Entertainment
·
10 Juli 2020 12:34

Papa T Bob Sebelum Meninggal Sempat Soroti Kemiripan Lagu Kekeyi dengan Karyanya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Papa T Bob Sebelum Meninggal Sempat Soroti Kemiripan Lagu Kekeyi dengan Karyanya (265529)
Papa T Bob. Foto: Instagram/ @papatbob_official
Kabar duka datang dari dunia hiburan Indonesia. Pencipta lagu anak, Erwanda Lukas atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Papa T Bob, meninggal dunia pada Jumat (10/7).
ADVERTISEMENT
T Bob meninggal di usia 63 tahun. Meninggalnya Papa T Bob telah dikonfirmasi oleh anak laki-lakinya, T Bob Vargo.
"Iya benar (Papa T Bob meninggal)," ucap T Bob Vargo, saat dihubungi kumparan Jumat siang.
Vargo mengatakan Papa T Bob mengembuskan napas terakhirnya di rumah. "Ini sekarang lagi mau dibawa ke rumah sakit," ujarnya.
Papa T Bob Sebelum Meninggal Sempat Soroti Kemiripan Lagu Kekeyi dengan Karyanya (265530)
Papa T Bob Foto: IG @papatbob_official
Sebelum meninggal, nama Papa T Bob sempat mencuat beberapa bulan belakangan, karena kegusarannya terhadap Kekeyi. Kegusaran muncul ketika Kekeyi mengunggah lagu Keke Bukan Boneka yang viral di media sosial.
Menurut Papa T Bob, nada di reff di lagu itu memiliki kesamaan dengan reff di lagu karangannya, yakni Menulis di Atas Kertas. Di era '90-an, lagu itu sempat dipopulerkan oleh grup vokal cilik 5 Anak Centil.
ADVERTISEMENT
Kala itu, Papa T Bob diwakili sang anak, T Bob Vargo, mengaku sudah bicara pada pihak Kekeyi. Namun, ia kecewa, karena bukan pihak Kekeyi yang menghubungi dirinya lebih dulu.
Papa T Bob Sebelum Meninggal Sempat Soroti Kemiripan Lagu Kekeyi dengan Karyanya (265531)
Tbob Vargo, anak Papa T Bob. Foto: Dok. Tbob Vargo
"Saya disuruh menghubungi manajemennya. Kok, kebalik, mustinya manajemen yang hubungi kita. Di sini, saya stick to the plan, saya menunggu respons baiknya. Yang saya tahu, dia enggak ada manajemen," jelas T Bob saat dihubungi kumparan via telepon.
Pihak Papa T Bob pun menyatakan, siap melakukan beberapa langkah untuk mengurus masalah ini. Langkah pertama, secara kekeluargaan. Jika tak ada respons, dia aka menjalani langkah ke-2, yakni mediasi lewat media.
"Saya paham, dia lagi bingung. Saya pengin clear-in aja di sini kalau masih dioper-oper, naik ke level tiga, ada pengacara, ini jadi serius nanggepinnya. Somasi, kirim surat ke dia," jelas T Bob.
Papa T Bob Sebelum Meninggal Sempat Soroti Kemiripan Lagu Kekeyi dengan Karyanya (265532)
Papa t Bob. Foto: Instagram / @papatbob_official
Sebenarnya, pihak Papa T Bob menghargai jerih payah Kekeyi membuat lagu Keke Bukan Boneka. Namun, ada rasa kecewa ketika Kekeyi terlihat seolah tak peduli pada hak cipta sebuah karya.
ADVERTISEMENT
"Kalau udah ketahuan seperti ini, lebih baik, 'kan, kulo nuwun (permisi). Kita masih kekeluargaan, kok, enggak ruwet-ruwet. Tetap kita hargain effort-nya dia. Cuma, salah di sini, ada part-nya Papa T Bob dipakai buat reff-nya. Reff-nya, 'kan, jualannya. Kata orang, racunnya di situ," tutup T Bob Vargo.
Hingga akhir hayatnya, belum diketahui apakah permasalahan Kekeyi dengan Papa T Bob terkait kemiripan lagu, sudah selesai atau belum.
***
Saksikan video menarik di bawah ini: