kumparan
1 April 2019 15:01

Melihat Perjalanan Karier Pongki Barata: dari Jikustik hingga Solois

throwback, Pongki Barata
Pongki Barata Foto: Infografik: Putri Sarah Arifira/kumparan
Stefanus Pongki Tri Barata atau yang biasa dikenal dengan nama Pongki Barata merupakan salah satu musisi yang cukup lama berkecimpung di belantika musik Tanah Air.
ADVERTISEMENT
Berawal dari grup band Jikustik hingga saat ini memiliki band bernama The Dangerous Band, bagaimana sih, perjalanan pria 41 tahun selama berkarier. Berikut ulasannya.
Pongki Barata lahir di Pontianak, 16 November 1977. Ia merupakan bungsu dari tiga bersaudara dan lulusan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Keinginannya untuk bergelut di dunia musik didukung dengan teman-teman yang juga mempunyai keinginan yang sama. Sebab Pongki mengaku bahwa dirinya satu sekolah dengan Ardi Nurdin alias Dadi yang kini masih menjadi gitaris dari grup band Jikustik.
"Saya 10 tahun enggak pernah ngobrol dengan mas Dadi. Padahal saya satu SMA dengan mas Dadi," kata Pongki Barata saat konser Jikustik Reunian di Yogyakarta, Jumat (29/3).
Pongki kemudian menjadi bagian dari grup band Jikustik pada tahun 1996 hingga 2008. Selama kurang lebih 12 tahun bersama, sejumlah lagu ciptaan dan nyanyiannya berhasil memikat masyarakat. Antara lain, lagu 'Maaf', '1000 Tahun Lamanya', 'Setia', hingga 'Akhiri Ini Dengan Indah'.
ADVERTISEMENT
Kendati demikian, Pongki memutuskan hengkang dari Jikustik. Ia mengaku ingin menentukan jalan hidupnya sendiri.
Setelah tak lagi bersama Jikustik, Pongki bergabung dalam grup band 'The Dance Company' sekitar tahun 2008. Dalam band tersebut, Pongki ditemani dengan Nugie, Ariyo Wahab, serta Baim. Lagu-lagu yang dibawakan oleh grup tersebut antara lain 'Papa Rock n Roll' dan 'Coba Kau Bayangkan'.
Selain masih aktif di grup band 'The Dance Company', suami dari artis Sophie Navita tersebut juga membentuk band bernama 'The Dangerous Band'.
Tak hanya urusan band, pelantun lagu 'Maaf' tersebut juga sempat berduet nyanyi bersama dengan istrinya, Sophie Navita. Lagu-lagu yang pernah dibawakan oleh pasangan tersebut di antaranya, 'Stay Close' dan 'Setia'.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Pongki Barata pernah membuat album solo berjudul 'Sunrise' yang dirilis pada tahun 2011. Sebanyak delapan lagu tersedia dalam album tersebut.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan