kumparan
Entertainment3 Maret 2020 12:11

Musisi-musisi yang Batalkan Tur Konser di Asia Terkait Virus Corona

Konten Redaksi kumparan
PTR, American Music Awards 2019,  Green Day
Green Day di acara American Music Awards 2019, Los Angeles, California, AS. Foto: REUTERS/Danny Moloshok
Wabah virus corona di Asia semakin merajalela. Hal ini menyebabkan beberapa konser dan tur konser di kawasan Asia harus ditunda.
ADVERTISEMENT
Siapa saja musisi-musisi yang tur konsernya di Asia dibatalkan? Berikut rangkuman kumparan.
American Music Awards 2019,  Green Day
Green Day di acara American Music Awards 2019, Los Angeles, California, AS. Foto: REUTERS/Danny Moloshok

1. BTS

BTS
Boyband BTS. Foto: Twitter/BigHitEnt
BTS membatalkan konser solo mereka yang bertajuk Map of The Soul Tour Seoul. Penyebabnya, tak lain karena wabah virus corona yang kini sedang merebak di Korea Selatan.
Pembatalan ini diumumkan BTS melalui situs komunitas fans, BTS Weverse, Jumat (28/2). Dalam pengumumannya Big Hit Entertainment selaku agensi BTS menjelaskan, pembatalan ini merupakan hasil pertimbangan yang cukup lama.
"Dengan sangat menyesal kami mengumumkan bahwa konser BTS, Map of The Soul Tour Seoul yang dijadwalkan pada 11, 12, 18, dan 19 April di Olympic Stadium harus dibatalkan."
Setelah Seoul, BTS juga seharusnya melakukan tur konser di AS, Eropa, dan beberapa negara Asia seperti Jepang hingga September mendatang. Namun, hal ini kelihatannya belum akan terwujud.
ADVERTISEMENT

2. Avril Lavigne

Avril Lavigne
Avril Lavigne. Foto: AFP
Seharusnya, Avril Lavigne memulai tur Asianya, Head Above Water World Tour, di Shenzhen, China, pada 23 April mendatang. Tapi, penyanyi lagu I'm With You itu akhirnya mengumumkan tur Asianya hingga 24 Mei mendatang dibatalkan.
"Dengan sedih, aku mengumumkan bahwa kami tidak bisa melakukan tur ke Asia karena adanya virus corona. Band-ku, kruku, dan aku sendiri telah bekerja keras mempersiapkan tur ini, dan kamu lumayan dongkol. Aku minta kalian semua menjaga diri agar tetap sehat. Kalian selalu ada di benak dan doaku, dan kami berharap bisa mengumumkan jadwal koner yang sudah di-recshedule," tulis Lavigne lewat akun Twitter-nya.

3. Stormzy

Stormzy
Stormzy Foto: REUTERS/Hannah McKay
Pada 13 Februari lalu, Stormzy mengumumkan dia akan menunda tur Asianya karena adanya virus corona. Sebelumnya, dia sudah dijadwalkan untuk tampil di Jepang, China, dan Korea Selatan pada 27-29 Maret mendatang.
ADVERTISEMENT

4. Khalid

Grammy Awards, Khalid
Khalid. Foto: AFP/Robyn Beck
Konser Khalid di sejumlah negara di Asia ditunda karena masalah kesehatan. Enggak terkecuali konsernya di Jakarta. Kabar ini disampaikan langsung oleh tim manajemen dari Khalid.
"Karena masalah kesehatan di sejumlah negara di Asia, Khalid akan menunda turnya. Kesehatan dan keamanan para penggemar, juga tim dan semua yang terlibat adalah prioritas kami. Jadwal terbaru untuk tur Asia akan diumumkan dalam waktu dekat," jelas mereka, dari keterangan tertulis yang diterima kumparan pada 14 Februari lalu.

5. Green Day

American Music Awards 2019,  Green Day
Green Day di acara American Music Awards 2019, Los Angeles, California, AS. Foto: REUTERS/Danny Moloshok
Band yang beranggotakan Mike Dirnt, Billie Joe Armstrong, dan Tre Cool ini terpaksa menunda Hella Mega Tour mereka di Asia karena virus corona. Seharusnya, mereka tampil di Singapura, Bangkok, Manila, Taipei, Hong Kong, Seoul, Osaka, dan Tokyo pada awal Maret.
ADVERTISEMENT
"Sayangnya, kami telah membuat keputusan yang sulit untuk menunda pertunjukan kami yang akan datang di Asia karena masalah kesehatan dan virus corona. Kami tahu itu menyebalkan, karena kami berharap dapat melihat kalian semua. Berpeganglah pada tiketmu. Kami akan menjadi mengumumkan tanggal baru segera," jelas Green Day lewat pernyataan di situs resminya.
Infografik - Pembatalan konser
Pembatalan konser. Foto: Andri Firdiansyah Arifin/kumparan
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan