kumparan
search-gray
Mom30 Juni 2020 14:29

4 Tanda Bayi Lapar, Menangis Tidak Termasuk!

Konten Redaksi kumparan
Bayi Sedang Menyusu PTR
ilustrasi bayi sedang menyusu Foto: Shutterstock
Karena bayi belum bicara, orang tua perlu usaha lebih untuk bisa memahaminya. Ya Moms, caranya tentu dengan memerhatikan si kecil dengan seksama. Ketika bayi lapar ingin disusui misalnya.
ADVERTISEMENT
Memang, salah satu tanda yang paling signifikan ketika bayi sedang lapar adalah dengan menangis. Tapi bila Anda baru menyusui setelah ia menangis, berarti rasa lapar bayi sudah berlangsung cukup lama atau keterlaluan. Kasihan, kan?
Padahal sebenarnya saat rasa laparnya baru muncul bayi sudah memberi tanda-tanda. Nah Moms, apa saja tanda-tanda tersebut?
1.Gelisah
Saat merasa haus atau lapar, bayi akan jadi gelisah. Ia akan berguling ke sana-ke mari, menggerak-gerakkan tangan dan kaki, hingga menunjukkan tanda-tanda ingin menangis dari wajahnya.
Bila rasa lapar datang saat ia sedang tertidur, bayi juga akan jadi mudah terbangun dan mencari-cari Anda.
bayi
ilustrasi bayi gelisah saat tidur karena lapar Foto: Shutterstock
2.Mengisap Bibir
Hal lain yang juga jadi tanda bayi lapar adalah bayi mengisap atau mengecap-ecap bibirnya sendiri. Beberapa bayi juga menjulurkan lidah kecilnya saat lapar. Bikin gemas siapapun yang melihatnya!
ADVERTISEMENT
Tapi jangan hanya dipandangi atau difoto karena gemas, segera tawarkan payudara Anda pada si kecil bila melihat tanda ini, ya.
3.Refleks Mulutnya
Coba sentu atau elus pipi atau dagu bayi ke arah mulutnya. Bila mulut bayi lantas terbuka mengikuti arah sentuhan, itu tanda bayi lapar! Gerakan membuka mulut sambil mengikuti arah sentuhan ini disebut reflek rooting.
menyusui bayi
ilustrasi bayi menyusu Foto: Shutterstock
4.Tersenyum Ketika Disusui
Bila bayi sudah berusia 4 bulan, ia juga bisa menunjukkan rasa lapar dengan ekspresi wajah yang lebih jelas seperti senyuman. Ya Moms, sebab di usia ini bayi sudah bisa tersenyum bila merasa senang.
Perhatikan, saat Anda mendekat apalagi memberikan payudara wajah bayi akan tampak berbinar-binar atau bayi akan melontarkan senyum. Ini tanda bayi lapar dan ia senang karena tahu kedatangan Anda berarti rasa laparnya akan segera hilang.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white