradinah tidak pernah absen memberikan dukungan kepada suami tercinta.
Saat sidang pleidoi yang berlangsung pada Senin (16/12) kemarin, Retno juga hadir. Ia bahkan tak kuasa menahan tangis saat mendengar suaminya membacakan nota pembelaan.
Dalam sidang tersebut, Zul menyampaikan ke hadapan majelis hakim bahwa dirinya mempunyai enam anak, yang mana mayoritas masih balita. Hal itu yang membuat Retno tak kuasa menahan sedih.
"Apalagi kan masih kecil-kecil, dan masih ada lagi anak-anak dari istri pertama dua orang, butuh biaya, masih pada sekolah juga, itu juga jadi pikiran saya juga. Sehingga saya nangis tadi di dalam," ucap Retno Paradinah di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Senin (16/12).
Zul Zivilia, PN Jakarta Utara
Tersangka kasus penyalahgunaan narkoba Zul Zivilia (kanan) bersiap untuk menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Usai sidang, Retno sempat menemui suaminya di dalam ruang tunggu tahanan. Ia mengaku bahwa Zul 'Zivilia' sempat menanyakan kondisi anak-anaknya.
ADVERTISEMENT
"Setelah sidang dia cuma bilang, nanya kabar anak, kenapa enggak dibawa. Sebenarnya dia minta dibawa, tapi lagi ujian," kata Retno.
Retno menjelaskan bahwa saat ini dirinya sedang menghadapi tagihan sekolah dari anaknya. Untung saja, Billy Syahputra dan Uya Kuya sudah berusaha untuk membantu membiayai tagihan tersebut.
"Uang pangkal kemarin alhamdulillah sempat dibantu sama Mas Billy sama Mas Kuya untuk sekolah anak. Tapi masih ada uang pangkal buat kayak kenaikan kelas, itu belum saya bayar. Jadi ya lumayan," ujar Retno.
Istri Zul 'Zivilia', Retno Paradinah menangis
Istri Zul 'Zivilia', Retno Paradinah menangis. Foto: Aria Pradana/kumparan
Retno pun mengungkapkan bahwa anak-anaknya sempat menanyakan keberadaan Zul 'Zivilia'. Tentu sebagai ibu, Retno memberikan pengertian kepada anak-anaknya tersebut.
"Ya anak-anak sih enggak tahu ya, kalau ayahnya dapat musibah seperti saat ini. Mereka tahunya kalau ayahnya lagi ujian. Kalau di rumah anak-anak tanya, 'Ayah kapan pulang? Ayah kapan pulang?' Aku cuma bisa bilang, 'Kalau Yuki bisa jadi anak pinter, bisa sayang adik sama kakaknya, ayah bisa pulang cepet'," tutur Retno.
Zul zivilia
Terdakwa kasus tindak pidana narkoba Zulkifli alias Zul zivilia dan istrinya berbincang sebelum menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Maka dari itu, Retno Paradinah berharap agar majelis hakim memberikan putusan yang seadil-adilnya kepada suaminya, Zul 'Zivilia'.
ADVERTISEMENT
"Mudah-mudahan pak jaksa dan pak hakim bisa mempertimbangkan lagi hukumannya. Semoga diputus bisa ringan, biar saya, Zul dan anak-anak bisa kumpul lagi," pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan