Mom
·
5 Februari 2021 16:19

Manfaat Kunyit Hitam untuk Kesehatan Anak

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Manfaat Kunyit Hitam untuk Kesehatan Anak (129239)
Ilustrasi Manfaat kunyit hitam untuk kesehatan anak. Foto: Repro Foto/kumparan
Selain sebagai bahan dapur, rempah-rempah juga dikenal sebagai obat tradisional yang mampu mengatasi berbagai penyakit. Salah satu rempah yang bermanfaat untuk kesehatan anak adalah kunyit hitam.
ADVERTISEMENT
Mungkin selama ini Anda hanya mengenal kunyit putih dan kunyit kuning. Namun, rupanya ada juga kunyit yang berwarna hitam lho, Moms. Kunyit hitam yang mempunyai nama Latin Curcuma caesia ini memiliki bentuk yang lebih mirip dengan jahe dan bagian dalamnya berwarna biru keunguan yang gelap.
Kunyit hitam mengandung kurkumin paling tinggi di antara jenis kunyit lainnya. Dikutip dari penelitian berjudul Phytochemical Screening, GC-MS, FT-IR Analysis of Methanolic Extract of Curcuma caesia Roxb (Black Turmeric), Curcuma caesia mengandung karbohidrat, flavonoid, steroid, fenol, alkaloid, tanin, asam amino, terpenoid dan senyawa glikosida yang memiliki aktivitas perbaikan untuk melawan penyakit pada tubuh.
Manfaat Kunyit Hitam untuk Kesehatan Anak (129240)
Ilustrasi manfaat kunyit hitam untuk kesehatan anak. Foto: Repro Foto/kumparan
Selain itu, kunyit hitam mempunyai sifat antioksidan dan anti inflamasi tinggi. Banyaknya kandungan baik dalam kunyit hitam membuatnya dipercaya sebagai obat alami untuk berbagai penyakit. Oleh sebab itu, kandungan alami dalam kunyit hitam juga dikenal sangat bermanfaat untuk kesehatan anak.
ADVERTISEMENT
Nah Moms, berikut ini manfaat kunyit hitam untuk anak yang dirangkum dari Health Benefits Times.

5 Manfaat Kunyit Hitam untuk Kesehatan Anak

1. Mengobati penyakit paru-paru
Manfaat Kunyit Hitam untuk Kesehatan Anak (129241)
Ilustrasi paru-paru Foto: bykst
Kunyit hitam bermanfaat untuk mengatasi penyakit paru-paru seperti asma, bronkitis, dan radang paru-paru. Pada anak-anak, kunyit hitam bisa menjadi pilihan untuk mengobati kondisi pneumonia. Sebab, kandungan senyawa kurkumin yang tinggi pada kunyit hitam dapat mengatasi gejala peradangan pada paru-paru.
Sebagai obat paru-paru, kunyit hitam tidak menyebabkan efek buruk pada sel-sel sistem kekebalan tubuh anak.
2. Meningkatkan stamina
Manfaat Kunyit Hitam untuk Kesehatan Anak (129242)
Ilustrasi manfaat kunyit hitam untuk kesehatan anak. Foto: Shutterstock
Anak yang sedang berada dalam masa pertumbuhan biasanya sangat aktif bermain. Hal itu tentunya akan membuat anak mudah kelelahan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa memberikan ekstrak kunyit hitam kepada si kecil agar staminanya kembali.
ADVERTISEMENT
Namun, perlu diingat bahwa seseorang tidak boleh mengkonsumsi kunyit hitam lebih dari 500 miligram per harinya.
3. Menetralkan radikal bebas
Kunyit hitam dikenal sebagai sumber antioksidan alami yang baik bagi kesehatan tubuh. Jika dikonsumsi dengan takaran yang sesuai, kandungan kurkumin di dalam kunyit hitam sangat efektif untuk menetralkan radikal bebas yang tidak dapat dilakukan sendiri oleh tubuh manusia. Sehingga, anak terhindar dari efek penuaan dan kemungkinan perkembangan sel kanker.
4. Mengatasi kulit gatal
Manfaat Kunyit Hitam untuk Kesehatan Anak (129243)
Ilustrasi kulit anak gatal. Foto: Thinkstock
Masalah kulit yang seringkali dialami anak adalah ruam dan gatal. Hal itu bisa disebabkan oleh penggunaan produk perawatan tubuh, bahan pakaian yang digunakan, hingga gigitan serangga. Kunyit hitam mempunyai sifat anti inflamasi yang bisa mengatasi kulit gatal pada anak.
ADVERTISEMENT
Anda cukup mengoleskan parutan kunyit hitam ke area kulit yang gatal pada anak selama beberapa saat, kemudian cuci hingga bersih.
5. Memperbaiki sistem pencernaan
Manfaat Kunyit Hitam untuk Kesehatan Anak (129244)
Ilustrasi anak sakit perut. Foto: Shutterstock
Kunyit hitam mengandung senyawa yang dapat membantu memproduksi cairan empedu yang efisien. Hal ini tentu akan membantu proses pencernaan anak menjadi lebih baik sekaligus mencegah penyakit hati.
Selain itu, kunyit hitam juga dapat membantu proses pemecahan lemak makanan di dalam tubuh. Sehingga, Anda tidak perlu takut jika anak akan mengalami kelebihan berat badan. Cukup tambahkan sedikit bubuk kunyit hitam ke dalam masakan Anda sebagai penambah rasa sekaligus sebagai cara untuk menjaga kesehatan anak.
Reporter: Hutri Dirga Harmonis