kumparan
18 Februari 2019 13:27

Mandala Shoji Bagi-bagi Al-Quran di Tahanan

Mandala Shoji
Mandala Shoji Foto: Munady
Artis sekaligus eks caleg DPR RI dari PAN, Mandala Shoji, kini harus mendekam di balik jeruji besi. Ia divonis tiga bulan penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat karena melanggar aturan pemilu.
ADVERTISEMENT
Mandala dinyatakan terbukti membagikan kupon umrah saat kampanye kepada masyarakat di Pasar Gembrong Lama, Johar Baru, Jakarta Pusat. Tak cuma hukuman penjara, ia juga harus membayar denda Rp 5 juta subsider satu bulan penjara.
Mandala sempat mengajukan banding atas vonis tersebut. Namun ditolak oleh Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.
Marida Dhenova, istri Mandala Shoji
Marida Dhenova, istri Mandala Shoji. Foto: Giovanni/kumparan
Mandala Shoji mendekam di Rutan Salemba sejak 8 Februari lalu. Di sana, pria berusia 36 tahun itu harus berbagi sel dengan sembilan orang lainnya.
Ditemui di kawasan Tendean, Mampang, Jakarta Selatan, Senin (18/2), istri Mandala, Maridha Deanova, mengatakan, sang suami sudah terbiasa tidur bersama dengan banyak orang.
“Dia ini biasa itikaf di masjid. Jadi, ketika sekarang tidur sekamar sembilan orang tidur di lantai bagi dia ‘Udah biasa Bunda, malah seru’,” kata Maridha.
ADVERTISEMENT
Kendati demikian, Mandala tentu merasakan perbedaan. Sebab, ia tak bisa tidur bersama dengan istri dan anak-anaknya untuk beberapa bulan ke depan.
“Jadi yang biasa aku tidur sama kamu, sama anak-anak sekarang aku tidur bareng-bareng saudara-saudara orang kapak merah, orang yang tatoan, mantan pembunuh, pencuri, preman Priok, ada yang anak buahnya Pak Hercules,” ucap Maridha menirukan perkataan Mandala.
Mandala Shoji, istrinya di Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat
Mandala Shoji dan istrinya di Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat. Foto: Paulina Herasmaranindar/kumparan
Berada di Rutan Salemba membuat Mandala harus beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Ia kerap berkomunikasi dengan sesama tahanan. Bahkan, ia juga sering mengajak mereka salat bersama.
Maridha bercerita pernah suatu hari Mandala meminta dibawakan Al-Quran. Rupanya, Al-Quran itu bukan hanya digunakan oleh pria kelahiran Surabaya ini.
“Dia bagi-bagi Al-Quran, satu sel dikasih satu Al-Quran, yang biasanya mereka cuma ngelamun, enggak ada kerjaan seharian, sekarang mereka baca Al-Quran,” tutur Maridha.
Mandala Shoji atau Mandala Abadi
Mandala Shoji atau Mandala Abadi. Foto: Panwascam Joharbaru
Mendekam di penjara membuat Mandala Shoji harus hidup dalam keterbatasan. Tak cuma ruang gerak, tapi juga ia harus menikmati makanan seadanya. Beda ketika dia masih menghirup udara bebas.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, menurut Maridha, suaminya tak mengeluh dengan kondisinya. “Kalau dia mah kuat, suamiku luar biasa,” tutupnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan