Mom
·
11 Juni 2021 8:06
·
waktu baca 3 menit

6 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kaya Protein

Konten ini diproduksi oleh kumparan
6 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kaya Protein (28138)
6 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kaya Protein. Foto: Shutterstock
Memilih makanan sehat untuk ibu hamil sangat penting. Ya Moms, ibu hamil perlu cermat memilih berbagai jenis asupan yang dikonsumsi sejak awal kehamilan untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya maupun untuk mendukung tumbuh kembang bayi di dalam kandungan.
ADVERTISEMENT
Karenanya, ibu perlu mengetahui apa-apa saja makanan sehat yang dapat dikonsumsinya. Salah satunya, makanan yang kaya akan protein.
Healthline melansir, protein sangat penting untuk mendukung pertumbuhan sel, menjaga kesehatan kulit, meningkatkan perkembangan otak, dan produksi darah pada proses tumbuh kembang bayi di dalam kandungan.
6 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kaya Protein (28139)
Ilustrasi ibu hamil makan ikan Foto: Shutter Stock
Bila ibu hamil kekurangan protein, ada dampak-dampak yang dikhawatirkan dapat dialami bayi. Misalnya, bayi mungkin saja mengalami berat badan yang rendah saat lahir, tumbuh kembangnya terhambat, dan pembentukan jaringan ototnya tidak maksimal.
Mengutip Mayo Clinic, ibu hamil disarankan untuk memenuhi kebutuhan proteinnya sekitar 70-100 gram dan meningkat tiap trimester kehamilan.
Lantas, apa saja makanan sehat untuk ibu hamil yang kaya protein? Berikut kumparanMOM telah merangkumnya untuk Anda.
ADVERTISEMENT

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kaya Protein

1. Daging
6 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kaya Protein (28140)
Ilustrasi Daging Sapi Foto: Shutterstock/Stciel
What to Expect melansir, berbagai jenis daging, seperti daging sapi, ayam, bebek, sapi, atau kalkun merupakan sumber protein hewani yang baik dikonsumsi ibu hamil.
Mengkonsumsi daging dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga terhindar dari berbagai penyakit, menjaga kulit sehat dan bercahaya, menjaga jaringan yang sehat, dan menunjang kesehatan bayi di dalam kandungan.
Selain itu, Anda pun boleh menyantap daging kambing atau domba kok, Moms. Namun perlu diingat bahwa sebelum mengonsumsinya, sebaiknya Anda dapat berkonsultasi terlebih dulu ke dokter atau bidan. Karena di samping manfaatnya, daging kambing dan domba mengandung kolesterol tinggi, lemak jenuh, dan natrium yang bisa meningkatkan tekanan darah.
ADVERTISEMENT
2. Ikan
6 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kaya Protein (28141)
Ilustrasi ikan salmon Foto: Shutterstock
Selain kaya akan protein, ikan juga mengandung vitamin, mineral, dan asam lemak omega-3 esensial yang baik untuk ibu dan janin. Beberapa jenis ikan yang dapat Anda konsumsi di antaranya ikan gurame, ikan mas, ikan lele, ikan sarden, tuna, salmon dan sebagainya.
Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat pun menyarankan ibu hamil untuk mengkonsumsi sekitar 8-12 ons (setara 2-3 porsi) makanan laut alias seafood dalam seminggu.
Namun, tidak semua jenis ikan dapat dikonsumsi ibu hamil, ya! Sebab, selama kehamilan Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan yang mengandung merkuri rendah dan menghindari berbagai jenis ikan yang mengandung merkurinya tinggi.
3. Telur
Telur juga salah satu makanan sehat untuk ibu hamil yang kaya protein. Tak hanya itu, kandungan lemak, mineral, kolin, selenium, seng, vitamin A, vitamin D, vitamin B kompleks yang terdapat dalam satu buah telur juga baik untuk ibu maupun janin di dalam kandungan.
ADVERTISEMENT
Mengkonsumsi telur dapat membantu meningkatkan perkembangan otak janin, memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, mengurangi risiko cacat tabung saraf bayi, hingga mencegah kanker. Tapi bila ingin makan telur, pastikan telur dimasak hingga benar-benar matang.
4. Susu
6 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kaya Protein (28142)
Ilustrasi susu untuk ibu hamil Foto: Shutterstock
Selain sumber kalsium dan zat besi, susu kaya akan protein, asam amino, dan asam lemak yang baik dikonsumsi ibu hamil. Rutin minum susu selama kehamilan pun dapat membantu pembentukan dan perkembangan tulang bayi.
5. Kacang-kacangan dan Biji-bijian
6 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kaya Protein (28143)
Ilustrasi Kacang-kacangan Foto: Shutterstock/Liliya Kandrashevich
Dilansir American Pregnancy Association (APA), berbagai jenis kacang-kacangan dan biji-bijian aman dikonsumsi selama kehamilan karena mengandung asam lemak tak jenuh ganda, antioksidan dan yang protein dapat menunjang perkembangan bayi.
Selain itu, kacang maupun biji-bijian juga merupakan sumber kalori yang bisa mendukung diet ibu hamil. Jenis kacang yang bisa ibu hamil konsumsi.
ADVERTISEMENT
6. Tahu
6 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kaya Protein (28144)
Ilustrasi tahu kuning Foto: Dok.Shutterstock
Tahu juga kaya akan protein yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan janin. Tak hanya itu, mengkonsumsi tahu juga bisa membantu meningkatkan sel darah merah, memperkuat tulang, dan menurunkan kolesterol, Moms.