kumparan
18 Mei 2017 12:57

Reza Rahadian: Keluarga Saya Nasrani, Saya Saja yang Muslim dan Puasa

Reza Rahadian
Aktor Indonesia Reza Rahadian. (Foto: Munady)
Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari. Segala persiapan dan rencana untuk lebaran pun sudah mulai dilakukan oleh sebagian umat muslim. Seperti yang dilakukan oleh aktor Reza yang mengaku mulai mempersiapkan hati untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Selain itu ia juga mengaku akan mengurangi pekerjaan selama bulan ramadhan.
ADVERTISEMENT
"Syuting masih saya keep dulu. 'Critical Eleven' ini film terakhir di tahun ini. Sebetulnya enggak terlalu beda sih, pas syuting di bulan puasa itu malah enggak berasa, ketimbang enggak ada kegiatan sama sekali," ungkap Reza Rahadian saat ditemui di kawasan TMII, Jakarta Timur.
Bintang film 'Critical Eleven' ini pun mengaku punya kerinduan dengan suasana yang terjadi saat bulan puasa.
"Iya kangen dengan suasana buka puasa bareng teman-teman, komunitas, dan keluarga juga. Meskipun keluarga saya tidak merayakan karena keluarga saya Nasrani, saya saja yang muslim dan puasa. Keluarga saya tidak," lanjutnya.
Reza Rahadian
Reza Rahadian menggandeng ibunya di premiere film (Foto: oficialpilarez/Instagram)
Sejak kecil aktor berusia 30 tahun ini memang tumbuh di tengah keluarga yang menganut agama berbeda dengannya. Sang ibu yang menganut agama Nasrani, selalu mengajarkan Reza untuk memiliki sikap saling toleransi di antara umat beragama.
ADVERTISEMENT
Meski dikelilingi dengan keluarga yang non muslim, Reza tetap bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar.
"Puasa itu sudah menjadi kewajiban. Saya enggak tahu mengukurnya gimana, tapi alhamdulillah lancar."
Baca Juga:
Tak hanya diajarkan masalah soal toleransi beragama , bintang film 'My Stupid Boss' ini juga terbiasa untuk menyiapkan menu sahur sendiri. Ia pun merasa cukup dengan menu sederhana dan mengenyangkan.
"Pas sahur memang agak esktra ya , nutrisinya yang lebih, kayak minum susu, jdi bisa full untuk satu hari."
Baca Juga:
Sedangkan untuk menu berbuka puasa, Reza juga cenderung memilih menu yang sederhana, seperti minuman manis.
ADVERTISEMENT
"Es cendol. Pokoknya buka pakai itu dulu. Kalau makanan relatiflah," lanjutnya.
Loading Instagram...
Saat disinggung soal pengalamannya menjalani ibadah puasa, Reza sempat terdiam sejenak untuk berpikir. Setelah itu ia pun menceritakan sebuah kenangan saat ia terpaksa memilih untuk membatalkan puasa.
"Kalau enggak puasa pernah pasti waktu kecil. Sampai sekarang juga sih masih pernah bolong. Ha...ha... terakhir 3 tahun yang lalu," kenang Reza.
Baca Juga:
Loading Instagram...
Lalu apa ya alasan Reza batal puasa sebelum waktu berbuka?
"Karena lapar aja kali ya. Sesederhana itu sih," katanya sambil kembali tertawa.
Tak Punya Tradisi Mudik
Berbeda dengan para selebriti lainnya yang memiliki persiapan Ramadhan termasuk soal tradisi mudik, ternyata Reza tidak terlalu memikirkan hal tersebut. Ia lebih memaknai bulan Ramadhan dengan caranya sendiri ketimbang memikirkan acara kumpul keluarga.
ADVERTISEMENT
Sama seperti Ramadhan sebelumnya, tahun ini pemilik nama lengkap Reza Rahadian Matulessy ini juga tidak punya rencana untuk mudik.
"Enggak ada rencana mudik. Enggak ada rencana kumpul keluarga. Kan cuma saya yang muslim dan puasa, sama sepupu saya. Biasanya cuma ajak sepupu (lebaran bersama)," ungkapnya.
Loading Instagram...
Pria kelahiran Bogor 5 Maret 1987 ini memang tak pernah mempermasalahkan soal tradisi mudik, apalagi seluruh keluarganya yang non-muslim kebanyakan tinggal di Jakarta.
Sejak kedua orang tuanya berpisah, Reza hanya diasuh oleh sang ibu, Pratiwi Widiantini Matulessy. Masa kecilnya pun ia habiskan dengan berpindah-pindah kota. Sejak kecil, ia juga tidak pernah bertemu dengan ayahnya yang berdarah Iran.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan