kumparan
16 September 2019 16:54

3 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Ibu Hamil saat Beli Sepatu Baru

memilh sepatu.jpg
ilustrasi ibu hamil memilih sepatu Foto: Shutterstock
Sejak trimester pertama, ibu hamil butuh sepatu baru! Ini bukan sekadar alasan untuk belanja lho, Moms. Ibu hamil memang butuh sepatu yang tepat sesuai karena perubahan atau kondisi tubuhnya.
ADVERTISEMENT
Laman Parent Guide melansir, saat hamil, ibu mungkin akan mengalami rasa nyeri dan sakit terutama di sekitar punggung, pinggul, tungkai dan kaki. Hubungannya dengan sepatu? Artinya, hal-hal sederhana seperti berdiri atau berjalan saja bisa jadi menyakitkan untuk ibu sehingga ia perlu sepatu baru.
Jennifer Shu seorang dokter spesialis anak dari Atlanta, AS, menjelaskan,"Berat badan bertambah, bentuk tubuh berubah, pusat gravitasi juga berubah. Semua ini memengaruhi bagaimana ibu hamil berjalan. Selain itu, ligamen cenderung lebih longgar selama kehamilan, yang dapat menyebabkan ketidakstabilan sendi dan ketegangan otot."
Memang sih, secara resmi tidak ada yang namanya sepatu hamil. Namun menurut Jennifer, ibu hamil dapat mencari sepatu yang lebih nyaman dan sesuai dengan kebutuhannya. Nah Moms, berikut tips untuk menemukannya:
berbagai jenis sepatu - not COV.jpg
ilustrasi berbagai jenis sepatu Foto: Shutterstock
  1. Mudah dipakai
ADVERTISEMENT
Saat hamil, akan ada hal-hal yang terasa sulit dilakukan meski sebelumnya dengan mudah bisa Anda kerjakan. Misalnya membungkuk untuk memakai sepatu. Karena itu, pilihlah sepatu yang bisa Anda pakai dengan mudah tanpa harus membungkuk, Moms! Misalnya sepatu berhak datar model slip-on alias tanpa tali.
sepatu ibu hamil.jpg
ibu hamil perlu perhatikan kualitas sepatu dan desain pergelangan kaki Foto: Shutterstock
  1. Cukup menopang
Sakit atau nyeri pada pergelangan kaki setiap kali melangkah? Aduh, gengges sekaligus menyiksa sekali! Ini mungkin karena sepatu Anda tidak memberikan dukungan atau tidak cukup menopang!
Dengan bertambahnya berat bayi, persendian Anda akan mendapatkan lebih banyak tekanan daripada biasanya, terutama pada tahap akhir kehamilan. Karena itu saat beli sepatu baru, pastikan sepatu yang Anda pilih cukup menopang telapak maupun pergelangan kaki Anda ya, Moms. Ini dapat mengurangi nyeri sendi ibu hamil saat berjalan, meski mungkin tidak menghilangkan semuanya.
tumpukan sepatu.jpg
saat hamil pilih sepatu dengan ukuran setengah nomor lebih besar Foto: Shutterstock
  1. Cukup ruang
ADVERTISEMENT
Membeli sepatu di trimester pertama atau kedua? Ingat, Anda perlu cukup ruang bila kaki (dan pergelangannya) kelak membesar bahkan membengkak. Ya Moms, saat kehamilan berlanjut terutama di trimester ketiga, sepatu yang tadinya terasa pas bisa jadi kekecilan!
Lebih baik, beli sepatu dengan ukuran setengah nomor lebih besar dari yang biasa Anda kenakan saat ini. Sedikit kebesaran? Ibu hamil dapat mengakalinya dengan mengenakan kaus kaki.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan