kumparan
8 Juni 2018 9:56

Sarah Akan Memberi Jawaban Setelah Tinggalkan Doel Selama 14 Tahun

Cornelia Agatha (Foto: Giovanni/kumparan)
Lama tak tampil di layar kaca, aktris Cornelia Agatha siap kembali menyapa para penggemarnya bersama seluruh keluarga Si Doel. Ya, sosok perempuan yang akrab dipanggil Cornelia ini memang lekat dengan karakter Sarah di sinetron 'Si Doel Anak Sekolahan' yang berjaya di era tahun 90'an.
ADVERTISEMENT
Kini, Cornelia pun bereuni dengan keluarga Si Doel melalui film terbaru mereka berjudul 'Si Doel The Movie'. Film ini sendiri merupakan kelanjutan dari sinetron terdahulunya. Dan demi mengembalikan ingatan penonton ke masa-masa kejayaan Si Doel, film ini juga memulai kisahnya dari episode terakhir sinetron tersebut yang mengisahkan Sarah pergi ke Belanda dalam keadaan hamil.
Sementara Doel tak bisa menyusulnya karena kondisi keuangan yang tidak memungkinkan. Sarah diceritakan sudah pergi meninggalkan Doel selama 14 tahun.
Ia pun mengaku sampai menangis saat membaca naskah film garapan rumah produksi Karnos Film dan Falcon Picture ini. Dialog yang menceritakan soal Mas Karyo--yang dulu diperankan oleh Basuki-- yang sudah meninggal dan dialog yang menceritakan soal Mak Nyak yang sakit, membuat hatinya pilu.
Maudy Koesnaedy, Rano Karno, dan Cornelia Agatha (Foto: Prabarini Kartika/kumparan)
Apalagi dialog antara Sarah dan Doel, benar-benar membuat Cornelia menjadi baper setiap membaca naskah.
ADVERTISEMENT
"Karena saya (Sarah) jatuh cinta benaran dengan tokoh Doel. Karena saya sudah terlalu lama meranin Sarah, dan Sarah itu hidup dalam diri saya. Kadang saya akuin ada egois saya dan objektif, tapi saya tetap harus mengontrol itu semua supaya saya bisa berperan sesuai porsi," ungkap Cornelia saat ditemui di Galeri Semesta, kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (7/6).
"Yang berat itu memang menahan rindu, dan itu benar saya enggak bercanda," lanjutnya sambil tersenyum.
Saking ingin membangun karakter dan mendapatkan 'emosi' serta kerinduan yang dirasakan Sarah, Cornelia sampai memilih untuk menahan diri untuk tidak total dalam proses reading. Aktris berusia 45 tahun ini sengaja menyimpan semua 'rasa' dalam dirinya agar lebih total saat syuting.
ADVERTISEMENT
"Saya mau tuangkan semua saat take. Semua yang saya simpan selama bertahun-tahun dan saya mau kasih di adegan saat berada di Belanda," tuturnya.
Loading Instagram...
Proses syuting sendiri telah dilakukan selama kurang lebih selama 12 hari di Belanda, tepatnya di Amsterdam dan beberapa wilayah lain di Belanda seperti Volendam, Waterland--yang terletak di provinsi Noord Holland-- dan Den Haag.
Cornelia merasakan pengalaman yang berbeda saat menjalani syuting bersama seluruh kru dan keluarga Si Doel. Malah ia merasa proses syuting tersebut seperti sedang liburan bersama keluarga besar.
Namun, kendala terbesar yang harus ia hadapi adalah suhu dingin yang tertahankan. Apalagi Cornelia termasuk orang yang tak kuat dengan suhu dingin.
Loading Instagram...
"Kadang-kadang kalau ada adegan serius banget, yang nangis tapi dingin banget, aduh itu ngelawannya gimana ya,” kenang Cornelia.
ADVERTISEMENT
Ia bahkan mengaku sempat sakit saat baru tiba di lokasi syuting. Cornelia sakit selama tiga hari lantaran tak kuat menahan suhu dingin di sana.
“Tapi suasana syuting yang asyik itu juga membantu untuk penyembuhan saya. Mood-nya jadi bagus,” ucapnya.
Selama menjalani syuting, Cornelia juga lebih disiplin dalam mengatur pola tidur. Dirinya bahkan bisa tidur pada jam 7 malam waktu sana. Hal ini rupanya juga menjadi salah satu cara mantan istri Sony Lawlani tersebut untuk menjaga kualitas aktingnya selama proses syuting.
“Karena saya jam 3 pagi harus bangun, karena jam 6 harus sudah sarapan. Jam 3 saya bangun dan dandan aja sampai 2,5 jam. Jadi, kalau tidur saya enggak cukup, waduh, pasti udah ngaco (akting) tuh,” tandasnya.
ADVERTISEMENT
Film 'Si Doel The Movie' ini rencananya siap tayang di bioskop pada 2 Agustus mendatang. Namun, sebelumnya film ini juga akan tayang perdana di Belanda pada 23 Juli.
Jadi, para pecinta 'Si Doel' silakan bersiap untuk bernostalgia dengan kisah cinta segitiga antara Sarah, Doel, dan Zaenab yang tak kunjung usai.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan