Entertainment
·
14 Januari 2020 8:15

'Parasite' Dapat 6 Nominasi Oscar 2020

Konten ini diproduksi oleh kumparan
'Parasite' Dapat 6 Nominasi Oscar 2020 (446578)
Poster film 'Parasite'. Dok: IMDb
Academy Awards atau Oscar 2020 rencananya akan digelar pada 9 Februari mendatang. Semalam, Senin (13/1), daftar nominasi dari total 24 kategori yang dihadirkan telah diumumkan.
ADVERTISEMENT
Secara mengejutkan, 'Joker' karya sutradara oleh Todd Phillips menjadi film adaptasi komik superhero pertama yang mendapat nominasi terbanyak, yakni 11 nominasi. Film tersebut mengungguli film 'The Irishman', 'Once Upon a Time in Hollywood', dan '1917' yang masing-masing hanya mendapat 10 nominasi.
Kejutan lain datang dari 'Parasite', film Korea Selatan pertama yang masuk nominasi Oscar. Film yang disutradarai oleh Bong Joon Ho itu mendapat enam nominasi, termasuk 'Best Pictures'.
'Parasite' Dapat 6 Nominasi Oscar 2020 (446579)
Adegan dalam film 'Parasite'. Dok: IMDb
Peluang 'Parasite' memenangkan kategori paling bergengsi di Oscar itu agaknya tidak terlalu besar. Sebab, ia dihadapkan dengan setidaknya lima film keren, yakni 'The Irishman', 'Joker', '1917', 'Once Upon a Time in Hollywood', dan 'Little Women'.
Dari total enam nominasi, mungkin 'Parasite' setidaknya bisa memenangkan tiga. Nominasi pertama yang mungkin dimenangkan adalah 'Best Director' untuk Bong Joon Ho.
ADVERTISEMENT
Di kategori itu, Joon Ho dihadapkan dengan dua sutradara Hollywood paling bersinar di 2019, yakni Todd Phillips dan Martin Scorsese. Tapi, jika pun gagal menang, ia masih bisa memenangkan nominasi 'Original Screenplay'.
'Parasite' Dapat 6 Nominasi Oscar 2020 (446580)
Film 'Parasite' mendapat penghargaan trophy Golden Globe Awards ke 77 di Beverly Hills, California, Amerika Serikat. Foto: Paul Drinkwater / NBCUniversal / via REUTERS
Satu hal yang hampir bisa dipastikan, 'Parasite' akan memenangkan nominasi 'Best International Feature Pictures'. Film 'Pain and Glory' yang membawa Antonio Banderas menjadi nominasi di kategori 'Best Actor' mungkin bisa menjadi lawan paling sengit.
'Parasite' juga mendapat nominasi di kategori 'Film Editing'. Namun, 'Joker' dan 'The Irishman' bisa dikatakan sebagai kandidat utama yang memenangkan kategori itu.
Video
Untuk kategori 'Production Design', film 'Parasite' harus melawan film-film hebat, seperti 'The Irishman' dan '1917'. Ya, biarpun tidak memenangkan semua nominasi yang didapat, setidaknya 'Parasite' telah sukses membuat sineas Asia diakui oleh industri Amerika Serikat.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, film yang bercerita tentang kehidupan keluarga Ki-taek itu telah memenangkan 1 dari 3 nominasi di Golden Globe Awards 2020. Penghargaan yang dimenangkan adalah 'Best Foreign Language Film'.