Membandingkan Proses Hijrah Arie Untung dan Teuku Wisnu

11 Juli 2018 17:39 WIB
clock
Diperbarui 14 Maret 2019 21:07 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Arie Untung dan Teuku Wisnu (Foto: Munady/Intan/kumparan)
zoom-in-whitePerbesar
Arie Untung dan Teuku Wisnu (Foto: Munady/Intan/kumparan)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kehidupan di dunia yang sementara pada akhirnya membawa banyak artis Indonesia mengesampingkan popularitas dan kehidupan glamor mereka. Kini, mereka fokus berhijrah dan memperdalam ilmu agama.
ADVERTISEMENT
Arie Untung dan Teuku Wisnu merupakan sosok artis, suami, dan ayah yang sempat melalui berbagai pergolakan batin sebelum mantap memperdalam agama. kumparan ingin membandingkan awal karier keduanya di dunia hiburan hingga mantap berhijrah bersama dengan istri mereka masing-masing. Simak ulasannya berikut ini.
1. Karier keartisan
Transformasi Arie K Untung (Foto: YouTube/Munady)
zoom-in-whitePerbesar
Transformasi Arie K Untung (Foto: YouTube/Munady)
Arie Untung memulai karier keartisannya di awal era 2000-an. Kala itu, Arie adalah VJ di acara musik yang tenar di kalangan remaja, MTV. Ya, Arie adalah lulusan MTV VJ Hunt.
Sempat mencicipi industri musik Indonesia lewat band bertajak Taboo, pekerjaannya sebagai VJ membawa Arie ke industri film. Pada 2004, Arie terpilih untuk ikut berperan di film 'Brownies' bersama beberapa aktor dan aktris yang jauh lebih berpengalaman, seperti Marcella Zalianty dan Bucek Depp.
ADVERTISEMENT
Pernah menjadi VJ, anak band, dan pemain film, nama Arie ternyata kian populer setelah ia menjadi presenter di acara variety show bertajuk 'Gong Show'. Karena tingkahnya yang konyol, ia juga sempat dipercaya sebagai salah satu aktor di sitkom 'Tawa Sutra' selama 2 tahun.
Transformasi Teuku Wisnu (Foto: YouTube.com/Munady)
zoom-in-whitePerbesar
Transformasi Teuku Wisnu (Foto: YouTube.com/Munady)
Sama-sama mengawali karier melalui ajang MTV VJ Hunt, nasib Teuku Wisnu tak seberuntung Arie. Di ajang MTV VJ Hunt 2006, Wisnu hanya sanggup masuk ke jajaran sepuluh besar saja.
Namun, MTV VJ Hunt memperkenalkan Wisnu pada dunia keartisan lebih jauh lagi. Bersama beberapa aktor muda seperti Oka Antara, Dude Harlino, dan Big Dicky, Wisnu berkesempatan mendapat peran di film pertamanya 'Gue Kapok Jatuh Cinta'.
Jika Arie meraih ketenaran sebagai presenter dan pemeran di acara sitkom, nama Wisnu amat bersinar sebagai pemain sinetron. 'Cinta Fitri' merupakan sinetron tersukses yang pernah diperankan oleh Wisnu, terbukti dari eksistensinya selama lebih dari 3 tahun mengudara.
ADVERTISEMENT
2. Bertemu pasangan dan menjadi ayah tiga anak
Fenita Arie dan Arie Untung. (Foto: Jafrianto/kumparan)
zoom-in-whitePerbesar
Fenita Arie dan Arie Untung. (Foto: Jafrianto/kumparan)
Ketika menikah pada 2005, Arie sudah menginjak usia 29 tahun, sedangkan Fenita baru berusia 18 tahun. Lantas, bagaimana Arie dan Fenita bertemu?
Ya, menjadi presenter ternyata tak hanya mendatangkan keuntungan material dan popularitas, namun juga jodoh untuk Arie. Arie pertama kali tertarik pada Fenita saat keduanya bertemu sebagai mentor dan murid di sebuah seminar presenter.
Pada Januari 2005, Arie akhirnya menyatakan perasaannya pada Fenita di sebuah acara sosial untuk membantu korban tsunami Aceh. Hanya berselang satu bulan, Arie dan Fenita mantap menikah pada 5 Februari 2005.
Kini, di usia pernikahan yang ke-13 tahun, Arie dan Fenita sudah dikaruniai tiga anak, yakni Misbareta Fathir Gavin Daffa, Misbareta Aisyah Mikhaila, dan Misbareta Yusuf Athalia. Kehidupan rumah tangga mereka pun adem ayem dan jauh dari gosip miring.
Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu (Foto: Instagram/@shireensungkar)
zoom-in-whitePerbesar
Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu (Foto: Instagram/@shireensungkar)
Setali tiga uang dengan Arie, profesi juga akhirnya membawa Teuku Wisnu pada jodohnya. Shireen Sungkar yang sempat lama menjalin hubungan dengan Aldy Fairuz akhirnya terpincut dengan pesona Wisnu, lawan mainnya di sinetron 'Cinta Fitri'.
ADVERTISEMENT
Enggan melewatkan kesempatan emas, Wisnu memberanikan diri untuk membawa Shireen ke tanah kelahirannya, Banda Aceh, untuk menikah pada 17 November 2013. Kini, Wisnu dan Shireen telah dikaruniai tiga orang anak, Teuku Adam Al Fatih, Cut Hawwa Medina Al Fatih, dan Cut Shafiyyah Mecca Alfatih.
Meski kehidupan mereka sudah jauh lebih religius dan agak menjauh dari dunia hiburan, Wisnu dan Shireen kerap tersandung gosip-gosip miring. Akhir-akhir ini, Wisnu sempat digosipkan hendak memadu Shireen dan mantap berpoligami.
Agak gusar dengan gosip tersebut, Wisnu dan Shireen sempat ingin membawa oknum yang menyebarkan gosip tersebut ke ranah hukum. Kendati sudah mencoreng nama baiknya dan membuat keluarga sedih, hingga saat ini Wisnu dan Shireen tak pernah benar-benar membuat laporan hoax tersebut.
ADVERTISEMENT
3. Hijrah setelah sempat larut dalam kenikmatan duniawi
Arie Untung saat memberikan sambutan (Foto: Garin Gustavian Irawan/kumpran)
zoom-in-whitePerbesar
Arie Untung saat memberikan sambutan (Foto: Garin Gustavian Irawan/kumpran)
Saat usianya masih muda, Arie rupanya sempat menjalani kehidupan yang bertentangan dengan ajaran agama. Sudah tersohor sebagai VJ MTV, ia seakan tenggelam dalam nikmat duniawi berkat popularitasnya tersebut.
"Pokoknya bagaimana caranya supaya yang saya lihat itu dunia, bagaimana yang dari manusia itu adalah target utama, pujian-pujian, dan lainnya," ujar Arie ketika ditemui kumparan di kediamannya di kawasan Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.
Bukan cuma menjalani hidup secara duniawi, Arie bahkan sempat mengungkapkan bahwa dia pernah berpikir untuk murtad bersama kekasihnya yang berbeda agama sebelum mempersunting Fenita.
Layaknya boomerang, keinginan murtad Arie justru berujung pada keinginannya yang semakin besar untuk memperdalam agama. Kini, Arie mantap berhijrah tanpa meninggalkan dunia hiburan.
ADVERTISEMENT
Bermodalkan ketenaran yang ia peroleh, Arie kerap mengikuti dan menyuarakan berbagai kegiatan keagamaan. Arie diketahui sempat mengikut kajian dari Ustaz Somad bersama beberapa artis lain, seperti Dimas Seto, Dewi Sandra, dan Virgoun. Ia juga sangat aktif terlibat dalam kegiatan bela Palestina.
Teuku Wisnu (Foto: Intan Alfitry Novian/kumparan)
zoom-in-whitePerbesar
Teuku Wisnu (Foto: Intan Alfitry Novian/kumparan)
Sama seperti Arie, Wisnu juga mulai mendapat hidayah untuk berhijrah setelah lama larut dalam kehidupan duniawi di dunia hiburan. Uang di dunia hiburan yang menggiurkan akhirnya melunturkan keinginannya untuk beribadah dan fokus berkarier, mendulang kekayaan dan popularitas.
"Dulu, saya orangnya duniawi banget waktu syuting sinetron. Mindset saya, saya akan bahagia kalau punya uang," begitu pengakuan Wisnu saat menyambangi kantor kumparan beberapa waktu lalu.
Setelah lama menjalani hidup yang jauh dari ajaran agama, Wisnu mulai sadar dan merasa bersalah. Ia kembali sering beribadah, seperti kebiasaannya selama masih menjadi remaja saleh di kampung halamannya.
ADVERTISEMENT
Kini, Wisnu mantap berhijrah. Gaya berpakaiannya pun sudah berubah dengan tak pernah menata rambut dengan gaya-gaya aneh, menumbuhkan janggut, dan kerap menghadiri berbagai acara dengan pakaian sesuai sunah Rasullulah SAW. Demi fokus beribadah, Wisnu juga kini fokus berdagang ketimbang mengejar karier keartisan.
“Berkarier kan enggak harus di entertainment, kan bisa berdagang. Itu kan bisa juga punya usaha sendiri, usaha di mana mungkin saja dia bisa keluar rumah,” jelasnya.
4. Tak pernah memaksa istri ikut berhijrah
Satu kesamaan yang ada dalam proses hijrah Arie dan Wisnu adalah, cara mereka membebaskan istri menentukan jalan iman sendiri tanpa paksaan. Ketika para suami mulai fokus mendalami ilmu agama, Fenita dan Shireen memang tak serta merta berhijrah dan berhijab.
Fenita Arie dan Arie Untung. (Foto: Jafrianto/kumparan)
zoom-in-whitePerbesar
Fenita Arie dan Arie Untung. (Foto: Jafrianto/kumparan)
Fenita mengatakan bahwa ia bahkan awalnya sempat risih melihat Arie yang kerap turun ke jalan ikut demo bela Palestina. Kendati demikian, ia memang merasa malu lantaran tak pernah menemani sang suami salat subuh berjamaah di masjid.
ADVERTISEMENT
Fenita baru mulai hijrah mengikuti jejak sang suami sejak awal tahun 2018. Kala itu, Fenita menerima hidayah setelah tertimpa musibah tersiram air panas.
"Ya Allah, ini masih panasnya di dunia, masih air mendidih. Gimana ya, kalau misalnya nanti kena panasnya api neraka? Saya banyak banget, Astaghfirullahalazim, masih banyak dosa, masih banyak banget yang belum saya lakukan," tuturnya.
Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu. (Foto: Instagram @teukuwisnu)
zoom-in-whitePerbesar
Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu. (Foto: Instagram @teukuwisnu)
Sedikit mirip dengan kisah Fenita, Shireen juga pada mulanya belum mantap berhijab ketika Wisnu mulai memperdalam ilmu agama. Kendati tak pernah memaksa, Wisnu memang selalu mengingatkan Shireen untuk lebih mendekatkan diri pada ajaran agama dan Tuhan.
Hidayah pun akhirnya menghampiri Shireen saat ia tengah hamil anak pertama. Di tengah kesakitan yang ia rasakan, Shireen merasa pencobaan tersebut merupakan tamparan dari Tuhan karena dirinya belum juga mau memperdalam agama.
ADVERTISEMENT
"Aku sakit waktu aku hamil Adam, sakit-sakitan terus, sampai kayak aku merasa ditegur sama Allah. Aku kok, enggak pakai-pakai kerudung, ya. Padahal, suami sudah ingetin terus. Kakak aku sudah pakai hijab, Mama aku sudah pakai hijab, tinggal aku doang yang belum," kenangnya.