8 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Vagina

26 Maret 2020 18:22
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
8 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Vagina (73855)
searchPerbesar
Ilustrasi vagina. Foto: Shutter Stock
Vagina tak hanya berperan penting dalam kehidupan seks Anda, tapi juga berpengaruh besar terhadap tingkat kesuburan seorang wanita. Oleh sebab itu, sangat penting untuk selalu menjaga kebersihannya.
ADVERTISEMENT
Tapi tak cuma soal kebersihan, Anda pun harus memastikan makanan yang Anda konsumsi memiliki dampak baik terhadap kesehatan organ intim tersebut, Moms. Nah mengutip dari Healthline, berikut ini ada 8 makanan yang dipercaya bermanfaat untuk kesehatan vagina.
8 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Vagina (73856)
searchPerbesar
Ilustrasi vagina. Foto: Shutterstock

1. Cranberry

Mengkonsumsi buah cranberry atau jus cranberry secara teratur bisa mengatasi penyakit Infeksi Saluran Kencing (ISK). Sebuah studi yang diterbitkan oleh The American Journal of Clinical Nutrition, memaparkan bahwa cranberry sangat bermanfaat dalam mencegah terjadinya ISK berulang.
Dalam satu buah cranberry mengandung senyawa asam yang bisa melawan bakteri, mengandung antioksidan, serta vitamin E dan C untuk kekebalan tubuh Anda. Sebaiknya hindari penambahan gula untuk mendapat manfaat maksimal dari buah satu ini, Moms.
ADVERTISEMENT

2. Ubi Jalar

Ubi jalar dikenal sangat bermanfaat untuk wanita terutama ibu hamil. Sebab di dalam sebuah ubi jalar terkandung beta karoten dan vitamin A. Rutin mengkonsumsi ubi jalar membantu memperkuat dan melindungi dinding rahim Anda, Moms. Selain itu, nutrisi yang ditemukan di dalam ubi jalar juga membantu produksi hormon seks.
8 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Vagina (73857)
searchPerbesar
Ilustrasi ubi jalar Foto: Pixabay

3. Probiotik

Makanan yang kaya probiotik seperti kimchi dan yoghurt dipercaya bisa menyeimbangan tingkan pH dan membantu Anda menangkal infeksi. Selain itu, rutin mengkonsumsi probiotik bisa membantu mencegah infeksi jamur dan membantu meringankan gejala PMS.

4. Minyak Ikan

Rutin mengkonsumsi minyak ikan yang mengandung asam lemak omega-3, bisa membantu sirkulasi dan aliran darah yang baik untuk gairah seks Anda, Moms. Menurut penelitian yang diterbitkan pada tahun 2014, minyak ikan bisa membantu mengatasi kekeringan vagina pada wanita pascamenopause. Selain itu, asam lemak ini juga berguna untuk mengobati kram menstruasi.
8 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Vagina (73858)
searchPerbesar
Ilustrasi Apel Gala Foto: Shutterstock/PosiNote

5. Apel

Mengkonsumsi apel setiap hari ternyata bisa meningkatkan gairah seksual Anda, lho. Di dalam sebuah apel terdapat phytoestrogen phloridzin yang dipercaya bisa meningkatkan fungsi seksual, gairah, tidak membuat vagina kering, dan meningkatkan aliran darah ke vagina sehingga Anda mudah orgasme.
ADVERTISEMENT

6. Kedelai

Kandungan fitoestrogen yang terkandung dalam kedelai dipercaya bisa membuat kadar estrogen yang ada dalam tubuh Anda berkurang, Moms. Selain itu, mengkonsumsi makanan yang terbuat dari kedelai seperti tahu dan tempe bisa menjadi obat alami untuk mengatasi kekeringan vagina akibat menopause. Tak hanya berguna bagi vagina, kacang kedelai juga bermanfaat bagi kesehatan kulit, juga pembuluh darah Anda.
8 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Vagina (73859)
searchPerbesar
Alpukat Foto: Shutterstock

7. Alpukat

Buah alpukat banyak mengandung lemak sehat, vitamin B-6, dan kalium yang semuanya bermanfaat untuk meningkatkan libido Anda. Selain meningkatkan pelumasan dalam vagina, alpukat juga bermanfaat untuk memperkuat dinding vagina dan dipercaya bisa meningkatkan keberhasilan IVF atau bayi tabung.

8. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau dipercaya bisa memurnikan darah dan meningkatkan sirkulasinya di dalam tubuh. Sayuran yang kaya akan vitamin E, magnesium, dan kalsium ini sangat bermanfaat untuk kesehatan otot vagina Anda.
ADVERTISEMENT
Nah itulah daftar makanan yang bisa membuat vagina Anda tetap sehat dari dalam. Yang terpenting adalah untuk menjaga pola makan dan mengurangi gula, lemak trans, dan makanan olahan ya, Moms.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020