Entertainment
·
16 Maret 2018 15:48

Tyas Mirasih Tanggapi soal Tudingan Eksploitasi Anak

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tyas Mirasih Tanggapi soal Tudingan Eksploitasi Anak (255667)
Tyas Mirasih di KPAI (Foto: Sarah Yulianti Purnama/kumparan)
Pemain sinetron Tyas Mirasih dituduh telah melakukan eksploitasi terhadap seorang anak bernama Amandine Cattleya. Nenek dari Amandine, Maryke Harris Pohu, menyebutkan bahwa anak berusia 5 tahun itu telah dibuatkan akun Instagram dan mendapatkan banyak endorsement.
ADVERTISEMENT
"Iya, eksploitasi anak. Di-endorse si Amandine dengan alasan anak yatim piatu. Ini 'kan anak di bawah umur. Saya masuk (komentar) ke akun ini, saya bilang, 'Setop, saya omanya Amandine.' Makanya, semua yang endorse pada minta maaf," tutur Maryke, beberapa waktu lalu.
Menanggapi hal tersebut, akhirnya perempuan berusia 30 tahun ini angkat bicara. Tyas membeberkan bahwa sebelumnya, Amandine telah melakukan endorse di akun Instagram sang ibu, Sisilia Supriyadi.
“Kebetulan almarhumah (Sisilia) itu Instagramnya di-lock, jadi enggak bisa dibuka. Dari Amandine masih kecil, saya sudah bantu untuk endorse-an. Kalau dibilang eksploitasi salah banget,” ujar Tyas saat ditemui di KPAI, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (16/3).
Tyas Mirasih Tanggapi soal Tudingan Eksploitasi Anak (255668)
Tyas Mirasih di KPAI (Foto: Sarah Yulianti Purnama/kumparan)
Sepupu Tyas yang juga mengasuh Amandine, Seali Syah Alam, telah memberikan kuasa kepada pihak Komisi Perlindungan Anak (KPAI) terkait perihal perlindungan anak.
ADVERTISEMENT
Salah satu pihak dari KPAI, Erlinda memberikan penjelasan mengenai dugaan eksploitasi anak tersebut. Erlinda juga membantah bahwa Tyas telah melakukan eksploitasi terhadap Amandine.
“Kita juga tidak mau Amandine dianggap sebagai anak yang diduga dieksploitasi untuk ekonomi. Dugaan itu harus dipatahkan oleh pembuktian-pembuktian. Pada saat si anak tidak sekolah, bekerja lebih dari 8 jam, itu namanya eksploitasi,” tutur Erlinda.
“Untuk para publik, itu bisa kita buktikan secara hukum. selama anak itu nyaman, seperti anak seorang penyanyi yang enggak saya sebutkan namanya, dia jadi ambassador baju ternama ‘kan enggak ada masalah. Pada saat itu ada pengawasan orang tua, orang dewasa, apalagi Mbak Tyas kita tahu sepupu (dari Sisilia),” sambungnya.
Tyas Mirasih Tanggapi soal Tudingan Eksploitasi Anak (255669)
Tyas Mirasih. (Foto: Munady Widjaja)
Pemain film ‘Mati Suri’ itu pun ingin membuktikan bahwa ini bukan kali pertamanya Amandine melakukan endorse. Sayangnya, bukti tersebut tidak bisa dilihat karena akun Instagram Sisilia yang terkunci.
ADVERTISEMENT
“Kalau mau dibuktikan bisa, tapi memang sudah lama, dari almarhumah (Sisilia) masih hidup pun sudah sering foto endorse sama saya, bukan suatu hal yang baru untuk Amandine menerima endorsement dan itu semua tidak berbayar,” katanya.
Tyas sebelumnya sudah menjelaskan bahwa ia dan Amandine masih memiliki hubungan saudara. Amandine merupakan anak dari sepupu Tyas yang bernama Sisilia Supriyadi dengan Billy Arifin Pohu.
Tyas Mirasih Tanggapi soal Tudingan Eksploitasi Anak (255670)
Tyas Mirasih dan Sisilia (Foto: Instagram @tyasmirasih)
Namun, Billy dikabarkan meninggal dunia dan Sisil harus menjadi single parent untuk membesarkan Amandine. Lalu, Sisil juga meninggal dunia pada 8 November 2017.
Lantaran kala itu kondisi masih berkabung, keluarga almarhumah Sisil menitipkan kepada Tyas untuk menjaga Amandine pada November lalu. Namun, seiring berjalannya waktu, ibu kandung Billy, Maryke Harris Pohu, menginginkan Amandine diasuh olehnya.
ADVERTISEMENT
"(Amandine bersama saya) 3 Minggu. Bisa dilihat di Instastory saya, anaknya sehat wal afiat," kata Tyas.
"Sekarang lebih bahagia lagi. Dengan tantenya juga," tambah Raiden.