Muncul Sosok Baru di Konflik Ipay vs Radja Terkait Polemik Lagu Cinderella

19 September 2023 9:00
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Kuasa Hukum Band Radja, Sunan Kalijaga di Polda Metro Jaya, Senin (18/9/2023). Foto: Aprilandika Pratama/kumparan
ADVERTISEMENT
Polemik lagu Cinderella yang dipopulerkan oleh band Radja masih terus bergulir. Teranyar, muncul sosok baru yang ikut terlibat dalam konflik lagu tersebut.
ADVERTISEMENT
Manajer band Radja, Rana Arinansyah, mengatakan bahwa lagu Cinderella tak diciptakan sendiri oleh Ipay. Ada beberapa pihak lain yang ikut membuat lagu tersebut.
"Jadi begini, biar teman-teman juga tahu, terkait lagu Cinderella itu, sebetulnya bukan lagu ciptaan Ipay tunggal," ujar Rana kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Senin (18/9).
Manager Band Radja Rana Arinansyah di Polda Metro Jaya, Senin (18/9/2023). Foto: Aprilandika Pratama/kumparan
"Karena saudara Ipay itu tidak bisa main gitar. Saat itu," sambungnya.
Sosok baru yang muncul dalam konflik ini adalah Jipeng. Ia merupakan eks rekan Ipay di Fresh Band.
Fresh Band merupakan band Ipay yang terdiri dari Hendi sebagai drummer (kini drummer GIGI), Ipay sebagai vokalis, Iman sebagai lead guitarist, Jipeng sebagai rhythm guitarist, dan Amin sebagai bassist.
Jipeng menilai bahwa Ipay tak adil jika hanya menasbihkan dirinya sendiri sebagai pencipta lagu Cinderella. Menurut Jipeng, semua personel band turut terlibat dalam penciptaan lagu tersebut.
Ipay jalani pemeriksaan atas laporannya terhadap Ian Kasela, Polda Metro Jaya, Jumat (15/9/2023). Foto: Giovanni/kumparan
"Karena dia kan satu grup sama saya tuh. Karena bikin lagunya, saya main gitar dan dia bernyanyi. Jadi sama-sama berdua (bikin lagunya)," ungkap Jipeng.
ADVERTISEMENT
"Jadi untuk mengklaim dia sendiri juga nggak bisa begitu," lanjut dia.
Soal Ipay yang disebut tak mahir bermain gitar pun juga diketahui Jipeng. Namun, ia tak mengetahui jika mungkin beberapa tahun belakangan ini Ipay berusaha keras untuk belajar memainkannya.
"Ya kalau saat ini bisa saya nggak tau. Mungkin dia udah belajar," kata Jipeng.

Awal Mula Polemik Lagu Cinderella Radja vs Ipay

Dalam kasus ini, nama Ipay mencuat usai jadi bintang tamu di podcast yang ditayangkan di akun YouTube dunia MANJI. Anji yang membawakan acara di video tersebut memperkenalkan Ipay sebagai pencipta asli lagu Cinderella yang dinyanyikan Radja.
Ipay menyebut Ian Kasela membawakan lagu ciptaannya, Cinderella, tanpa memberi royalti kepadanya. Ipay pun menuntut Ian dkk membayar royalti sebesar Rp 20 miliar kepadanya.
Band Radja Sambangi Kantor Polda Metro Jaya. Foto: Aprilandika Pratama/kumparan
Tak terima, Radja pun melaporkan akun YouTube milik Anji itu atas pelanggaran UU ITE terkait penyebaran konten di media sosial.
ADVERTISEMENT
Laporan Radja terdaftar dengan nomor laporan LP/B/4764/VIII/2023/SPKT/POLDA METRO JAYA. Akun YouTube dunia MANJI dilaporkan dengan Pasal 27 (3) Juncto 45 ayat (3) dan atau Pasal 310 KUHP dan atau Pasal 311 KUHP.
Hal serupa juga dilakukan Ipay yang melaporkan Ian Kasela ke Polda Metro Jaya. Ian dilaporkan terkait penyalahgunaan hak cipta lagu Cinderella.
Laporan tersebut terdaftar dalam nomor laporan LP/B/5193/IX/2023/SPKT/POLDA METRO JAYA. Atas perbuatannya Ian diduga melakukan tindak pidana pasal 112 juncto pasal 113 UU Hak Cipta.