Entertainment
·
28 April 2021 20:00

Tidak Menang Piala Oscar, Suvenir NFT Chadwick Boseman Dikecam Netizen

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tidak Menang Piala Oscar, Suvenir NFT Chadwick Boseman Dikecam Netizen (152056)
searchPerbesar
Gaya Chadwick Boseman di Academy Awards 2019 Foto: Frazer Harrison
Di acara puncak penganugerahan Piala Oscar 2021, aktor Chadwick Boseman yang meninggal pada Agustus 2020 meraih sorotan publik. Sebab, ia diabadikan dalam karya seni non-fungible token (NFT) buatan Andre Oshea.
ADVERTISEMENT
NFT adalah sebuah karya seni digital yang bisa didapatkan via blockchain. NFT buatan Oshea sebuah karya patung emas 3D dari wajah Chadwick Boseman saat berperan di film Black Panther.
Namun, Boseman pada akhirnya tidak memenangkan kategori Best Actor in Leading Role. Ia kalah dari aktor senior Anthony Hopkins.
Tidak Menang Piala Oscar, Suvenir NFT Chadwick Boseman Dikecam Netizen (152057)
searchPerbesar
Chadwick Boseman. Foto: AFP/VALERIE MACON
Karena kekalahan itu, Andre Oshea justru dikecam netizen. Banyak orang merasa, NFT Chadwick Boseman buatannya sangat menyinggung dan mendukakan hati fans.
Andre Oshea akhirnya meminta maaf melalui Instagram pada Selasa (27/4). Ia juga mengumumkan akan membuat desain NFT yang baru.
"Aku mendengarkan keluhan kalian dan mengaku bersalah. Aku meminta maaf, karena sudah membuat kalian bersedih," tulis Oshea di Instagram.
"Sekarang aku sadar, wajah Chadwick mengingatkan kalian pada kematiannya, bukan kariernya semasa hidup. Karena itu, aku akan membuat desain baru untuk di lelang minggu ini," sambungnya.
ADVERTISEMENT
Selain mengecam desain buatan Andre Oshea, banyak netizen juga merasa, tidak seharusnya setiap nominee bisa mendapatkan sebuah tas hadiah berisi NFT. Menurut netizen, hal itu justru merendahkan harga diri Boseman.
Namun, Oshea mengklarifikasi bahwa banyak media dan netizen yang salah kaprah. Karena, sebenarnya NFT Chadwick Boseman tidak termasuk dalam tas hadiah yang diterima para nominee.
"Tugasku adalah memproduksi karya seni untuk mengenang Chadwick Boseman dan karyaku TIDAK termasuk dalam tas hadiah untuk pada nominee. Nantinya, karyaku akan dilelang dan 50% uang dari pelelangan itu akan disalukan ke Colon Cancer Foundation," tulisnya.
Rencananya, NFT Chadwick Boseman karya Andre Oshea akan dilelang melalui sebuah marketplace bernama Rarible. Diharapkan, dana yang terkumpul dari pelelangan itu bisa mencapai lebih dari $ 1 juta (Rp 14 miliar).
ADVERTISEMENT