kumparan
search-gray
Entertainment7 Januari 2020 11:09

Rano Karno Yakin Aminah Cendrakasih Bisa Dapat Nominasi FFI 2020

Konten Redaksi kumparan
(NOT COVER) Aktor Rano Karno
Aktor Rano Karno. Foto: Ronny/kumparan
Aktris senior Aminah Cendrakasih telah berkarier sejak era '50-an. Ia berperan di banyak film populer, seperti 'Asmara Dara' (1958), 'Intan Berduri' (1972), dan 'Ken Arok - Ken Dedes' (1983).
ADVERTISEMENT
Memasuki era '90-an, Aminah dipercaya untuk berperan sebagai Mak Nyak, ibunda Doel, di sinetron 'Si Doel Anak Sekolahan'. Di sinetron itu, ia dipasangkan dengan seniman legendaris Betawi, Benyamin Sueb.
Pada 2018, kisah sinetron 'Si Doel Anak Sekolahan' dilanjutkan dengan film 'Si Doel The Movie'. Meski kondisi Aminah kini sudah lemah, bahkan tidak bisa lagi berdiri dan melihat karena penyakit glukoma, ia tetap hadir sebagai Mak Nyak.
Di film Doel yang ke-3 sekaligus terakhir, 'Akhir Kisah Cinta Si Doel', Aminah dipercaya untuk mendapat lebih banyak porsi ketimbang dua film pertamanya.
Aminah Cendrakasih
Aminah Cendrakasih. Foto: Giovanni/kumparan
Rano Karno yang bertugas sebagai pemeran dan sutradara yakin, banyak orang akan suka dengan penampilan Aminah di film yang akan tayang pada 23 Januari mendatang.
ADVERTISEMENT
"Malah, saya yakin Mak Nyak (Aminah) bisa masuk nominasi (Festival Film Indonesia). Minimal untuk kategori 'Peran Pendukung'," ungkap Rano Karno ketika ditemui di kawasan Pondok Aren Tangerang Selatan, Senin (6/1).
Menurut Rano, Aminah masih bisa berakting dengan sangat baik. Selama syuting, ia tidak pernah mengeluh dan selalu berhasil mengeksekusi berbagai adegan dengan baik.
Keluarga Si Doel Berkunjung Ke Rumah ‘Maknyak’ Aminah Cendrakasih
Keluarga Si Doel Berkunjung Ke Rumah ‘Maknyak’ Aminah Cendrakasih. Foto: Dok. Falcon
"Maknyak ini kan sekarang sebenarnya sudah mulai pikun, ya, karena usialah. Tapi, saat mulai diberitahukan skenario, tidak akan terlihat kalau dia pikun. Sangat luar biasa," jelas Rano.
Hal itu membuat Rano merasa Aminah layak untuk mendapat apresiasi dan penghargaan melalui film 'Akhir Kisah Cinta Si Doel'. Mengingat kondisi Aminah Cendrakasih yang kini sudah lansia dan tak mampu melihat, Rano merasa performanya sangat jauh di atas rata-rata.
ADVERTISEMENT
"Biarpun tidak baca skenario gitu, ya, dia selalu paham apa yang dimaksud dalam dialog. Natural sekali dan bagus," kata Rano.
Berbeda dari biasanya, film 'Akhir Kisah Cinta Si Doel' akan tayang serentak tanpa premiere.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white