4 Jenis Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari saat Anak Batuk Pilek

10 Juli 2024 12:10 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi Anak Flu Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Anak Flu Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Batuk dan pilek menjadi penyakit yang lazim dialami anak-anak. Biasanya orang tua akan melarang anak menyantap beberapa jenis makanan ketika sedang batuk dan pilek.
ADVERTISEMENT
Dokter Spesialis Anak, dr. Reza Abdussalam, Sp.A menyebut, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat si kecil sedang batuk dan pilek.
Pada dasarnya batuk itu timbul untuk membantu membersihkan saluran napas dari segala macam benda yang berbahaya. Normalnya saluran napas manusia memproduksi lendir yang jumlahnya cukup.
"Lendir ini berperan untuk memerangkap berbagai benda asing yang masuk ke dalam saluran napas. Dan fungsi utama batuk yaitu mendorong keluar lendir yang berlebihan di saat produksi saluran napas kita sedang mengalami radang akibat berbagai macam hal," ujar dr. Reza kepada kumparanMOM, Minggu (30/6).
Menurut dr. Reza ada beberapa makanan atau minuman yang sebaiknya dihindari saat anak batuk pilek. Lantas, apa saja makanan dan minuman yang harus dihindari?
ADVERTISEMENT

Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari saat Anak Batuk dan Pilek

1. Minuman Dingin
Hal pertama yang harus dihindari yakni minuman dingin. Sebab, suhu dingin dari minuman yang dikonsumsi anak dapat mengganggu gerakan pada rambut-rambut getar di epitel saluran napas. Artinya, suhu dingin bakal mengganggu gerakan rambut getar yang memicu batuk dan memperbanyak produksi lendir.
Ilustrasi anak makan permen. Foto: Shutterstock
2. Makanan Manis
Selain minuman dingin, anak yang sedang batuk sebaiknya menghindari makanan manis seperti permen ataupun cokelat. Makanan manis bisa membuat batuk tak kunjung sembuh.
"Hal ini dikarenakan kadar gula yang tinggi dan bisa menempel pada dinding tenggorokan dan akhirnya membuat tenggorokan tidak nyaman menjadi gatal," tutur dr. Reza.
3. Kacang-kacangan dan Gorengan
Ilustrasi kacang. Foto: Shutterstock
Kemudian, anak sebaiknya menghindari kacang-kacangan ketika sedang batuk. Bukan hanya itu, gorengan juga menjadi makanan yang sebaiknya dihindari saat anak sedang batuk.
ADVERTISEMENT
Gorengan dengan minyak berlebih juga dapat berpotensi mengiritasi tenggorokan anak sehingga keluhan batuk akan menjadi lebih berat.
4. Minuman Bersoda
Hal lain yang sebaiknya dihindari yakni minuman bersoda. Minuman ini juga dapat mengiritasi tenggorokan karena kadar gulanya yang tinggi dan bisa membuat tenggorokan menjadi gatal. Minuman ini juga dapat memancing batuk terus menerus.
Ilustrasi mengonsumsi minuman bersoda. Foto: Shutter Stock
"Sebenarnya tidak ada makanan atau minuman khusus yang harus dikonsumsi saat anak batuk pilek. Sebaiknya berikan asupan dengan nutrisi yang cukup seperti biasa diberikan setiap harinya," katanya.
Sering kali anak tidak mau makan saat bentuk pilek. Anda bisa menyiasati masalah ini dengan memberikan makan sedikit-sedikit tapi lebih sering. Kemudian, ketika batuk sebaiknya memakai masker, menutup mulut dengan lengan dan rutin mencuci tangan ya, Moms.
ADVERTISEMENT