kumparan
12 Juni 2019 18:10

5 Hal yang Bisa Anda Lakukan untuk Menghemat Uang Pasca Lebaran

ilustrasi uang
ilustrasi uang Foto: Shutterstock
Sudah jadi hal yang umum, saat Lebaran, uang mengalir deras dari dompet seolah tak tertahan. Sepertinya, ada saja pengeluaran yang tak bisa dielakkan. Tapi akibatnya, pasca Lebaran dompet jadi sangat tipis, sementara masih lama hingga sampai di tanggal gajian.
ADVERTISEMENT
Jadi, harus bagaimana? Tenang, ada kok beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghemat uang pasca Lebaran. Berikut, kumparanMOM punya tipsnya:
Membekukan makanan
Ilustrasi menata bahan makanan di dalam kulkas Foto: Shutterstock
  1. Sulap isi kulkas
Di dalam kulkas atau lemari pendingin di rumah sering kali ada 'harta karun' yang tak kita sadari. Ya Moms, meski isinya tidak seindah iklan elektronik di TV, biasanya ada saja bahan-bahan makanan yang masih bisa kita olah. Entah itu sedikit sayuran, sebungkus keju atau setengah potong ayam goreng mungkin?
Dengan sedikit kreativitas, semua ini bisa disulap jadi hidangan atau setidaknya camilan lezat agar si kecil maupun anggota keluarga lainnya tidak perlu keluar uang untuk jajan lagi. Mulai saja dengan merapikan dan menata isi kulkas Anda. Dengan begitu, Anda dapat ingat dan lebih mudah memilih bahan-bahan makanan di dalamnya.
Ilustrasi Merayu Anak Makan Sayur
Ilustrasi menyuapi anak sayuran. Foto: Nadia K. Putri
  1. Lebih banyak makan sayur
ADVERTISEMENT
Lebaran kemarin sudah puas makan rendang, opor, sambal goreng hati dan berbagai olahan protein hewani lainnya? Berarti sekarang saatnya Anda sekeluarga lebih banyak makan sayur. Tidak hanya hemat, makan beragam sayur-sayuran juga sehat.
Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi berbagai hidangan yang kaya akan protein nabati ya, Moms. Tahu dan tempe misalnya, tentu bisa diolah jadi berbagai menu favorit keluarga Anda.
anak dan ibu mencuci mobil
anak dan ibu mencuci mobil Foto: Shutterstock
  1. Main di rumah
Jalan-jalan itu memang mahal! Belum sampai ke mal atau tempat wisata saja, Anda mungkin sudah harus mengeluarkan uang untuk membeli bensin dan membayar tol. Jadi bila ingin berhemat, coba rencanakan mengisi liburan di rumah saja.
Bukan berarti garing atau bosan, kok. Anda justru bisa merencanakan berbagai kegiatan atau permaianan seru bersama anak. Mulai dari nonton film favorit keluarga, main monopoli, merapikan halaman hingga mencuci mobil bersama.
ADVERTISEMENT
Selain hemat, Anda jadi bisa mengajari anak banyak keterampilan sekaligus meningkatkan kedekatan atau bonding dengannya.
Halte Bundaran HI
Ilustrasi penumpang hendak menaiki bus Trans Jakarta. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
  1. Naik Transportasi Umum
Ingin tetap jalan-jalan? Boleh juga, kok! Tapi supaya hemat, pakai kendaraan umum saja. Apalagi bila Anda tinggal di area Jakarta dan sekitarnya. Kini ada banyak moda transportasi publik untuk Anda pilih. Mulai dari Trans Jakarta, MRT hingga LRT yang uji cobanya sudah dimulai pada bulan Juni ini. Semuanya nyaman untuk ditumpangi sekalipun bersama anak.
memilih baju
anak memilih baju Foto: Shutterstock
  1. Jual Barang Lama
Yang terakhir, coba periksa barang-barang di rumah Anda. Mulai dari pakaian, sepatu, perlengkapan sekolah, pecah belah sampai perabotan. Biasanya di momen Lebaran, kita menambah banyak barang baru tapi belum pula mengurangi barang yang lama. Jadi kenapa tidak sekalian memilah dan menjualnya, Moms?
ADVERTISEMENT
Anda bisa menawarkannya di group pertemanan, saudara, menggelar garage sale atau bazaar dadakan di depan rumah maupun membuat akun jualan di aplikasi jual-beli dan media sosial Anda. Jangan-jangan meski awalnya hanya ingin menghemat uang, Anda malah dapat untung berlipat?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan