3 Seleb yang Berhasil Hamil Meski Menderita PCOS

14 Juni 2019 11:00
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
3 Seleb yang Berhasil Hamil Meski Menderita PCOS (193573)
zoom-in-whitePerbesar
Fitri Tropica, Tya Ariestya, dan Mesty Ariotedjo Foto: Munady dan Ronny
PCOS atau Polycstic Ovary Syndrome merupakan salah satu hal yang bisa membuat wanita jadi lebih sulit hamil. PCOS adalah gejala yang ditandai dengan adanya ketidakseimbangan hormon yang dapat terjadi pada wanita di usia subur. Kondisi ini terjadi akibat gangguan pada fungsi ovarium.
ADVERTISEMENT
Tanda-tanda awal PCOS adalah masa ovulasi atau subur yang tidak beraturan, meningkatnya kadar hormon pria (androgen) dalam tubuh wanita yang menyebabkan tumbuh rambut pada area-area yang tidak diinginkan seperti muncul kumis tipis, dan munculnya banyak kista (kantong berisi cairan) pada ovarium. Kondisi tersebut membuat penderita PCOS jadi sulit hamil.
Meski begitu, bukan berarti penderita PCOS tidak bisa hamil, Moms. Berikut cerita 3 selebriti yang menderita PCOS tapi berhasil hamil.
  1. Fitri Tropica
3 Seleb yang Berhasil Hamil Meski Menderita PCOS (193574)
zoom-in-whitePerbesar
Fitri Tropica. Foto: Giovanni/kumparan
Kabar bahagia datang dari aktris dan presenter Fitri Tropica. Baru-baru ini, Fitrop--sapaan akrabnya, mengumumkan kalau ia sedang berbadan dua.
Penantiannya selama kurang lebih 5 tahun, akhirnya terjawab sudah. Fitrop secara resmi mengumumkan kabar kehamilannya di channel YouTube miliknya dan juga video singkat di Instagram.
ADVERTISEMENT
"Ini adalah hadiah manis yang Allah SWT kasih untuk aku dan Toge di tahun 2019 ini. Setelah menjalani 3 bulan terapi PCOS semenjak Desember lalu, Alhamdulillah di bulan Maret kmrn akhirnya 2 garis itu muncul juga," tulis Fitrop seperti dilihat kumparan di akun Instagram pribadinya, Senin (10/6).
Ya Moms, selama 5 tahun menikah, Fitri dan suaminya Irvan Hanafi atau yang akrab disapa Toge, selalu sabar menantikan kehadiran buah hati. Sebelumnya, Fitrop pernah menderita tubercolosis (TB) yang membuat ia tak boleh melakukan program hamil.
Setelah sembuh dari penyakit itu, Fitrop didiagnosis menderita PCOS yang membuatnya sulit hamil. Namun, setelah 3 bulan menjalani terapi PCOS, Fitrop berhasil hamil. Selamat ya, Fitrop! Semoga ibu dan bayi sehat selalu hingga waktunya melahirkan nanti.
ADVERTISEMENT
  1. Tya Ariestya
3 Seleb yang Berhasil Hamil Meski Menderita PCOS (193575)
zoom-in-whitePerbesar
Artis Tya Ariestya dan suaminya Irfan Ratinggang saat konferensi pers kelahiran anak ke 2 di RS Bunda Jakarta, Rabu, (2/5). Foto: Ronny
Tya Ariestya kini telah dikaruniai dua orang anak lewat proses bayi tabung. Dalam sebuah foto yang ia unggah pada 27 Februari 2018, ia menceritakan alasannya kenapa harus menjalani program bayi tabung.
Tya menjelaskan kalau ia mengidap sindrom PCO, sehingga lebih sulit hamil daripada wanita pada umumnya.
"Dokter pun ngasih tau sedikit riwayat klo PCO itu banyak sekali terkena pd wanita indonesia. Mungkin skitar 60% krn memang bs selain faktor keturunan, makanan yg sudah mulai kurang sehat & gaya hiduppun bs jadi pengaruhnya. Yang artinya pd saat saya menikah nanti saya akan 3x lbh sulit hamil dibanding wanita tanpa PCO," jelasnya pada keterangan foto.
Ia mencoba menjalani kehamilan alami dengan rutin mengkonsumsi obat, hingga akhirnya memutuskan untuk menjalani program kehamilan dengan bayi tabung. Perjuangan Tya dan suaminya pun membuahkan hasil, kini mereka punya dua anak laki-laki yang lucu-lucu dan menggemaskan!
ADVERTISEMENT
  1. Mesty Ariotedjo
3 Seleb yang Berhasil Hamil Meski Menderita PCOS (193576)
zoom-in-whitePerbesar
Mesty Ariotedjo Foto: Munady Widjaja
Model sekaligus dokter yang sedang mengambil spesialis anak itu juga menderita PCOS. Dalam Instagram Story-nya ia pernah bercerita pengalamannya seputar PCOS.
Menurut Mesty, ia pertama kali curiga dirinya terkena PCOS karena munculnya kumis tipis di wajahnya. Ia mengaku, mengetahui hal ini saat dirinya sedang bekerja di bagian endokrinologi (ilmu mengenai hormon). Saat itu, rekan kerjanya menanyakan wajah Mesty yang ditumbuhi kumis tipis.
Ia pun berinisiatif untuk mengecek hormonnya yang ternyata memang lebih banyak hormon testosteron. Banyaknya kadar hormon testosteron, tidak hanya berdampak pada siklus menstruasinya yang tidak teratur, tetapi juga berpengaruh pada perasaannya setiap hari. Ya Moms, Mesty mengaku jadi mudah menangis tanpa sebab.
Kemudian, sang dokter pun menyarankan Mesty agar mengubah pola hidupnya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seperti sayur dan protein.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Mesty juga mengaku mengonsumsi pil kb selama kurun waktu dua tahun untuk menyeimbangkan hormonnya.
"Enggak takut minum pil KB sebelum punya anak? Enggak, karena pil KB itu sifatnya reversible. Pil KB mengandung estrogen dan progesteron sehingga membantu menjaga keseimbangan hormon," tulisnya dalam Instastory.
3 Seleb yang Berhasil Hamil Meski Menderita PCOS (193577)
zoom-in-whitePerbesar
Instastory Mesty Ariotedjo. Foto: Instastory Mesty Ariotedjo.
Selama menjalani pola hidup sehat dengan mengkonsumsi banyak sayuran, Mesty pun akhirnya merasakan hasilnya, di mana siklus menstruasinya sudah menjadi lebih baik. Enam bulan sebelum menikah, Mesty pun memutuskan untuk berhenti mengkonsumsi pil KB.
"Saya mengkonsumsi pil KB 2 tahun dan berhenti 6 bulan sebelum menikah. Alhamdulillah setelah menikah langsung hamil, belum sempat menstruasi," tulisnya.
Nah Moms, jika Anda menderita PCOS, jangan putus asa! Ketiga selebriti ini membuktikan bahwa wanita dengan PCOS pun bisa hamil dan punya keturunan.
ADVERTISEMENT
Ingin tahu lebih banyak lagi mengenai PCOS? Anda bisa membaca artikel-artikel kumparanMOM berikut ini:
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020