Mom
·
29 Agustus 2020 8:55

7 Cara Ciptakan Suasana Menyenangkan saat Bermain bersama Bayi Baru Lahir

Konten ini diproduksi oleh kumparan
7 Cara Ciptakan Suasana Menyenangkan saat Bermain bersama Bayi Baru Lahir (118071)
Bayi Sedang Menyusu Foto: Shutterstock
Selain menyusu, tak dapat dipungkiri jika bayi baru lahir lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur. Namun, tak perlu khawatir, Moms. Anda tetap bisa mengajak si kecil bermain saat dirinya terjaga alias bangun. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa bermain menjadi salah satu cara untuk belajar anak. Bahkan, hal ini tak hanya menyenangkan dan dapat meningkatkan bonding antara Anda dan bayi, tapi juga bisa mendukung tumbuh kembangnya agar berjalan optimal, Moms.
ADVERTISEMENT
"Biasanya semua tentang menyusu, memeluk bayi, dan tidur. Sejak lahir, sering-seringlah tersenyum pada bayi Anda. Bicaralah padanya, tatap matanya, dan beri ia banyak pelukan. Bayi sangat peka dengan aktivitas sensorik, jadi berikan hal-hal untuk dilihat dan didengar, suara orang tua, dan musik," ujar Sharon Donaldson, Perawat Kesehatan Anak dan Keluarga seperti dilansir Bounty Parents.
Lantas, bagaimana cara menciptakan suasana menyenangkan saat bermain bersama bayi baru lahir? Berikut ini beberapa tipsnya.
7 Cara Ciptakan Suasana Menyenangkan saat Bermain bersama Bayi Baru Lahir (118072)
Ibu menyusui bayi Foto: Shutterstock

1. Kenalkan bayi baru lahir dengan sesuatu yang berkaitan dengan visual

Meski penglihatan bayi baru lahir masih tampak samar alias belum jelas --khususnya objek yang jauh darinya, namun tak ada salahnya untuk Anda menceritakan berbagai hal lewat gambar misalnya. Gunakanlah warna yang kontras seperti hitam, putih, atau abu-abu.
ADVERTISEMENT
"Ini cara yang bagus bagi bayi Anda untuk mempelajari pola dan objek yang berbeda," ujar Sharon.
7 Cara Ciptakan Suasana Menyenangkan saat Bermain bersama Bayi Baru Lahir (118073)
ibu dan bayi baru lahir Foto: Shutter Stock

2. Gunakan suara

Hal ini sangat berhubungan dengan poin nomor 1, Moms. Ya, suara dapat menstimulasi bayi. Jadi, luangkan waktu untuk ajak bayi bicara lewat cerita atau bahkan nyanyian. Meski suara Anda mungkin saja tak merdu, tapi tujuan utama dari hal ini adalah agar sang buah hati mengenali suara Anda, Moms.
Selain itu, Anda juga bisa menggunakan berbagai mainan bayi bersuara yang kini banyak dijual di pasaran. Biasanya, mainan tersebut akan mengeluarkan suara atau musik yang disukai bayi.
7 Cara Ciptakan Suasana Menyenangkan saat Bermain bersama Bayi Baru Lahir (118074)
Ilustrasi Mainan Bayi Foto: Pixabay

3. Gunakan mainan berbahan lembut

Perlu diingat, Moms, pada saat membeli mainan untuk bayi baru lahir, sebaiknya Anda memilih mainan yang berbahan lembut alias tak keras. Sebab menurut Sharon, bayi sangat menyukai tekstur yang lembut di kulitnya. Hal ini umumnya akan membuat dirinya merasa nyaman. Misalnya saja, boneka.
ADVERTISEMENT
"Anda pun bisa memberi nama pada boneka tersebut dalam pretend play --permainan pura-pura. Hal ini akan menumbuhkan keterampilan sosialnya," tuturnya.
7 Cara Ciptakan Suasana Menyenangkan saat Bermain bersama Bayi Baru Lahir (118075)
Ilustrasi Bayi Baru Lahir dan Ibu Foto: Thinkstock

4. Bergantian

Sekitar usia 2 bulan, bayi Anda sudah mulai bisa menikmati kegiatan ngobrol-ngobrol dengan Anda, Moms. Di usia itu, cobalah ajak si kecil bermain mengikuti hal yang Anda lakukan. Misalnya saja, Anda menjulurkan lidah. Ketika Anda melakukan hal tersebut, bicaralah dengannya dan dorong ia untuk mengikuti gerakan Anda tersebut.
"Bayi mulai belajar mengambil giliran di usia itu dan kemudian ia akan melakukannya," pungkas Sharon.
7 Cara Ciptakan Suasana Menyenangkan saat Bermain bersama Bayi Baru Lahir (118076)
Mainan bayi. Foto: Shutter Stock

5. Gantung mainan di atas ranjangnya

Apabila si kecil memiliki tempat tidur khusus atau boks bayi, cobalah gantung mainan di atasnya. Sebab, seiring bertambahnya usia bayi Anda, ia akan senang melihat benda-benda yang memiliki warna mencolok seperti merah, kuning, atau hijau.
ADVERTISEMENT
"Sekitar usia 6-8 minggu, bayi menemukan bahwa saat ia bergerak dan bergoyang-goyang, mainannya pun akan bergerak. Dan pada saat usia 12-14 minggu ia akan mulai bermain-main (dengan mainan tersebut)," ucapnya.
Selain itu, bayi juga akan mulai mempelajari sebab dan akibat dari mainannya itu. Misalnya saja pada saat ia membunyikan mainannya, maka akan timbul suara. Hal itu nantinya akan diulangnya lagi.
7 Cara Ciptakan Suasana Menyenangkan saat Bermain bersama Bayi Baru Lahir (118077)
Bermain cilukba dengan bayi. Foto: Shutter Stock

6. Bermain cilukba

Ketika bayi Anda berusia 3-4 bulan, ajaklah ia bermain sederhana seperti cilukba atau peek-a-boo. Ya, permainan ini memang tak hanya dikenal di Indonesia, tapi juga di banyak negara. Cilukba rupanya sangat bagus untuk perkembangan bayi, Moms. Mulai dari membantu si kecil mengenal konsep muncul dan hilang, melatih anak terbiasa berinteraksi, hingga melatih si kecil mengenal pola dan kebiasaan.
7 Cara Ciptakan Suasana Menyenangkan saat Bermain bersama Bayi Baru Lahir (118078)
7 Cara Ciptakan Suasana Menyenangkan saat Bermain bersama Bayi Baru Lahir. Foto: Shutterstock

7. Beri ia waktu

Bayi seringkali mudah lelah dan mungkin saja tampak bosan, jadi berikan ia banyak waktu untuk bisa berinteraksi dengan Anda atau sang ayah ya, Moms. Jangan memaksa si kecil apabila ia tak merespons Anda. Sebaiknya Anda bisa mengenali tanda-tanda saat bayi mulai merasa bosan seperti menguap atau memalingkan wajahnya terus menerus.
ADVERTISEMENT
"Jadi bersiaplah untuk melanjutkan atau menidurkan si kecil. Dan setelah beberapa saat, cobalah lagu atau permainan baru. Si kecil pun akan siap menyerap dan belajar lagi," imbuh Sharon.