Mom
·
11 September 2021 17:05
·
waktu baca 3 menit

9 Masalah Rambut dan Kulit Kepala yang Bisa Terjadi pada Anak

Konten ini diproduksi oleh kumparan
9 Masalah Rambut dan Kulit Kepala yang Bisa Terjadi pada Anak (104458)
searchPerbesar
9 Masalah Rambut dan Kulit Kepala yang Bisa Terjadi pada Anak Foto: Shutter Stock
Ada beberapa masalah rambut atau kulit kepala yang kerap dialami orang dewasa, seperti rambut rontok atau berketombe. Ya Moms, ternyata masalah rambut juga bisa dirasakan oleh anak.
ADVERTISEMENT
Apalagi kulit kepala anak tidak hanya memiliki folikel rambut yang lebat, tetapi juga mengeluarkan banyak sebum. Lingkungan yang hangat dan keringat di pangkal rambut juga bisa jadi tempat berbagai jenis parasit untuk bersarang.
Kemudian, kulit kepala anak Anda yang halus dan sensitif juga dapat terkena bahan kimia berbahaya, debu, hingga polusi, yang menyebabkan berbagai jenis masalah kulit kepala. Jadi, tidak heran jika anak bisa mendapatkan masalah pada rambut dan kulit kepalanya.
Nah Moms, berikut adalah beberapa jenis masalah rambut dan kulit kepala yang umum terjadi pada anak.

Berbagai Masalah Rambut dan Kulit Kepala Anak, Apa Saja?

9 Masalah Rambut dan Kulit Kepala yang Bisa Terjadi pada Anak (104459)
searchPerbesar
Ilustrasi masalah rambut anak. Foto: Shutter Stock
1. Psoriasis
Psoriasis adalah infeksi kulit yang dapat menyebar di tubuh, salah satunya adalah kulit kepala. Masalah ini ditandai dengan proliferasi sel kulit yang cepat. Lalu, jika gejala psoriosis muncul pada kulit kepala, maka akan menyerupai serpihan ketombe, Moms.
ADVERTISEMENT
2. Eksim Seboroik
Eksim seboroik atau eksim pada kulit kepala anak ditandai dengan ketombe atau sisik yang gatal dan berminyak di kulit kepalanya. Biasanya kondisi ini terjadi karena anak stres atau perubahan musim. Namun tenang saja karena eksim seboroik tidak menular.
3. Folikulitis
Folikulitis mungkin tampak seperti jerawat di kulit kepala dengan benjolan kecil berwarna merah berisi nanah. Mengutip FirstCry Parenting, infeksi bakteri ini terjadi karena keringat berlebih, penggunaan produk kimia yang kuat pada kulit kepala, atau mungkin masalah lainnya.
9 Masalah Rambut dan Kulit Kepala yang Bisa Terjadi pada Anak (104460)
searchPerbesar
Ilustrasi masalah rambut anak. Foto: Shutter Stock
4. Alopecia
Alopecia juga dikenal sebagai rambut rontok, kondisi ini mungkin disebabkan oleh masalah genetik, hormonal, medis, atau lainnya. Jika diperiksa ke dokter, mungkin dokter akan melakukan berbagai tes untuk menentukan penyebab sebenarnya.
ADVERTISEMENT
5. Infeksi Kurap
Infeksi kurap adalah infeksi jamur yang dapat diderita oleh anak-anak dan terkadang orang dewasa. Kondisi ini membuat kulit kepala anak ruam, bersisik, dan juga menyakitkan. Kadang-kadang, infeksi kurap juga dapat menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening.
9 Masalah Rambut dan Kulit Kepala yang Bisa Terjadi pada Anak (104461)
searchPerbesar
Ilustrasi masalah rambut anak. Foto: Shutter Stock
6. Kista
Kista pada kulit kepala biasanya terjadi karena alasan genetik. Anak Anda mungkin akan merasakan benjolan kecil di kepalanya saat menyisir rambut. Namun tidak perlu khawatir, karena kista pada kulit kepala anak bukan kondisi medis yang serius.
7. Lichen Planus
Lichen planus ini diyakini sebagai penyakit autoimun yang bisa diakibatkan oleh beragam penyebab. Salah satunya karena genetika dan juga stres. Jika mengalami lichen planus, kulit kepala anak akan memiliki benjol keunguan atau kemerahan yang gatal.
9 Masalah Rambut dan Kulit Kepala yang Bisa Terjadi pada Anak (104462)
searchPerbesar
9 Masalah Rambut dan Kulit Kepala yang Bisa Terjadi pada Anak Foto: Shutter Stock
8. Kutu Kepala
ADVERTISEMENT
Mengutip Mott Children, biasanya anak terjangkit kutu rambut saat ia berusia sekolah. Serangga kecil tak bersayap ini akan menyebabkan gatal dan bercak kasar di kulit kepala.
9. Cradle Cap
Cradle cap merupakan kerak kuning berminyak di kulit kepala bayi. Ini umum terjadi pada bayi dan tidak disebabkan oleh penyakit. Kondisi ini juga bukan berarti bayi tidak dirawat dengan baik, Moms.