Entertainment
·
5 Mei 2020 16:34

Kreatif di Masa Pandemi COVID-19, The Rain Rilis Lagu Gombal Itu Indah

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kreatif di Masa Pandemi COVID-19, The Rain Rilis Lagu Gombal Itu Indah (92312)
Artwork lagu Gombal Itu Indah. Dok: The Rain
Pandemi COVID-19 masih terus terjadi di seluruh dunia. Berbagai hal di Indonesia juga pada akhirnya ikut terdampak oleh penyebaran penyakit yang disebabkan oleh virus corona atau SARS-CoV-2 itu.
ADVERTISEMENT
Meski tidak terjangkit, aktivitas band The Rain ikut terganggu, karena pandemi COVID-19. Semua jadwal manggung band yang digawangi oleh Indra Prasta (vokal, gitar), Iwan Tanda (gitar), Ipul Bahri (bas gitar), dan Aang Anggoro (drum) itu terpaksa ditunda atau dibatalkan.
Untungnya, Indra dan kawan-kawan tidak kehabisan akal. Selama berada di rumah, semua personel The Rain justru merekam sebuah single bertajuk Gombal Itu Indah.
Kreatif di Masa Pandemi COVID-19, The Rain Rilis Lagu Gombal Itu Indah (92313)
The Rain. Dok: The Rain
"Ini kami lakukan sekaligus untuk mengirimkan pesan semangat ke teman-teman di mana pun berada, bahwa kita masih bisa tetap produktif di saat yang sulit ini," ujar Indra di siaran pers yang kumparan terima, Selasa (5/5).
Gombal Itu Indah mulanya hendak menjadi salah satu lagu di album Serenade yang rilis pada 2007. Namun, hal itu tidak pernah terealisasi dan lagu Gombal Itu Indah tak pernah rilis secara resmi ke publik.
ADVERTISEMENT
The Rain bercerita, proses penggarapan Gombal Itu Indah sangatlah unik. Tanpa saling bertatap muka, Indra, Iwan, Ipul, dan Aang merombak aransemen dan melakukan rekaman dari rumah masing-masing.
Kreatif di Masa Pandemi COVID-19, The Rain Rilis Lagu Gombal Itu Indah (92314)
The Rain di kumparan, Kamis (9/8). Foto: Nadia K. Putri/kumparan
Setelah lagu selesai diaransemen dan direkam, semua data dikirimkan pada Iwan yang menjalani tugas ganda, yakni gitaris dan audio engineer. Ia kemudian mengerjakan mixing dan mastering di rumah, bukan studio rekaman profesional.
"Selama ini, kami memang sudah terbiasa mengerjakan berbagai hal teknis secara swadaya sejak The Rain menempuh jalur independen pada tahun 2013. Namun, kali ini, keadaannya benar-benar berbeda. Mau tidak mau semua harus dikerjakan dari rumah," kata Iwan.
Video
Aang sang drummer juga mengerjakan artwork dan video lirik di rumah. Meski tak saling bertatap muka, lagu Gombal Itu Indah tetap berhasil The Rain rampungkan.
ADVERTISEMENT
"Keterbatasan kami dalam kondisi yang sekarang ini, justru memicu kreativitas kami. Bukan berarti di rumah saja, proses kreatif ikut berhenti. Kami tetap bikin karya," ungkap Aang.
Saat ini, lagu Gombal Itu Indah sudah bisa dinikmati di Spotify, JOOX, dan Apple Music. Video lirik juga sudah tersedia secara gratis di Youtube.