Entertainment
·
17 Juni 2021 14:11
·
waktu baca 3 menit

Episode 5 Drakor Racket Boys Dianggap Hina Indonesia, Pihak SBS Minta Maaf

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Episode 5 Drakor Racket Boys Dianggap Hina Indonesia, Pihak SBS Minta Maaf (391339)
searchPerbesar
Poster drama Korea Racket Boys. Foto: Instagram Netflix Indonesia
Drama Korea Racket Boys sedang jadi sorotan netizen. Episode kelimanya dianggap menghina Indonesia.
ADVERTISEMENT
Di episode tersebut, diceritakan bahwa atlet bulutangkis junior Korea bertanding melawan atlet Indonesia di Jakarta. Sebelum pertandingan, seorang pelatih dari Korea menyebut bahwa penyelenggara Indonesia sengaja memberikan tempat penginapan yang tak layak untuk tim Korea. Hal itu dianggap sebagai salah satu cara agar Indonesia bisa mengalahkan tim Korea.
"Sialan. Mereka keterlaluan," ucap salah satu pelatih Korea.
"Sabar, pak. Mereka memang selalu begini," kata pelatih yang lain.
Episode 5 Drakor Racket Boys Dianggap Hina Indonesia, Pihak SBS Minta Maaf (391340)
searchPerbesar
Para pemain drama Korea Racket Boys. Foto: Instagram
"Penginapannya tak bagus. Mereka (tuan rumah) berlatih di tempat pertandingan, sedangkan kita di tempat latihan tua tanpa AC. Yang benar saja," ujar pelatih yang pertama.
"Alasannya hanya satu. Itu karena Han Se-yoon (pemain utama Korea). Mereka mau mengalahkannya, bagaimana pun caranya," lanjut dia.
Kemudian, tim Indonesia digambarkan kalah telak dari Korea. Namun, saat atlet Korea berjalan melewati bangku penonton, suporter Indonesia diceritakan menunjukkan sikap yang tak suportif.
ADVERTISEMENT
Para penonton Indonesia yang memakai baju merah terlihat berteriak dan mengejek atlet Korea yang sudah memenangkan pertandingan tersebut.

Netizen Indonesia Murka dan Mendesak SBS Minta Maaf

Netizen Indonesia geram menyaksikan adegan tersebut. Mereka meminta SBS sebagai stasiun televisi yang menyiarkan drama Racket Boys untuk minta maaf.
"Aku sangat kecewa dengan penulis drama ini. Penulisnya sangat kurang riset tentang Indonesia. Suporter Indonesia selalu mendukung atlet Korea kalau mereka tanding badminton di Jakarta. Kenapa kalian punya persepsi buruk seperti ini tentang Indonesia?" tulis netizen dalam akun @otdrok*******.
"Sesuka suka nya sama drakor klo drama nya ngejelekin Indonesia ya masi gaterima sii," ujar @jjna**.
"Hai SBS. Tolong minta maaf sama Indonesia. Kamu bisa menyebutkan Indonesia di dramamu. Tapi dialog tentang Indonesia sangat mengecewakan. Aku suka nonton KDrama. Tapi kalau kamu menjelekkan Indonesia, aku enggak bisa terima," kata @azyv****.
ADVERTISEMENT
"Banyak orang Indonesia menikmati drama ini, tapi kalian mengecewakannya dengan adegan yang rasis. Kalian harus minta maaf!" tulis @angrian*****.

Pihak SBS Minta Maaf ke Penonton Indonesia

SBS menerima kritik yang dituliskan penonton Indonesia di media sosial resmi mereka. Akun Instagram resmi SBS @sbsnow_insta, akhirnya menuliskan permintaan maaf.
Pihak SBS menuliskan permintaan maaf menggunakan bahasa Indonesia di kolom komentar Instagram @sbsdrama.official yang mengunggah cuplikan drama Racket Boys.
Episode 5 Drakor Racket Boys Dianggap Hina Indonesia, Pihak SBS Minta Maaf (391341)
searchPerbesar
SBS minta maaf ke penonton Indonesia. Foto: Instagram
"Kami dari tim produksi [Racket Boys] menyampaikan permohonan maaf mengenangkan pertandingan yang tersiar di episode 5, kami tidak bermaksud untuk merendahkan negara, pemain atau penonon tertentu," tulis akun @sbsnow_insta.
"Namun demikian, kami mohon maaf atas beberapa adegan yang telah menyinggung pemirsa kami dari Indonesia," lanjutnya.
ADVERTISEMENT
Di akhir kalimat, mereka berjanji akan lebih memperhatikan adegan untuk episode-episode selanjutnya. Saat ini, drama Korea Racket Boys sudah tayang hingga episode enam. Drama ini juga bisa disaksikan di Netflix.