Entertainment
·
28 Februari 2020 9:42

Sandhy Sondoro Soal Cuitan ‘Monster Hijab’: Saya Melindungi Agama Saya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sandhy Sondoro Soal Cuitan ‘Monster Hijab’: Saya Melindungi Agama Saya (898488)
searchPerbesar
Penyanyi Sandhy Sandoro saat berkunjung ke kantor kumparan, Jakarta, Rabu (19/2). Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Video viral tentang amukan seorang ibu berhijab yang diunggah oleh akun Twitter @rinafarzia, sempat viral beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
Dalam cuitannya, Rina menyebut, video tersebut diambil di gerbong khusus wanita jurusan Jakarta Kota-Bogor pada pukul 21.15 WIB, Sabtu (22/2).
Dalam video tersebut, ibu itu terlihat menarik dan meminta perempuan di depannya untuk berdiri. Ibu itu juga terlihat menjambak dan menampar si perempuan di depannya.
Petugas keamanan KRL terlihat melerai pertengkaran tersebut. Ibu itu juga terdengar berteriak, ''Saya ini orang tua''.
Musisi Sandhy Sondoro, lewat akun Twitternya sempat mengomentari hal tersebut. Kata ‘Monster Berhijab’ bahkan sempat dia lontarkan pula dalam cuitannya. Dari cuitannya itu, Sandhy rupanya mendapat tanggapan sinis dari sebagian warganet.
Namun, ketika ditemui di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (27/2), Sandhy mengaku cuitannya itu bertujuan untuk melindungi agamanya. Ia mengaku rasa cinta pada agama Islam, membuatnya terpikir untuk menulis cuitan tersebut.
ADVERTISEMENT
“Kalau menurut saya, ya saya mencintai agama saya ya. Dan hal seperti itu, menurut saya sebaiknya tidak dilakukan sebagai kita sudah memakai hijab,” ucap Sandhy.
Menurut Sandhy Sondoro, sebagai orang yang beragama sebaiknya bisa menjaga nama baik agamanya. Hal ini tentu penting, agar sebuah agama tak dipandang miring oleh pihak-pihak lain yang berseberangan.
“Dan sebaiknya orang yang sudah memakai pakaian yang sudah menunjukkan bahwa dia, mungkin lebih suci ya, sebaiknya atittude-nya ditahan. Karena itu sudah membawa image agama saya sendiri, supaya lebih baik,” ucap Sandhy.
“Bukan untuk agama kita sendiri, tapi agama lain. Maksudnya, kesannya gimana kalau dilihat (agama lain) kok begini, jadi saya lebih melindungi agama saya, itu aja ya,” tambahnya.
Sandhy Sondoro Soal Cuitan ‘Monster Hijab’: Saya Melindungi Agama Saya (898489)
searchPerbesar
Sandhy Sondoro. Foto: Munady Widjaja
Sandhy mengaku banyak pihak yang salah kaprah dengan cuitannya tersebut. Sejak awal, Sandhy tak pernah berniat untuk menghina pihak manapun.
ADVERTISEMENT
“Ya kalau saya tulis serigala berbulu domba, yang salah serigalanya kan? Saya enggak menghina hijab, enggak menghina juga, saya cuma bilang ‘Monster berhijab’. Kalau orang normal sih orang bisa ngerti ya,” ucap Sandhy.
Lebih lanjut, Sandhy menegaskan dirinya tak pernah bermaksud menghina hijab. Apalagi dia juga termasuk orang yang menjunjung tinggi nilai agama dalam hidupnya.
“Kalau orang beranggapan misalnya, saya enggak menghargai agama saya ya, itu agama saya ya. Kalau enggak menghargai agama saya, enggak mungkin saya sekolahin anak saya di sekolah islam, gitu aja,” tandas Sandhy Sondoro.