Entertainment
·
29 Januari 2018 19:02

Lagu 'Film Favorit' Gambarkan Semangat Baru Sheila On 7 di Jalur Indie

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Lagu 'Film Favorit' Gambarkan Semangat Baru Sheila On 7 di Jalur Indie (110633)
Sheila On 7 (Foto: Munady Widjaja)
Sheilla On 7 (SO7) merupakan band '90-an yang karya-karyanya terus bertahan dan masih diterima oleh para penikmat musik Tanah Air hingga saat ini.
ADVERTISEMENT
Setelah lepas dari label musik Sony Music Entertainment Indonesia, SO7 mulai merilis single pertama di bawah naungan label musik sendiri, 507 Records, yang berjudul ‘Film Favorit’.
Lagu ini memberikan kesan yang lebih gagah bagi SO7. Brian Kresna Putro sang penggebuk drum mengatakan, kesan gagah tersebut sengaja dibuat untuk menggambarkan kondisi SO7 yang kini hadir dengan semangat baru.
Menurutnya, SO7 saat ini tampil dengan semangat dan motivasi yang lebih menggebu dalam menghadapi perjalanannya baru dengan label musik indie.
“Kita memulai sesuatu baru seperti label baru. Keadaan industri baru bagi kita, kita menjalani semangat yang menggebu. Itu yang akhirnya sampai di single baru ini,” kata Brian dalam jumpa pers single ‘Film Favorit’ Kemang, Jakarta Selatan, Senin (29/1).
ADVERTISEMENT
“Nuansanya yah kita pengin punya yang anthemic, gagah atau cowok banget secara sound dan beat,” tambahnya.
Menurut Brian, semangat dan motivasi baru itu juga coba disampaikan lewat lirik yang dibuat oleh sang gitaris, Eross Candra. Brian mengaku bahwa lirik yang dibuat Eross seolah menggambarkan suatu semangat dan perjuangan yang keras.
“Eross punya lirik yang menggambarkan, kita cowok memperjuangkan sesuatu kepada orang yang kita cintai,” kata Brian.
Dalam kesempatan yang sama, Eross mengaku bahwa lagu ini memang bercerita soal kehidupan anak-anak zaman sekarang. Judul tersebut dipilih karena kehidupan anak milenial menurutnya banyak dipengaruhi oleh film.
Lagu 'Film Favorit' Gambarkan Semangat Baru Sheila On 7 di Jalur Indie (110634)
Sheila On 7 (Foto: Munady Widjaja)
“Anak-anak zaman sekarang jadi lebih mudah terbawa suasana karena film, ‘Saya akan memperjuangkan kamu seperti di film itu’. Jadi kenapa judulnya ‘Film Favorit’, karena itu,” jelas Eross.
ADVERTISEMENT
Meski telah memilih jalur indie, Eross mengaku secara umum tidak ada yang berbeda dalam proses penggarapan saat SO7 masih berada di bawah major label. Namun, ada satu hal yang ingin dipersembahkan dalam single ini, yakni keterlibatan music director untuk memperkaya ide, serta mengarahkan proses rekaman.
“Di sini kita pengin coba pakai music director sebagai pihak luar yang mencoba memberikan jalan tengah, (masukan) apa yang ada di kita, dan bagaimana tanggapan mereka,” katanya.
Lagu 'Film Favorit' Gambarkan Semangat Baru Sheila On 7 di Jalur Indie (110635)
Sheila On 7 (Foto: Munady Widjaja)
Music director yang terlibat dalam single ini ialah Tomo Widayat dan Tama Wicitra. Sebelumnya mereka membantu penggarapan musik Seventeen, Shae, dan Ghaitsa Kenang.
Adam Muhammad Subarkah, yang juga ditemui dalam kesempatan yang sama, mengaku bahwa proses pengerjaan proyek single ini sudah dimulai sejak tahun 2016. Namun, penggarapan baru selesai pada akhir 2017.
ADVERTISEMENT
Adam juga berharap single ini mampu menjadi keran pembuka munculnya single-single lain. Bahkan tak menutup kemungkinan berujung pada lahirnya album baru
“Jadi memang ini berangkat 507 Records, InsyaAllah akan diikuti single berikutnya. Makanya setelah itu, melihat single 'Film Favorit' ini, rencana arahnya ke album berikutnya setelah indie,” tambahnya.
Single ‘Film Favorit’ ini sudah bisa dinikmati di radio-radio dan berbagai layanan streaming digital. Selain mampu mengobati rasa rindu ‘Sheila Gank’--sebutan penggemar Sheila On 7--single ini juga mengawali perjalanan SO7 di jalur indie.