kumparan
19 Sep 2019 10:07 WIB

3 Minuman yang Sebaiknya Dihindari Ibu Menyusui

Teh Menjadi Salah Satu Minuman yang Baiknya Dihindari Ibu Menyusui Foto: Shutterstock/Deer worawut
Tubuh manusia, tak terkecuali ibu menyusui dan bayi terdiri dari 70 persen cairan. Artinya, tubuh sangat butuh asupan cairan demi kelangsungan kinerja organ-organnya.
ADVERTISEMENT
Jenis cairan yang masuk ke tubuh pun boleh dari mana saja. Mulai dari makanan yang mengandung air, jus, susu, sayur dan sebagainya.
Meski segala jenis air yang masuk dianggap sah dan dihitung dalam kebutuhan asupan cairan tubuh, tapi ada beberapa jenis minuman yang sebaiknya dihindari ibu menyusui. Alasannya karena kandungan yang dimiliki minuman tersebut dapat berdampak negatif untuk bayi. Ingat, bayi juga mengkonsumsi nutrisi yang Anda makan lewat ASI, Moms.
Lantas apa saja minuman yang sebaiknya dihindari ibu menyusui? Dilansir Very Well Family, berikut daftarnya:
1. Minuman Bersoda dan Jus Buah Kemasan
Jus Buah Kemasan Foto: Shutterstock
Pertama ibu menyusui sebaiknya menghindari atau mengurangi konsumsi minuman bersoda dan jus buah kemasan. Minuman jenis ini mengandung kadar gula tinggi yang sebenarnya dapat mengurangi jumlah cairan yang disimpan oleh tubuh Anda.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya itu, menurut sebuah penelitian, efek yang ditimbulkan dari konsumsi minuman bersoda justru bisa membuat tubuh semakin dehidrasi, stres dan memberi tekanan pada ginjal.
Sementara untuk minuman jus buah kemasan sebenarnya mengandung hanya sedikit atau tidak sama sekali buah asli. Jadi, lebih baik jika Anda buat sendiri jus dari buah asli, Moms.
2. Minuman Berkafein
Ibu yang Menyusui Minum Kopi Foto: Shutter Stock
Selanjutnya adalah minuman yang mengandung kafein, seperti teh dan kopi. Kenapa sebaiknya dihindari atau dikurangi? Sebab beberapa persen dari kandungan kafein akan ikut masuk ke dalam ASI, Moms.
Meski tidak banyak, namun efek kafein bisa membuat bayi menjadi gelisah dan rewel sepanjang malam. Sementara efeknya untuk ibu adalah saat energi dari kafein itu hilang, Anda akan merasa lebih lelah dari sebelumnya, insomnia, pusing hingga detak jantung yang lebih cepat.
ADVERTISEMENT
Lebih lanjut, American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan ibu menyusui untuk tidak minum lebih dari tiga cangkir kopi dalam satu hari. Para ahli juga sepakat batas maksimal minum kopi untuk ibu menyusui adalah 300 ml setiap hari.
3. Alkohol
Ibu Menyusui Hindari Alkohol. Foto: Pixabay
Ibu menyusui juga harus mengurangi dan menghindari konsumsi alkohol. Menurut The American Academy of Pediatrics Committee on Drugs, dampak dari ibu menyusui yang minum alkohol adalah: membuat bayi ngantuk, tidur berkepanjangan, sering terlihat lemah, proses tumbuh kembangnya terhambat, pertambahan berat badannya tidak normal dan kemungkinan berkurangnya refleks mengisap ASI.
Bayi yang menyusui dari ibu yang minum alkohol juga dapat mengalami masalah perkembangan motorik pada saat menginjak usia satu tahun. Meski hanya dalam jumlah yang sangat kecil, namun liver bayi masih belum bisa untuk mencerna alkohol seperti orang dewasa. Bahkan, bayi berusia tiga bulan hanya bisa mencerna 20 persen dari jumlah alkohol yang bisa dicerna oleh orang dewasa.
ADVERTISEMENT
Jika seorang ibu mengkonsumsi alkohol pada saat menyusui maka akan terjadi perubahan sikap yang ditunjukkan bayi tersebut. Bayi akan cenderung lekas tertidur sesaat setelah menyusu, bayi tidak bisa tidur dengan nyenyak dan periode tidurnya lebih pendek dari biasanya.
Nah Moms, yuk mulai sekarang pikir ulang jika ingin mengkonsumsi ketiga minuman di atas. Anda bisa menggantinya dengan konsumsi air putih setidaknya 10 gelas sehari.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan