kumparan
26 Maret 2020 13:50

Pihak Karen Idol Sebut Arya Claproth Pernah Mengakui Alami Gangguan Kejiwaan

PTR- Pemakaman Anak Karen Idol
Karen menuju lokasi pemakaman anaknya Zefania Carina, di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Minggu (9/2). Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Arya Satria Claproth berencana melaporkan Karen Idol terkait pencemaran nama baik. Hal ini terkait pernyataan Karen yang menyebutkan bahwa Arya pernah dirawat di rumah sakit jiwa selama empat tahun.
ADVERTISEMENT
Pihak Karen diwakili kuasa hukumnya, Wemmy Amanupunyo, mengaku tak khawatir dengan rencana pelaporan tersebut. Sebab, kata Wemmy, Karen sudah mengonfirmasi hal tersebut langsung pada dokter yang menangani Arya pada akhir tahun 2019 lalu.
“Tujuannya, Karen pengin tahu, betul enggak Arya pernah dirawat di sana. Betul (jawabannya),” ucap Wemmy, ketika dihubungi kumparan lewat telepon, Kamis (26/3).
Karen Idol di Polres Jakarta Selatan
Karen Idol di Polres Jakarta Selatan, Kamis (13/2). Foto: Maria Gabrielle Putrinda/kumparan
Meski demikian, Karen Idol memang tak bisa mengambil rekam medis milik Arya. Karena berdasarkan prosedur, hanya pasien sendiri dan perintah pengadilan yang dapat mengambil rekam medis tersebut.
Sebelumnya, Karen menyebutkan bahwa sang suami pernah mendapat perawatan atas gangguan kejiwaan.
Namun, hal ini rupanya dilontarkan berdasarkan pengakuan Arya selama keduanya masih akur dalam rumah tangga yang mereka bangun.
ADVERTISEMENT
Menurut Wemmy, kepada Karen, Arya mengaku gangguan kejiwaan yang dialaminya. Guncangan kejiwaan tersebut, didapat Arya selepas kepergian sang ibunda. Arya sempat dirawat sebelum keduanya menikah.
“Gini, yang empat tahun ini, Karen kan sudah menikah 7 tahunan, pasti banyak dong cerita negatif dan positif yang Arya ceritakan. Namanya masih sayang-sayangan kok, ‘Dulu saya pernah dirawat’ itu pengakuan Arya sendiri,” tutur Wemmy.
Arya Satria Claproth
Arya Satria Claproth Mendatangi Polres Jakarta Selatan, Kamis (5/12). Foto: Giovanni/kumparan
“Pernah dirawat karena orang tuanya yang perempuan meninggal, jadi depresi segala macem, sampai Karen tahu penyakitnya Arya. Sebelum menikah, kan enggak mungkin Karen bisa ngomong kayak gitu kalau enggak ada pengakuan dari Arya sebagai suaminya pada saat itu,” tambahnya.
Wemmy tak menyebutkan pasti rentang tahun kapan Arya dirawat karena gangguan kejiwaan. Namun, dia menegaskan bahwa pengakuan Arya kepada Karen ini sudah dibenarkan oleh dokter yang bersangkutan.
ADVERTISEMENT
“Iya itu pengakuan Arya, dokter hanya mengonfirmasi pernah. Yang pasti setelah ibunya meninggal, dia mengalami goncangan itu dan dirawat dan itu ada bukti rekam medisnya,” pungkas kuasa hukum Karen Idol itu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan