kumparan
25 Mei 2018 14:21 WIB

Mawar De Jongh Merasa Memiliki Kesamaan dengan Annelies 'Bumi Manusia'

Mawar De Jongh (Foto: Giovanni/kumparan)
Aktris Mawar De Jongh dipercaya memerankan sosok Annelies di film ‘Bumi Manusia’, yang diangkat dari novel karya Pramoedya Ananta Toer. Mawar mengaku memiliki kesamaan dengan tokoh Annelies.
ADVERTISEMENT
Menurut perempuan berusia 16 tahun itu, persamaannya dengan anak dari Nyai Ontosoroh itu adalah dari segi sikap. “Aku juga cengeng kebocahan dan aku ngerasa sensitif serta enggak punya banyak teman,” kata Mawar saat ditemui di kawasan Gamplong, Sleman,Yogyakarta, Kamis (24/5) malam.
Konferensi Pers Film Bumi Manusia (Foto: Giovanni/kumparan)
Rupanya, Mawar sama sekali tidak pernah membaca novel ‘Bumi Manusia’. Setelah tergabung dalam film ‘Bumi Manusia’, ia langsung membaca novel yang diterbitkan pada tahun 1980 itu. Ia merasa kagum dengan cerita dalam novel tersebut.
“Sebelumnya aku belum pernah tahu, jujur belum pernah baca. Tapi setelah aku masuk film ini, langsung aku baca dan aku terkagum-kagum banget, sih,” ucap Mawar.
Tantangan pun dirasakan perempuan kelahiran Medan ini dalam memerankan sosok Annelies. “Kesulitan jadi Annelies ini orang yang rapi banget, enggak punya teman, keluargannnya rumit. Terkadang kalau aku enggak konsep, aku enggak bisa bayangi itu. Sulit sih,” tutur Mawar.
ADVERTISEMENT
Kesulitan lainnya adalah Mawar harus bicara dengan logat Belanda. Meski blasteran Medan-Belanda, menurut dia, hal itu bukanlah sesuatu yang mudah baginya.
“Belum (dapat logat Belanda) justru itu yang susah. Kalau logat Belanda zaman dulu kan katanya lebih sopan dari yang sekarang. Jadi pasti susah,” ucap Mawar.
Konferensi Pers Film Bumi Manusia (Foto: Giovanni/kumparan)
Meski awalnya merasa minder karena bakal diarahkan oleh Hanung, Mawar mengaku kini menikmati bermain dalam film ‘Bumi Manusia’. Sebab, ia bisa bertemu dengan teman-teman baru, salah satunya adalah Iqbaal Ramadhan, yang menjadi lawan mainnya.
Dalam film ‘Bumi Manusia’, Iqbaal dipercaya untuk memerankan sosok Minke. “Senang sih, maksudnya ketemu orang baru yang lebih berpengalaman,” ungkap Mawar.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan