Mom
·
4 Agustus 2021 15:58
·
waktu baca 2 menit

3 Jenis Kunyit Beserta Khasiatnya untuk Keluarga

Konten ini diproduksi oleh kumparan
3 Jenis Kunyit Beserta Khasiatnya untuk Keluarga (642433)
searchPerbesar
3 Jenis Kunyit Beserta Khasiatnya untuk Keluarga Foto: Pixabay
Kunyit merupakan tanaman rempah yang biasanya dijadikan jamu atau bumbu dapur oleh keluarga atau masyarakat Indonesia. Rasanya yang tajam, aromanya yang menyengat, dan berwarna kuning keemasan ini memiliki sifat antibakteri, antivirus, antioksidan, antiinflamasi, antimutagenik, hingga antikanker, Moms.
ADVERTISEMENT
Selain itu kunyit juga tinggi nutrisi, seperti vitamin, protein, mineral, dan nutrisi bermanfaat lainnya. Ya, selain dijadikan bumbu, kunyit juga punya banyak manfaat untuk kesehatan keluarga.
Nah Moms, berikut ini adalah beberapa jenis kunyit yang perlu Anda ketahui beserta khasiatnya masing-masing, seperti dikutip dari laman Instagram Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Yuk, disimak!

Beragam Jenis Kunyit dan Khasiatnya

1. Kunyit Putih
3 Jenis Kunyit Beserta Khasiatnya untuk Keluarga (642434)
searchPerbesar
Ilustrasi kunyit putih. Foto: Shutterstock
Kunyit putih bermanfaat untuk mengatasi pencernaan, seperti disentri, perut mulas, dan juga bisa meredakan nyeri haid lho, Moms.
2. Kunyit Merah
3 Jenis Kunyit Beserta Khasiatnya untuk Keluarga (642435)
searchPerbesar
Kunyit Foto: Shutter Stock
Selain sering digunakan sebagai pelengkap bumbu di dapur. Kunyit merah juga memiliki khasiat untuk mengobati penyakit, seperti kembung dan mual-mual.
3. Kunyit Hitam
3 Jenis Kunyit Beserta Khasiatnya untuk Keluarga (642436)
searchPerbesar
Ilustrasi kunyit hitam. Foto: Shutterstock
Jenis kunyit ini sebenarnya sangat sulit ditemukan di Indonesia. Tetapi kunyit hitam dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati penyakit kista dan memperlambat kerutan pada kulit wajah.
ADVERTISEMENT
Namun secara umum perlu diketahui bahwa kunyit memang baik untuk kesehatan tubuh, Moms. Healthline melansir, kunyit dapat membantu mencegah penyakit jantung karena kandungan kurkumin yang bisa meningkatkan fungsi endotelium atau lapisan pembuluh darah.
Selain itu, kunyit juga dapat menekan penyakit kanker, mengobati penyakit alzheimer, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol, mengurangi peradangan, mengontrol berat badan, hingga dapat meredakan depresi.
Nah, itulah beragam khasiat dari kunyit, Moms. Anda sendiri lebih senang mengolahnya menjadi apa? Yuk, berbagi ceritanya di kolom komentar.